Internet cepat 5G memiliki kecepatan download hingga 10 Gbps? Mau kamu gunakan untuk apa kecepatan super internet tersebut?

Mari simak artikel berikut selengkapnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Internet Cepat 5G

Apakah 4G masih kurang cepat sehingga memerlukan internet secepat 5G?

Perkembangan di bidang teknologi tentunya membuat banyak orang berlomba-lomba menciptakan teknologi yang terdepan.

Teknologi yang sudah cukup canggih saat ini mungkin tidak ada apa-apanya jika kita bicarakan beberapa tahun kedepan. Hal ini bisa dilihat dari munculnya internet super cepat 5G di tahun 2019 ini.

Dilansir dari Inet.detik.com, Teknologi 4G sendiri saat ini menawarkan kecepatan download maksimum 100 Mbps, meski ini tergantung kondisi jaringan penyedia layanan.

Sementara 5G konon sanggup memiliki kecepatan download hingga 10 Gbps. Luar biasa bukan?

Dengan menggunakan 4G saja jika keadaan sinyal bagus kita sudah bisa streaming dan download berbagai hal dengan lancar.

Apalagi dengan 5G ya?

Dahsyat! Kecepatan Internet Cepat 5G yang Luar Biasa 02 Internet Cepat 5G 2 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan 2019 Lewat Internet]

 

Lalu tujuan dari internet 5G ini Apa ya? bagaimana mengimplementasikan teknologi 5G yang super cepat ini?

Dikutip dari Detik.com, saat di temui pada acara Mobile World Congress (MWC) 2019, Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga mengatakan:

“Justru pointnya ternyata yang lebih rumit bukan di teknologi, bukan di device. Tetapi justru mau dipakai apa sih sebetulnya 5G ini?”

 

Seperti pada acara MWC, tagline utama yang ditonjolkan adalah 5G. Sederet perusahaan berbasis teknologi yang ambil bagian di acara ini pun seraya kompak menjual mimpi 5G.

Mulai dari menawarkan kemampuan mobil tanpa sopir, menggerakkan robot dari jarak jauh, mengkombinasikan game dengan virtual reality (VR) hingga menggelar operasi bedah lintas benua.

Namun, Alex menegaskan bahwa pertanyaan mendasar yang terekam di kepala pelaku industri telekomunikasi sejatinya masih belum terjawab.

Kemudian, pada akhirnya operator sebagai penyedia layanan mesti berpikir realistis mengenai model bisnis internet 5G ini, bukan semata-mata untuk gaya-gayaan agar kelihatan keren.

Eropa sendiri disebut-sebut sebagai kawasan yang paling agresif mengadopsi 5G. Salah satu implementasinya dengan pemanfaatan mobil tanpa supir. Namun bagaimana implementasinya di Indonesia ya?

 

Implementasi Internet Cepat 5G

Hingga saat ini implementasi yang sesuai terhadap penggunaan internet cepat 5G di Indonesia masih belum diketahui pasti.

Bukan hanya di Indonesia, tapi negara-negara di dunia juga masih berpikir tentang bagaimana mengadopsi teknologi 5G agar lebih berfaedah serta menghasilkan return yang masuk akal bagi penyedia layanan. 
Sebab kalau ujung-ujungnya cuma untuk dipakai internetan atau download film. Alex mengibaratkan sama saja dengan membunuh nyamuk dengan meriam. 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

BONUS: 5 Smartphone 5G rilis Tahun Ini

Kamu mau coba bagaimana performa dari internet cepat 5G ini?

Dilansir dari Makassar.tribunnews.com, ada 5 smartphone yang rilis di tahun 2019 ini, yaitu:

 

#1 Huawei

Huawei juga telah mematenkan smartphone lipat dengan layar OLED.

Pada MWC 2019 yang diadakan di Barcelona dari tanggal 25 hingga 28 Februari, Huawei fokus pada topik-topik hangat seperti 5G, kecerdasan buatan, IoT, dan layanan cloud.

Ini juga menampilkan penelitian terbaru dan pencapaian pengembangan di bidang teknologi komunikasi. Pada 24 Januari, Huawei merilis chip Baron 5000 di Beijing.

