Ibu rumah tangga harus mengenal  perencanaan keuangan keluarga karena perencanaan keuangan dapat menjadi panduan (roadmap) untuk mengelola keuangan keluarga dan panduan mencapai tujuan keuangan dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Finansialku.com akan membahas lengkap dalam artikel Ibu rumah tangga harus mengenal perencanaan keuangan.

 

Ibu Rumah Tangga Harus Mengenal Perencanaan Keuangan

Ibu Rumah Tangga (moms) sebelumnya sudah pernah mendengar perencanaan keuangan? Perencanaan keuangan tidak hanya berbicara mengenai asuransi, unitlink. Perencanaan keuangan tidak hanya berbicara mengenai investasi, reksadana dan lain-lain. Perencanaan keuangan berbicara atau membahas mengenai manajemen keuangan untuk mencapai tujuan hidup (tujuan keuangan) seseorang atau keluarga.

Gambar piramida di bawah ini menunjukkan kerangka dalam melakukan sebuah rencana keuangan. Moms jangan bingung dulu mengenai grafis piramida ini, Finansialku.com akan membahas dengan detil dan jelas.

Piramida Perencanaan Keuangan - Ibu Rumah Tangga Harus Mengenal Perencanaan Keuangan Finansialku

Moms pasti bertanya-tanya bentuk atau wujud rencana keuangan itu seperti apa? Wujud fisik sebuah rencana keuangan biasanya dalam bentuk buku rencana atau book plan. Isi dari sebuah book plan adalah panduan dalam mengelola keuangan pribadi atau keuangan keluarga, contoh berapa asuransi yang dibutuhkan, berapa dana yang harus diinvestasikan setiap bulannya, bagaimana cara mengelola utang dan cicilan dan lain sebagainya.

Mengapa seorang Ibu Rumah Tangga membutuhkan konsultasi perencanaan keuangan? Berikut ini 6 alasan mengapa perencana:

  1. Mengelola arus kas keluarga, manajemen utang dan mengurus investasi bulanan menjadi beban ibu rumah tangga saat ini.
  2. Menabung tidak lagi cukup untuk dana pendidikan anak sekolah.
  3. Dana hari tua membutuhkan kajian ilmu perencanaan keuangan untuk melakukan perhitungan yang komprehensif.
  4. Manajemen risiko keluarga menjadikan pondasi dalam sebuah rencana keuangan keluarga.
  5. Mempersiapkan dana untuk berlibur, dana beribadah dan pembelian asset, dana pernikahan anak dan lainnya.
  6. Mempersiapkan warisan yang adil agar tidak terjadi perpecahan dalam keluarga.

Baca Selengkapnya

 

 

Tahapan Dalam Perencanaan Keuangan

Tahapan dalam perencanaan keuangan, secara umum dapat dibedakan menjadi tiga tahap, yaitu tahap proteksi (wealth protection), tahap akumulasi (wealth accumulation) dan tahap distribusi (wealth distribution).

 

Tahapan proteksi

Dalam piramida perencanaan keuangan, tahapan ini sangat penting. Banyak mom di Indonesia belum meletakan pondasi yang kuat. Tahap proteksi ini terdiri dari persiapan dana darurat dan manajemen risiko.

 

Tahapan akumulasi

Moms di Indonesia focus pada tahapan akumulasi, contohnya mengelola keuangan rumah tangga, mengurus utang, cicilan dan mengurus investasi. Kesalahan banyak orang termasuk mom dalam mengelola keuangan adalah kebiasaan berbelanja yang buruk.

“It’s not your salary that makes you rich, it’s your spending habits.”

Charles A. Jaffe

Satu lagi dari artis Amerika Will Smith

 “Too many people spend money they haven’t earned, to buy things they don’t want, to impress people they don’t like.”

Will Smith

Merencanakan keuangan tidak sama artinya dengan hidup sederhana dan nyaris sulit. Merencanakan keuangan lebih ke arah memastikan Anda dapat memanfaatkan kekayaan Anda untuk memenuhi kebutuhan masa depan. Moms hidup itu sebenarnya murah, yang mahal itu merknya.

