Di dalam dunia pekerjaan integritas adalah hal penting. Maka kita akan membahas definisi integritas lebih dalam lagi. 

Pada artikel ini, Finansialku akan membahas lebih lanjut definisi, ciri-ciri serta manfaat dari integritas. Simak artikel ini.

 

Integritas

Integritas merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Latin ‘integer’ yang berarti penuh atau komplit.

Dalam bahasa Inggris, integritas atau integrity memiliki arti the quality of being honest and having strong moral principles; moral uprightness. Jika diterjemahkan, integritas berarti kualitas kejujuran dan memiliki prinsip moral yang kuat.

Seseorang yang memiliki integritas biasanya dikenal sebagai seseorang yang baik, jujur dan dapat dipercaya.

Tidak jarang seseorang yang memiliki integritas mampu menjadi sukses di segala aspek kehidupannya. Tentu setiap orang sebaiknya mengelilingi dirinya dengan orang-orang yang berintegritas.

 

Pengertian Integritas Menurut Ahli

Integritas dan definisinya pun dibahas oleh para ahli. Di bawah ini adalah beberapa definisi integritas menurut para ahli.

 

#1 Henry Cloud

Menurut Henry Cloud, ketika berbicara mengenai integritas, maka tidak akan terlepas dari upaya untuk menjadi orang yang utuh dan terpadu di setiap bagian diri yang berlainan, yang bekerja dengan baik dan menjalankan fungsinya sesuai dengan apa yang telah dirancang sebelumnya.

Bagaimana Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Bijak Dave Ramsey: Kerja Keras, Integritas, Penghematan, Ketekunan]

 

Integritas sangat terkait dengan keutuhan dan keefektifan seseorang sebagai insan manusia

 

#2 KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, integritas adalah mutu, sifat, dan keadaan yang menggambarkan kesatuan yang utuh, sehingga memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran.

 

#3 Ippho Santosa

Ippho Santosa sebagai seorang penulis, pengusaha dan pembicara asal Indonesia, mengatakan bahwa integritas adalah menyatunya pikiran, perkataan dan perbuatan untuk melahirkan reputasi dan kepercayaan.

Jika merujuk dari asal katanya, kata integritas memiliki makna berbicara secara utuh dan lengkap atau sepenuh-penuhnya.

 

#4 Andreas Harefa

Menurut penulis puluhan buku best seller Indonesia asal Bengkulu ini, integritas adalah tiga sifat utama yang dapat terlihat, yakni menunjukkan kejujuran, memenuhi komitmen, dan mengerjakan sesuatu dengan konsisten.

 

#5 Stephen R. Covey

Melalui bukunya yang berjudul “The 7 Habits of Highly Effective People”, Stephen fokus pada perbedaan antara kejujuran dan integritas. Ditulis dalam bukunya, “honesty is telling the truth, in other word, conforming our words reality-integrity is conforming to our words, in other words, keeping promises and fulfilling expectations.” 

Apakah Anda Sudah Tahu Tentang Fungsi Kepemimpinan Ini Informasinya 03 Leader 2 - Finansialku

[Baca Juga: Definisi Strategi Averaging Adalah]

 

Jika diterjemahkan, kejujuran berarti menyampaikan kebenaran, ucapannya sesuai dengan kenyataan. Sedangkan integritas membuktikan tindakannya sesuai dengan ucapannya.

Orang yang memiliki integritas dan kejujuran adalah orang yang merdeka. Mereka menunjukan keauntetikan dirinya sebagai orang yang tanggung jawab dan berdedikasi.

 

#6 Jacobs (2004)

Menurut beliau, integritas fokus atau menekan pada pentingnya konsistensi moral, keutuhan pribadi, dan kejujuran.