Karena itu, kemungkinan besar pada semester pertama tahun ini, kita akan melihat ponsel 5G yang telah lama ditunggu-tunggu, Huawei P30.

 

#2 Samsung

Pada awal Februari 2018, Samsung bekerja sama dengan produsen lain untuk menyediakan pengguna dengan layanan aplikasi 5G.

Menurut spekulasi, dari kerja sama tersebut ponsel 5G pertama Samsung, yang disebut Galaxy S10X akan diluncurkan pada Maret ini.

Rumor juga mengatakan bahwa Samsung Galaxy S10X akan diluncurkan di Korea Selatan.

 

#3 Xiaomi

Pada CE 2019 di Amerika, Xiaomi telah memamerkan prototipe smartphone 5G-nya, khususnya, versi 5G dari Xiaomi Mi MIX 3.

Sebagai perusahaan gadget yang baru, Xiaomi kemungkinan tidak akan melewatkan tren terbaru yang saat ini sedang hangat.

Untuk Xiaomi, cukup dipastikan bahwa smartphone 5G pertamanya akan dirilis pada kuartal pertama 2019.

 

#4 Oppo

Sama seperti Xiaomi, Oppo juga memamerkan prototipe smartphone 5G di CES 2019, Amerika Serikat. Oppo menjadi satu perusahaan pertama yang memamerkan prototipe smartphone 5G.

Selain itu Oppo juga menunjukkan prototype-nya pada publik di China Mobile Global Cooperation ke-6 yang diadakan di Guangzhou pada 6-8 Desember.

Pada konferensi mitra, OPPO memamerkan prototipe Oppo Find X 5G untuk pertama kalinya.

Oppo berada dalam posisi terdepan untuk merilis smartphone 5G dekat ini.

 

#5 Vivo

Sama seperti Xiaomi dan Oppo, Vivo juga memamerkan prototipe smartphone 5G di CES 2019, Amerika.

CEO Vivo, Shen Yu telah dua kali mengungkapkan bahwa penelitian dan pengembangan ponsel 5G Vivo berjalan dengan lancar. Ponsel 5G pra-komersial akan diluncurkan pada 2019.

Sedangkan peluncuran sebenarnya akan terjadi pada 2020 ketika operator Cina siap untuk penyebaran jaringan 5G skala besar.

 

Internet Secepat Kilat

Seperti yang sudah dijelaskan, Internet 5G ini masih memiliki pertanyaan besar mengenai implementasi atau penerapan yang lebih tepat untuk internet super cepat tersebut.

Namun, tentunya tujuan dibalik terciptanya teknologi ialah untuk memudahkan hal-hal tertentu yang ada saat ini. Pastinya ada hal berbeda yang bisa dimanfaatkan lebih maksimal dan lebih tepat terhadap internet cepat 5G kelak.

Selain penggunaan internet yang tepat, tentunya kamu juga harus merencanakan dan mengelola keuanganmu dengan tepat juga ya!

Apalagi jika kamu tertarik untuk memiliki salah satu dari Smartphone dengan kecepatan internet 5G tersebut. Rencanakan keuanganmu dari sekarang dengan tepat agar tujuan keuanganmu bisa terwujud.

Kamu bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuanganmu tepat sasaran.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuanganmu. Aplikasi Finansialku dapat kamu download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store, selamat mencoba.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Bagaimana menurut kamu mengenai kehadiran internet cepat 5G ini? Kira-kira internet cepat 5G ini mau kamu gunakan untuk apa? Bagikan tanggapanmu pada kolom komentar di bawah ya!

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabatmu. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ardhi Suryadhi. 26 Februari 2019. Internet Super Cepat 5G Untuk Apa Sih?. Inet.detik.com – https://goo.gl/hpT3uK
  • Admin. 11 Februari 2019. 5 Smartphone 5G Siap Rilis di Tahun 2019, Ada Samsung, Huawei dan Xiaomi. Makassar.tribunnews.com – https://goo.gl/rzAf5x

 

Sumber Gambar:

  • Internet Cepat 5G 1 – https://goo.gl/3iB5SE
  • Internet Cepat 5G 2 – https://goo.gl/pXnENh