Investasi bitcoin di Indonesia adalah jenis investasi baru, apakah investasi ini aman? Finansialku.com akan membahas mengenai investasi bitcoin di Indonesia.

 Investasi Bitcoin di Indonesia menurut Bank Indonesia

 

Investasi Bitcoin

Apa itu Bitcoin? Bitcoin (BTC/XBT) adalah mata uang digital yang berbasiskan kriptografi dan peer to peer. Kegiatan jual beli bitcoin di Indonesia dapat dilakukan di website resmi: www.bitcoin.co.id. Diwebsite resmi tersebut transaksi dapat dimulai dari Rp 50.000.

Penggunaan Bitcoin di Indonesia memang belum terlalu gencar. Salah satu founder bitcoin di Indonesia, Oscar Darmawan seringkali memperkenalkan Bitcoin dalam berbagai acara dan artikel-artikel di media masa. Investasi bitcoin menjadi demam di berbagai negara.

Penulis teringat pada sebuah quote yang mengatakan bahwa “sejarah akan berulang”. Demam investasi pada suatu barang pernah terjadi di negara Belanda, dengan sebutan demam tulip.

aneh-kok-bisa-harga-saham-bisa-rp-0-berarti-ada-saham-gratisan-1-finansialku 

[Baca juga : Apakah Bijak Investasi Bitcoin?]

 

Bank Indonesia Menjawab Investasi Bitcoin di Indonesia

Finansialku mendapat sebuah artikel yang memberitakan Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Bapak Peter Jacobs menyatakan Bitcoin atau mata uang virtual lainnya (virtual currency) bukan mata uang atau alat pembayaran yang sah. Hal ini berarti secara hukum (Undang-Undang No 7 Tahun 2011 tentang mata uang) Bitcoin tidak dapat digunakan sebagai alat jual beli yang sah di Indonesia.

Satu hal yang perlu diperhatikan bagi Anda yang mau mencoba investasi bitcoin, pemerintah tidak memberikan perlindungan nasabah terhadap transaksi dengan bitcoin. Penulis mengakui sampai saat penulisan artikel ini, pemerintah melalui Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan tidak membuat peraturan yang melarang penggunaan Bitcoin, terlebih untuk investasi.

Penulis sempat membuka kembali sejarah perkembangan uang. Awalnya transaksi berasal dari barter (tukar barang yang satu dengan barang yang lain), kemudian berkembang menjadi perdagangan dengan emas, perdagangan dengan kertas dan perdagangan modern dengan menggunakan sistem uang. Apakah bitcoin menjadi satu jenis uang digital yang baru? Penulis menemukan beberapa website yang telah menerima pembayaran dengan menggunakan bitcoin (kebanyakan website berasal dari luar negeri).

 

Sumber: 

  • Oik Yusuf. Jumat, 7 Februari 2014. 15.05 WIB, Ini Sikap Resmi Bank Indonesia soal Bitcoin. Tekno.Kompas.com

 

Kami akan sangat senang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai investasi bitcoin di Indonesia.

Artikel Finansialku terkait dengan investasi:

finansialkuInvestasi Reksadana OnlineBaca
finansialkuInvestasi Sukuk RitelBaca
finansialkuImbal Hasil Investasi: Arus Kas atau Kenaikan HargaBaca

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialkuDiagram Investasi Dimanakah Posisi Anda Sekarang?Baca
finansialku20 Lagu Bertema UangBaca
finansialku8 Alasan Berinvestasi PropertiBaca