Siapa sudah coba fitur baru Instagram Dark Mode atau mode gelap Instagram? Bisa dipakai baik Android maupun iOS lho!

Kali ini Finansialku akan membahas tata caranya, simak ulasannya dalam artikel di bawah ini. selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Manfaat Instagram Dark Mode atau Mode Gelap

Instagram resmi menggulirkan fitur dark mode atau mode gelap bagai pengguna perangkat android dan iOS. Cara aktifkan Instagram Dark Mode pun cukup mudah.

Dark mode kini menjadi tren yang banyak diharapkan oleh pengguna ponsel. Dengan fitur ini pengguna bisa menghemat daya baterai dan mereduksi cahaya pada layar sehingga tidak terlalu menyakiti mata.

Keren, Instagram Bisa Dark Mode, Begini Cara Mengaturnya 03

[Baca Juga: Tertarik Jadi Influencer di Media Sosial? Ikuti Langkah Praktis Ini]

 

Selain itu banyak manfaat lainnya dari fitur dark mode ini. hal ini tentu sangat berguna untuk kamu yang melakukan banyak aktivitas di media sosial dan menuntut untuk melihat layar berjam-jam.

Berikut manfaat dark mode:

 

#1 Mengurangi Ketegangan Mata

Mata lebih mudah tegang ketika dituntut bekerja lebih keras. Dalam kasus ini adalah untuk fokus membaca tersebut.

Karena menjadi lebih mudah, secara otomatis ketegangan mata pun dikurangi. Terlalu tegangnya mata dapat membuat kualitas penglihatan berkurang.

 

#2 Menghemat Baterai

Melalui warna hitam, smartphone atau pun lainnya tidak perlu bekerja keras untuk menyalakan LED atau pun OLED yang ada di bagian dalam layar.

Dengan itu, ponsel pun tidak perlu mengeluarkan energi atau arti lainnya akan lebih bisa menghemat baterai yang dimiliki.

 

#3 Memberikan Mood Yang Lebih Baik

Warna sangat mempengaruhi mood seseorang. Berdasarkan ilmu psikologi warna, hitam sering melambangkan misteri, elegansi, formalitas, kekuatan dan prestige.

Oleh karena itu, dengan background hitam, orang-orang akan jauh lebih mudah memberikan mood berkonsentrasi ke satu titik.

 

#4 Lebih Mudah Membuat Pengguna Istirahat

Salah satu yang sering disarankan para dokter untuk menambah kualitas tidur adalah menjauhkan smartphone dari tempat yang mudah dijangkau tangan.

Ini karena mereka mempercayai jika bermain ponsel membuatmu tidak tidur disebabkan oleh aktivitas serta cahaya terang.

Tentu saja dengan dark mode yang secara otomatis membuat layar menjadi gelap, akan mempermudah kamu untuk langsung tertidur.

 

Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode

Fitur dark mode di Instagram hadir dengan latar belakang berwarna hitam dan teks berwarna putih.

Instagram tidak menyediakan tombol khusus untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur dark mode secara manual di aplikasinya.

Tapi jangan khawatir, berikut adalah cara mengaktifkan dark mode di aplikasi Instagram untuk iOS dan Android:

 

Mengaktifkan Dark Mode iOs

Bagi kamu yang memiliki smartphone dengan sistem iOs, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengaktifkan dark mode di iOs:

 

1. Gunakan iPhone versi iOs 13

Fitur Instagram Dark Mode untuk iOs hanya bisa diaktifkan jika perangkat kamu sudah mendukung fitur dark mode system wide yang hadir bersama sistem operasi iOs 13.

Jadi pastikan iPhone kamu sudah menjalankan iOs 13.

 

2. Aktifkan Dark Mode di iPhone

Jika iPhone kamu sudah menjalankan sistem operasi paling anyar ini, aktifkan mode gelap di perangkat.

Caranya masuk ke aplikasi Settings, kemudian Display dan pilih opsi Dark Mode.

 

3. Unduh Instagram Versi Terbaru

Setelah fitur dark mode di perangkat aktif, pastikan kamu sudah meng-install aplikasi Instagram versi terbaru yang bisa kamu unduh di Apple App Store.

 

4. Buka Aplikasi Instagram

Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi Instagram di iPhone kamu dan tampilan aplikasi secara default akan berubah menjadi gelap.

Jika ingin mengubahnya jadi ‘mode normal’ kamu bisa menonaktifkan mode gelap langsung di pengaturan iPhone.

