Presiden Jokowi resmi umumkan pindahnya ibu kota baru di Kaltim (Kalimantan Timur) dengan menetapkan dua lokasi pilihan. Kira-kira lokasi mana saja yang dipilih Jokowi?

Agar lebih jelas yuk simak penjelasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

2 Lokasi Ibu Kota Baru di Kaltim

Presiden Joko Widodo resmi memilih Provinsi Kalimantan Timur sebagai lokasi ibu kota negara Indonesia yang baru.

Hal ini diumumkan langsung di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Jokowi mengatakan lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam rapatnya itu, Jokowi di dampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri ATR Sofyan Djalil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Kaltim Isran Noor.

Samboja Jadi Ibu Kota 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ibu Kota Pindah? Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Kalimantan]

 

Pengumuman ini dilakukan setelah Jokowi menerima dua kajian yaitu terkait hasil kajian struktur tanah dan dampak ekonomi dari pembangunan ibu kota baru. Jokowi mengatakan:

“Pemerintah telah melakukan kajian mendalam dan intensifkan studinya selama tiga tahun terakhir.”

 

Sebanyak dua kajian itu diberikan oleh Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro pada Jumat 23 Agustus 2019.

Sebelumnya, Menteri STR Sofyan Djalil sempat mengungkapkan bahwa ibu kota negara alias pusat pemerintahan yang baru di Kalimantan Timur.

Namun, Jokowi pada saat itu mengungkapkan belum ada keputusan karena masih menunggu dua kajian lagi dari Bappenas. Sekarang pemindahan ibu kota sudah diputuskan langsung oleh Jokowi.

Namun untuk nama dari ibu kota baru, sejauh ini belum ada kepastian.

Menurut Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, untuk persiapan kedepan akan lebih kepada naskah akademik seperti Rancangan Undang-Undang (RUU).

Pasalnya pada 2020 akan segara masuk fase persiapan sampai finalnya baik berupa masterplan, building design, dan dasar perundang-undangan. Bambang memperkirakan proses pemindahan ibu kota baru dimulai pada 2024.

Bambang mengatakan:

“Kita harapkan paling lambat 2024 proses pemindahan sudah dilakukan.”

 

Sebelumnya, kebutuhan untuk memindahkan ibu kota ini diperkirakan mencapai Rp466 triliun. Jokowi menegaskan, porsi APBN dalam pembiayaan ibu kota baru hanya 19%. Jokowi mengatakan:

“Perlu disampaikan total kebutuhan untuk ibu kota baru Rp466 triliun. Nantinya 19% dari APBN.”

 

Jokowi menjelaskan, pembiayaan 19% dari APBN merupakan skema dari pengelolaan aset di ibu kota baru dan DKI Jakarta. Sementara, sisa pembiayaan ibu kota baru berasal dari investasi swasta maupun BUMN.

 

Alasan Ibu Kota Dipindahkan ke Kaltim

Presiden Jokowi menegaskan bahwa pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur bukan salah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jokowi yang juga mantan Gubernur DKI Jakarta, mengatakan:

“Ini bukan salah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, bukan. Tetapi lebih karena besarnya beban yang diberikan perekonomian Indonesia kepada Pulau Jawa dan Jakarta.”

 

Jokowi menilai beban Jakarta sudah terlalu berat sebagai pusat pemerintahan, pusat bisnis, pusat keuangan, pusat perdagangan dan pusat jasa.

Selain itu, beban berat lainnya karena memiliki bandara dan pelabuhan terbesar di Indonesia.

Jokowi memastikan bahwa Jakarta tidak akan dilupakan begitu saja. Menurut dia, sudah ada anggaran sebesar Rp571 triliun untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan program urban regeneration.

Ia mengatakan:

“Jakarta akan tetap menjadi prioritas pembangunan dan terus dikembangkan jadi kota bisnis, kota keuangan, pusat perdagangan, dan pusat jasa berskala regional dan global.”

 

Oh iya, apakah Anda sudah merencanakan keuangan Anda dengan matang? Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana..

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana menurut Anda terkait lokasi ibu kota yang pindah ke Kaltim itu? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Hendra Kusuma. 26 Agustus 2019. Resmi! Jokowi Putuskan Ibu Kota RI Pindah ke Kaltim. Detik.com – https://bit.ly/30CqYSx
  • Fakhrizal Fakhri. 26 Agustus 2019. Ada 2 Kabupaten di Kaltim yang Dipilih, Apa Nama Ibu Kota Baru? Ekozone.com – https://bit.ly/33ZM0wr
  • Admin. 27 Agustus 2019. 6 Hal Penting Soal Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur. Kompas.com – https://bit.ly/2Zic5bx

 

Sumber Gambar:

  • Ibu Kota Baru di Kaltim – http://bit.ly/2ZuRnAm