 

#7 Butler dan Cantrell (1984, di dalam Hosmer, 1995)

Integritas diartikan sebagai reputasi yang dapat dipercaya dan jujur dari seseorang untuk menjelaskan istilah “kepercayaan” di dalam konteks organisasi.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Ciri-ciri Integritas

Seseorang yang memiliki integritas biasanya akan menunjukkan ciri-ciri di bawah ini, yaitu:

  • Mempertanggungjawabkan aksi mereka
  • Mendahulukan kepentingan orang lain di atas kepentingan diri sendiri
  • Bertindak sesuai ucapan
  • Konsisten antara prinsip hidup dan tindakannya
  • Jujur dan dapat dipercaya
  • Menghormati orang lain
  • Dapat dipercaya

Dari ciri-ciri di atas, dapat dilihat bahwa seseorang yang memiliki integritas pastinya memiliki sifat yang dapat ‘diandalkan’. Anggapan bahwa integritas merupakan sebuah sifat yang dapat ‘dipalsukan’ adalah salah.

Alasannya, integritas membutuhkan konsistensi dan jika dihadapkan pada pilihan yang sulit, seseorang akan memprioritaskan integritasnya. Jika seseorang hanya berpura-pura, maka situasi yang sulit akan menunjukkan jati diri sebenarnya.

 

Manfaat Integritas

Tidak hanya integritas seharusnya dijadikan karakter dan kebiasaan diri seseorang, integritas sebenarnya juga dapat mendatangkan beberapa manfaat.

Di antaranya:

  • Secara emosional, Anda dapat terlatih menjadi pribadi yang selalu termotivasi dan mudah beradaptasi.
  • Dengan integritas, Anda akan mendapatkan kepercayaan dan memiliki pengaruh positif terhadap lingkungan Anda.
  • Anda akan mampu membangun hubungan sosial yang lebih baik.

 

Cara Menerapkan Integritas di Perusahaan

Sebagai karyawan, tentu memiliki reputasi yang baik dan dipercaya oleh kolega serta atasan adalah hal yang Anda idamkan.

Bagi sebuah perusahaan, memiliki karyawan yang berintegritas juga adalah hal yang krusial. Untuk dapat menerapkan integritas di perusahaan, Anda dapat mengikuti beberapa cara di bawah ini.

 

#1 Menghormati Visi dan Misi Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki visi dan misi yang berbeda, namun yang penting adalah kesinambungan visi dan misi perusahaan dengan karyawan.

Integritas 1

[Baca Juga: Definisi Tindakan Korporasi (Corporate Action) Adalah]

 

Untuk menunjukkan integritas diri, Anda seharusnya menghormati dan berusaha mengikuti visi, misi dan kebijakan perusahaan tersebut.

 

#2 Siap Bekerja

Seseorang yang memiliki integritas bukanlah seseorang yang egois. Mereka bersedia membantu orang lain dan mampu mengatur pekerjaan mereka sendiri. Orang-orang yang selalu bersedia bekerja, cepat tanggap dan lincah, merupakan orang yang dicari oleh perusahaan.

 

#3 Bertanggung Jawab Atas Kesalahan

Takut dimarahi atasan? Lempar batu sembunyi tangan? Sifat tidak mau bertanggung jawab atas kesalahan sendiri adalah sifat yang bertentangan dengan integritas.


Seseorang yang memiliki integritas seharusnya mengakui dan bertanggung jawab atas kesalahan mereka. Mereka jujur dan terbuka akan masukkan agar mereka dapat membangun diri sendiri dan termotivasi.

 

 

Demikianlah pengertian integritas, ciri-ciri dan manfaatnya. Pastikan bahwa Anda senantiasa mendahulukan integritas dibandingkan kepentingan pribadi.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 5 Mei 2020. Integritas Adalah. Gurupendidikan.co.id – https://bit.ly/2BEcdXz
  • Tsalis Annisa. 13 April 2020. Pentingnya Integritas dan Cara Menerapkannya di Perusahaan. Ekrut.com – https://bit.ly/2UmxI5L

 

Sumber Gambar:

  • Integritas 1 – https://bit.ly/2C6vGQX
  • Integritas 2 – https://bit.ly/3hD8JVK