Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan ungkapkan Indonesia belum akan menerima turis asing sepanjang tahun ini.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Turis Asing Dilarang Wisata Di Indonesia Hingga Akhir 2020

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Indonesia belum akan membuka sektor pariwisata untuk turis asing hingga akhir 2020.

Melansir dari CNN Indonesia, Luhut mengatakan, pemerintah memutuskan mengoptimalkan turis domestik untuk memulihkan industri pariwisata yang roboh akibat pandemi Covid-19.

“Kami mau turis domestik itu 70 persen. Masalah turis asing, kami sampai akhir tahun belum akan terima. Biar saja kami konsolidasi dulu,” ujarnya.

Fokus pada wisatawan domestik pun telah disampaikan Luhut kepada Presiden Joko Widodo.

“Saya sudah lapor ke Presiden bahwa kita ini duitnya cukup banyak karena tidak ada perjalanan umrih sekarang. Jumlahnya hampir 500.000 sampai 1 juta orang yang punya dana pergi umroh,” lanjutnya mengutip dari Bisnis, Jumat (14/08).

4 Tipe Travelling Liburan Sendiri, Beli Paket Wisata dan Lainnya, Kamu yang Mana 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Syarat Traveling Dalam dan Luar Negeri di Era New Normal]

 

Terkait klaim Luhut, jumlah wisatawan domestik ternyata tetap lebih besar dari mancanegara tanpa harus diberi target sebagaimana diwartakan tirto.id.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan jumlah wisatawan mancanegara per tahunnya bisa mencapai 18 juta kunjungan.

Jumlah wisatawan domestik mencapai 310 juta kunjungan per tahun. Akibat dampak Covid-19 pun, jumlah wisatawan domestik tetap mendominasi.

Kemenparekraf memperkirakan tahun ini wisatawan domestik bisa mencapai 140 juta. Sementara wisatawan mancanegara jatuh menjadi 2,8-4 juta kunjungan.

 

Adaptasi Kebiasaan Baru, Wisata Bali Dibuka Kembali

Sementara itu, Gubernur Bali I Wayan Koster justru memiliki rencana untuk membuka pariwisata mancanegara untuk berkunjung ke wilayahnya.

Koster menyatakan pihaknya telah mengeluarkan surat edaran gubernur tentang adaptasi kebiasaan baru agar pembukaan sektor pariwisata bisa membuat wisatawan tetap merasa aman dan nyaman. Hal ini bukan hanya untuk wisatawan asing, tapi juga lokal.

“Untuk memulai aktivitas ini kami sudah mengeluarkan surat edaran gubernur tentang adaptasi kebiasaan baru berkaitan dengan pelaksanaan aktivitas ini supaya sehat, aman, dan nyaman bagi masyarakat lokal dan internasional yang akan berkunjung ke Bali,” ungkap Wayan mengutip CNN Indonesia.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli RUMAH PERTAMA?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Dirinya juga bersyukur penyebaran Covid-19 di Bali tidak separah daerah lain di Indonesia. Statistik 2 minggu terakhir menyebut tingkat kesembuhan hampir 87 persen, sedangkan tingkat kematian hanya 1 persen.

“Artinya juga Grafik kesembuhan kami di Bali posisinya masuk fase recovery, dimana jauh lebih banyak yang sembuh,” tuturnya.

 

Sebagai informasi, pemerintah sudah kembali membuka kawasan wisata di Bali dan Banyuwangi. Detik mewartakan sejak dibuka pada dua pekan lalu, tak ada yang menunjukkan kasus baru Covid-19.

Melihat kondisi tersebut pemerintah akan terus mendorong pariwisata untuk buka kembali dan bangkit.

“Pemulihan sektor pariwisata ini perlu waktu dan tidak mudah, dan ini yang paling cepat sebenarnya, 10 bulan. Nah kita sudah buka mulai dari Bali dan Banyuwangi. Kita bersyukur ternyata setelah 2 minggu angka COVID-19 di bali tetap menurun,” terang Luhut.

 

Bagaimana menurutmu Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi pandangan lewat kolom komentar di bawah ini

Oh iya, sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Vincent Fabian Thomas. 13 Agustus 2020. Menko Luhut Sebut RI Tak Akan Terima Turis Asing hingga Akhir 2020. Tirto.id – https://bit.ly/344spOh
  • Iim Fathimah Timorria. 13 Agustus 2020. Indonesia Tolak Kunjungan Turis Asing hingga Akhir 2020. Bisnis.com – https://bit.ly/30Vwouw
  • Redaksi. 13 Agutus 2020. Luhut Tegaskan RI Belum Terima Turis Asing Hingga Akhir 2020. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3apTMmX
  • Vadhia Lidyana. 14 Agustus 2020. Turis Asing Dilarang Masuk RI Sampai Akhir 2020. Finance.detik.com – https://bit.ly/2PNlNeK
  • Redaksi. 13 Agustus 2020. Indonesia Tetap Larang Turis Asing Melancong hingga Akhir 2020. Liputan6.com – https://bit.ly/33X5p3r