Kalau memang saat ini belum bisa membeli merk, lebih baik menunda dulu. Kalau sudah bisa membeli merk, kenapa tidak? Bukankah merencanakan keuangan tujuannya membuat kehidupan Anda aman dan nyaman.

Dalam tahap akumulasi, moms juga sebaiknya merencanakan tujuan-tujuan keuangan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Moms dapat mulai mempersiapkan dana untuk pendidikan anak, dana hari tua, dana berlibur, dana pergi beribadah, dana membeli rumah, dana membeli kendaraan dan lainnya.

 

Tahap distribusi

Tahapan distribusi adalah tahapan akhir dalam perencanaan keuangan. Goal atau tujuan akhir dari tahap distribusi adalah memastikan kekayaan yang mom dan suami dapatkan dapat tersampaikan kepada ahli waris atau orang yang diharapkan, dalam jumlah yang diharapkan dan waktu yang diharapkan.

Ada sebuah kejadian seseorang mewariskan tanah 1 hektar di wilayah yang strategis. Kebayangkan si anak mendadak menjadi orang kaya, karena warisan. Sayangnya mimpi indah menjadi mimpi buruk, karena masalah pajak balik nama dan lain-lain. Si anak ternyata tidak mampu membayar pajak dan lain-lain untuk balik nama tanah tersebut. Nah kejadian-kejadian seperti itu perlu dipikirkan dan distribusi kekayaan perlu direncanakan agar tidak terjadi permasalahan di masa yang akan datang.

 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membuat dan Mengeksekusi Perencanaan Keuangan

Moms, menurut moms kapan waktu yang tepat untuk seorang Ibu Rumah Tangga harus mengenal perencanaan keuangan? Apakah diusia 30 tahun, 35 tahun, 40 tahun?

Finansialku mengutip dari sebuah buku perencanaan keuangan yang menceritakan life stage seorang manusia dan kaitannya dengan siklus perencanaan keuangan.

Umur dan Perencanaan Keuangan - Ibu Rumah Tangga Harus Mengenal Perencanaan Keuangan Finansialku

Perencanaan keuangan di mulai pada usia kerja sekitar 24 – 25 tahun. Tahapan pertama adalah perencanaan dana hari tua, manajemen risiko, mengelola utang, perencanaan untuk membeli rumah, mobil dan mengumpulkan asset. Sekitar umur 27 – 28 tahun, seseorang sudah mulai memikirkan tabungan, investasi dan rencana keuangan untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Pada saat umur 27 – 30 tahun kebanyakan orang sudah mulai berkeluarga, sebagian belum berencana memiliki anak dan sebagian sudah memiliki anak.

Di atas umur 30 tahun, kebanyakan orang sudah memiliki keluarga dan mulai memiliki satu atau dua orang anak. Umur 30 – 40 adalah rentang pengembangan karir dan usaha. Salah satu perencanaan yang penting adalah perencanaan dan pengelolaan pajak.

Perencanaan keuangan idealnya dimulai sejak dini, agar calon mom dan moms memiliki roadmap untuk mengelola keuangan.

 

Cara Mendapatkan Rencana Keuangan

Bagaimana cara mom mendapatkan rencana keuangan? Mom dapat membuatnya sendiri atau mom dapat berkonsultasi dengan perencana keuangan independen. Tentunya kalau mom mau membuatnya sendiri mom butuh belajar dan tahu cara menghitungnya. Mom dapat berkonsultasi dengan perencana keuangan Finansialku.com untuk mendapatkan rencana keuangan.

Hubungi Perencana Keuangan Finansialku

 

 

Finansialku.com akan sangat berterima kasih jika moms mau berdiskusi mengenai pengalaman mengelola keuangan keluarga atau mau bertanya mengenai konsultasi perencanaan keuangan. Finansialku.com menyarankan agar mom atau ibu rumah tangga harus mengenal perencanaan keuangan.