Kamu punya hobi fashion? Gak masalah, kok asalkan hobi fashion-mu tidak mengganggu tujuan keuanganmu lainnya.

Gimana caranya? Yuk, cari tahu tips mengatur keuangan untuk si hobi fashion dalam artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Tips Mengatur Keuangan Untuk Si Hobi Fashion

Hobi fashion biasanya identik dengan shopaholic alias gila belanja. Bagaimana tidak? Untuk urusan fashion, banyak orang—terutama wanita—yang kalap.

Demi memenuhi hobi, kamu rela berutang. Pasalnya, gajimu tidak cukup untuk memenuhi hobi-mu. Lemarimu pun penuh dengan pakaian, sepatu, tas, dan produk fashion lainnya yang baru dipakai sekali. Tapi, kamu terus membeli yang baru.

Itu semua sudah pasti bakal mengancam kondisi keuanganmu. Sebelum menyesal, yuk atur keuanganmu dengan tips berikut ini.

 

#1 Pastikan Kebutuhan Pokok Sudah Terpenuhi

Sebelum belanja untuk fashion, kamu harus pastikan bahwa seluruh kebutuhan pokokmu sudah terpenuhi. Misalnya, tagihan-tagihan, konsumsi, transportasi, rekening listrik, air, dan sebagainya.

Setelah itu, jika masih ada sisa uang, barulah kamu bisa berbelanja keperluan fashion.

Supaya keuanganmu tetap teratur, kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk membantumu. Aplikasi ini memiliki fitur anggaran yang bisa kamu gunakan untuk budgeting kebutuhan-kebutuhanmu.

Penggunaannya pun gampang sekali, kamu hanya tinggal mencatat semua pemasukan dan pengeluaran kamu.

Tak hanya itu, kamu juga bisa merencanakan keuangan kamu dengan fitur Rencana Keuangan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa download aplikasinya di sini.

playstore icon
appstore icon

 

#2 Buat Daftar Belanja

Kamu harus membuat daftar produk-produk fashion yang ingin dibeli. Misalnya, pakaian, kosmetik, topi, kacamata, tas, sepatu, dan sebagainya. Di sinilah konsistensi-mu diuji.

Jangan membeli barang yang tidak ada di daftar yang sudah kamu buat. Jangan juga membeli barang yang nantinya tidak berguna dan jarang dipakai.

5+ Tips Mengatur Keuangan Untuk si Hobi Fashion, Tetap Sehat 01 - Finansialku

[Baca Juga: Biar Gak Jadul, Ketahui Teori Mix and Match Fashion Kekinian]

 

#3 Menunggu Momen Diskon

Tunggulah momen diskon. Biasanya, momen ini ada di setiap pertengahan tahun akhir tahun, midnight sale, atau tanggal-tanggal cantik seperti 8 Agustus, 12 Desember, dan sebagainya.

Potongan harga ketika diskon bisa menghemat biaya. Tapi, jangan sampai kalap belanja saat diskon di mana-mana. Tetap ingat daftar belanja yang sudah disusun sebelumnya.

 

#4 Cari Program atau Promo Khusus

Selain mencari promo diskon, kamu juga bisa memanfaatkan program atau promo khusus. Biasanya beberapa toko baik online atau offline memiliki program membership.

Lewat program ini, para members bisa mendapatkan promo khusus member, seperti voucher belanja, dan sebagainya.

 

#5 Beli dengan Uang Tunai

Jangan gunakan kartu kredit atau debit untuk membeli. Dijamin deh kalau melakukan hal ini, kamu bisa tergiur untuk berbelanja terus.

Sebaiknya, bayarlah dengan uang tunai. Dengan begitu, kamu mau tak mau akan membatasi jumlah barang yang dibeli.

 

#6 Ingatlah Selalu: Needs Vs Wants

Selalu ingat prinsip belanja needs (kebutuhan) vs wants (keinginan). Jika prinsip ini sudah kamu pahami dan pegang, percaya deh, hobi fashion-mu bisa dikendalikan.

