Gopay error hari ini, tahukah Anda walaupun cashless lebih praktis, membawa uang cash atau tunai itu penting lho! Ini 3 alasannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Netizen Keluhkan Gopay Error

Rabu (04/12/2019), banyak netizen twitter mengeluhkan terjadi error pada aplikasi pembayaran digital GoPay. Tweet berisi keluhan tersebut mulai ramai menghiasi jagat twitter sejak hari Selasa (03/12/2019).

β€œKelaperan, ga megang cash, yaudah beli makan pke gojek, tibatiba error gabisa gopay. Terimakasih gojek dengan segala ke errorannyaπŸ™‚β€ ucap seorang netizen pada akun @fitra_januari.

 

β€œ@gojekindonesia gopay error cuk, gabisa pulang, gabawa duit” keluh netizen lain pada akun @mozart_wg.

 

Kejadian error seperti ini sudah tentu bukan pertama kalinya. Sebelumnya error aplikasi GoPay juga pernah terjadi pada bulan September 2019 silam.

Dilansir dari DetikINET, pihak Gojek sendiri mengakui bahwa error aplikasi adalah hal yang mungkin terjadi. Tetapi Gojek tentu berkomitmen terhadap kepuasan pelanggan.

Sekarang memang sudah mulai memasuki era cashless alias era pembayaran non-tunai, baik via kartu (debit/kredit/e-money) hingga via aplikasi smartphone (digital payment).

Bisa kita lihat belakangan ini memang marak pembayaran non-tunai mulai dari gerbang tol hingga pedagang gerobak.

Pembayaran non-tunai pun semakin beragam. Salah satu pembayaran non-tunai yang cukup digemari masyarakat saat ini adalah aplikasi pembayaran digital GoPay.

GoPay Error! Ini 3 Alasan Harus Tetap Sedia Cash di Era Cashless 02

[Baca Juga: 10 Aplikasi Penghasil Uang yang Bisa Dicoba Biar Cepet Kaya]

 

Error-nya aplikasi GoPay membuat sebagian orang merasa dirugikan.

Pasalnya saat ini sudah mulai banyak pengguna GoPay yang sudah menjadikan GoPay sebagai satu-satunya metode pembayaran sehari-harinya, sehingga tidak pernah membawa uang tunai lagi.

Tentunya hal tersebut tidak salah mengingat pembayaran non-tunai lebih aman, murah, dan praktis.

Akan tetapi tahukah Anda bahwa ternyata membawa uang tunai pun perlu di era cashless ini? Berikut kami jelaskan beberapa alasan mengapa membawa uang tunai dirasa masih perlu di era cashless.

 

#1 Lebih Hemat

Seorang peneliti bernama Brian Wansink menyatakan bahwa orang yang membayar menggunakan uang tunai cenderung lebih berhati-hati menggunakan uangnya.

Hal ini tentu didasari logika dasar bahwa membayar dengan uang tunai lebih terasa ketimbang membayar dengan uang non-tunai.

Pembayaran dengan non-tunai tidak terlalu terasa karena kita tidak melihat secara langsung uang yang kita lepaskan ke orang lain.

Fakta tersebut didukung pula dengan banyaknya promo dan diskon pembayaran non-tunai yang mendorong psikologis seseorang untuk melakukan transaksi lagi, lagi, dan lagi, hingga uangnya cepat habis secara tidak sadar.

Maka wajar apabila orang yang bertahan menggunakan uang tunai akan cenderung lebih bijak dalam menggunakan uangnya.

 

#2 Bebas Gangguan

Seperti pada kasus errornya aplikasi GoPay, mengandalkan 100% transaksi sehari-hari menggunakan non-tunai tentu memiliki risiko gangguan pada sistem.

Dengan tetap memegang uang tunai, Anda akan memiliki opsi alternatif saat sistem sedang mengalami down atau gangguan teknis.

 

#3 Bisa Digunakan Dimana Saja

Pembayaran digital memang sedang marak dan bisa dilakukan di berbagai tempat. Tetapi tentu masih banyak pula tempat-tempat yang belum mendukung pembayaran digital atau non-tunai sama sekali.

Contohnya saja area pelosok dan area tertentu yang sulit mendapatkan jaringan.

GoPay Error! Ini 3 Alasan Harus Tetap Sedia Cash di Era Cashless 03

[Baca Juga: Fakta-fakta Menarik Uang Digital Libra Facebook yang Akan Diluncurkan 2020]

 

Meski begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini pembayaran non-tunai/cashless masih unggul karena memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut:

 

Praktis

Tentu berbeda dengan uang tunai yang membuat penuh saku, pembayaran non-tunai jauh lebih praktis karena bentuknya dan beratnya yang tidak akan berubah berapapun nominal uang yang kita bawa.

 

Aman dan Transparan

Pembayaran via non-tunai tentunya lebih aman karena lebih sulit untuk dicuri atau diambil orang.

Selain itu, Anda juga secara detail dapat mengecek kemana saja pengeluaran Anda sepanjang waktu karena ada history transaksi yang membuat kita mudah dalam mengecek seluruh transaksi yang pernah Anda lakukan sebelumnya.

 

Banyak Promo dan Diskon

Pembayaran non-tunai kini tengah digemari karena semakin banyak pihak penyelenggara yang memberikan promo dan diskon, yang tentunya jarang didapatkan oleh orang yang biasa menggunakan uang tunai.

 

Pembayaran Digital Memang Unggul, tapi Kita Perlu Jaga-Jaga

Kita bisa belajar banyak hal dari kasus errornya aplikasi pembayaran digital GoPay. Salah satunya adalah pentingnya tetap memegang uang tunai dimanapun untuk mengantisipasi terjadinya risiko error sistem yang membuat transaksi digital tidak dapat dilakukan.

 

Apa Anda tim cashless atau tim tunai? Dua-duanya sama menguntungkan, namun untuk mencegah hal yang merugikan, lebih baik Anda membawa keduanya dalam dompet Anda.

Yuk share informasi ini pada rekan-rekan Anda, supaya mereka juga tidak dirugikan.

 

Sumber Referensi:

  • Dewi Puri. 16 Juli 2019. Udah Tahu? Ini Plus Minus Uang Tunai dan Non Tunai. Moneysmart.id – http://bit.ly/2LkoB16
  • Admin. 4 Desember 2019. Netizen Laporkan GoPay Eror. Inet.detik.com – http://bit.ly/34Zqmby
  • Arif Budiansyah. 4 Desember 2019. GoPay Error, Netizen: Gak Bisa Bayar GoFood Nih!. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/2Ym7DVq
  • Siti Nur Azurra. 7 Februari 2019. 3 Manfaat Uang Tunai di Tengah Maraknya Pembayaran Digital. Merdeka.com – http://bit.ly/34OsLWL

 

Sumber Gambar:

  • Gopay Error 01 – http://bit.ly/2rUzYFW
  • Gopay Error 02 – http://bit.ly/386AuBg
  • Gopay Error 03 – http://bit.ly/2OOR8xT