 

Mengaktifkan Dark Mode di Android

Bagi kamu pengguna Android jangan khawatir, kamu juga bisa mencicipi fitur dark mode di Instagram. Tapi hingga saat ini fitur tersebut masih dalam tahap uji coba beta.

Berikut cara mengaktifkan dark mode melalui ponsel Android:

 

1. Ponsel didukung Mode Gelap

Pastikan ponsel kamu sudah menggunakan sistem operasi Android 10, karena Android 10 ini sudah mendukung fitur dark mode system wide.

Namun jika ponsel kamu menggunakan skin atau antarmuka yang mendukung dark mode seperti One UI buatan Samsung, kamu juga bisa menggunakan dark mode di aplikasi Instagram.

 

2. Aktifkan Model Gelap di Ponsel

Jika ponsel kamu sudah menggunakan Android 10, aktifkan mode gelap di ponsel. Caranya masuk ke aplikasi Settings, kemudian Display, setelah itu pilih opsi Night Mode dan aktifkan.

 

3. Bergabung dengan Uji Coba Beta

Karena baru tersedia dalam versi beta, kamu harus bergabung terlebih dahulu untuk mengikuti uji coba beta. Caranya buka Google Play Store dan cari aplikasi Instagram.

Klik halaman Instagram di Google Play Store dan scroll hingga menemukan opsi Join the Beta. Klik Join dan tunggu sesaat.

Perlu diingat bahwa beberapa aplikasi membatasi jumlah orang yang bisa mengikuti uji coba beta. Jika sudah tidak ada slot lagi, kamu akan melihat pesan yang mengatakan bahwa slot sudah penuh.

 

4. Install Instagram Versi Beta

Jika kamu sudah berhasil bergabung dalam uji coba beta, langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi Instagram dalam versi beta.

Setelah proses instalasi selesai, aplikasi Instagram akan secara default tampil dengan dark mode.

 

WhatsApp Dark Mode?

Tak hanya Instagram, WhatApp juga direncanakan akan meluncurkan fitur dark mode. Namun sekarang aplikasi ini belum tersedia. Fitur dark mode masih tersedia dalam versi beta.

Mengutip WaBetaInfo, Rabu (9/10/2019), pada WhatsApp beta versi 2.19.282 terdapat Theme Setting pada WhatsApp Setting.

Keren, Instagram Bisa Dark Mode, Begini Cara Mengaturnya 02

[Baca Juga: Milenial Terlilit Utang? Hindari Perilaku Konsumtif dan Bijak Menggunakan Media Sosial]

 

Theme Setting ini akan memberikan tiga pilihan.

Light theme: ini adalah theme putih biasa yang selalu digunakan tahun ini, dark mode: ini keinginan pengguna WhatsApp, system default: WhatsApp mengidentifikasi theme yang digunakan oleh sistem Android pengguna (jika terang atau gelap), dan menetapkannya di WhatsApp secara otomatis.

“Saat dark mode diaktifkan, setiap bagian di aplikasi Anda akan berubah menjadi warna biru dongker. WhatsApp masih bekerja di dark mode. Setiap bagian mengadopsi theme dengan benar, tetapi WhatsApp harus menyesuaikan teks saat dark mode diaktifkan.” tulis WABetaInfo dalam laporannya.

 

Nah, bagaimana pendapat Anda terkait Instagram Dark Mode ini? Ayo buruan coba fitur baru ini.

Jangan lupa share artikel ini kepada teman dan kerabat Anda supaya lebuh update tentang teknologi kekinian. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Virgina Maulita Putri. 8 Oktober 2019. Cara Aktifkan Instagram Dark Mode di iOs dan Android. Detik.com – https://bit.ly/2Oy1VwC
  • Abraham Herdyanto. 4 Februari 2019. Lagi Ramai Diaplikasikan, Dark Mode Beri 5 Manfaat Ini ke Pengguna Lho. Idntimes.com – https://bit.ly/30ZVS6K
  • Roy Franedya. 9 Oktober 2019. Instagram Dark Mode Sudah Rilis, Whasapp Mode Gelap Kapan?. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2LZlM6r

 

Sumber Gambar:

  • Instagram Dark Mode 01 – http://bit.ly/2AXh6r7
  • Instagram Dark Mode 02 – http://bit.ly/2AWSij0
  • Instagram Dark Mode 03 – http://bit.ly/2M1OJyF