Setiap kali menginginkan sesuatu, bertanyalah pada diri sendiri, “Bener-bener butuh, atau hanya pingin aja nih? Kalau enggak beli barang ini, hidupku bakalan gimana ke depannya nanti? Apakah ada alternatif, selain membeli barang ini?

5+ Tips Mengatur Keuangan Untuk si Hobi Fashion, Tetap Sehat 02 - Finansialku

[Baca Juga: Fashion Hijab 2020: Coba Tutorial Hijab Pashmina dan Segi Empat Ini!]

 

#7 Jangan Berutang!

Jangan manjakan hobi belanja dengan utang, apalagi kalau pakai kartu kredit. Pasalnya, hobi belanja fashion bukan hal yang perlu dipenuhi dengan berutang. Utang memang tidak dilarang, tapi cobalah untuk memanfaatkannya dengan bijak.

 

#8 Get One, Out One

Get one, out one merupakan prinsip gaya hidup minimalis ala orang Jepang. Ketika kamu membeli satu barang, maka ada satu barang yang harus kamu keluarkan dari rumah.

Kamu bisa menjualnya kembali. Lumayan kan bisa menambah pundi-pundi keuanganmu. Kamu juga bisa menghibahkan atau mendonasikannya. Aktivitas positif seperti ini bisa membuat hidupmu lebih bermakna.

Dengan begitu, rumah atau lemarimu tidak akan penuh dengan barang-barang. Hal ini justru akan berefek pada pikiranmu. Pikiran menjadi lebih tenang dan simpel.

5+ Tips Mengatur Keuangan Untuk si Hobi Fashion, Tetap Sehat 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Fashion E-Commerce Terbaik yang Harus Anda Tahu]

 

#9 Beralih ke Belanja Produk Investasi

Hidupmu bukan hanya untuk saat ini saja. Jadi, akan lebih baik jika kamu mengalihkan hobi belanja konsumtif-mu ke belanja produk investasi. Misalnya, belanja saham.

Ketimbang membeli suatu produk dari perusahaan A, lebih baik membeli saham perusahaan A, kan? Lebih keren, lho!

Kamu masih pemula dalam investasi saham? Baca dulu dong ebook berjudul Panduan Berinvestasi Saham untuk Pemula dari Finansialku berikut ini.

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Dalam ebook yang bisa diunduh gratis ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara mendapatkan untung dari investasi saham dan bagaimana cara memulai berinvestasi saham. Menarik, kan?

 

Hobi Fashion? No Problem!

Sebetulnya, tak ada yang salah dengan hobi belanja barang-barang fashion. Kamu juga perlu memperhatikan penampilanmu, kan?

Namun, kamu harus memastikan bahwa keuangan bulanan kamu masih tetap sehat untuk bertahan hidup. Jangan sampai memaksakan diri hanya untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain bahwa kamu fashionable.

Dengan kata lain, hobi fashion boleh-boleh saja, asal jangan sampai mengorbankan hal lain yang lebih penting buat hidupmu.

 

Itu dia tips mengatur keuangan untuk kamu si hobi fashion. Temanmu ada yang hobi fashion juga? Jangan lupa beri tahu dia tentang tips ini. Share artikelnya, ya! Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Carolina Ratri. 7 Feburari 2020. Hobi Belanja? Begini 7 Cara Mengatur Keuangan si Shopaholic. Diskartes.com – https://bit.ly/3gAWebG
  • Winny Witra Maharani. 20 Desember 2016. Trik Mengatur Gaji untuk si Hobi Fashion. Swara.tunaiku.com – https://bit.ly/3bdiAij

 

Sumber Gambar:

  • Fashion 1 – https://bit.ly/32GTbKh
  • Fashion 2 – https://bit.ly/2EJ8wSf
  • Fashion 3 – https://bit.ly/2G7qzC5