Pernah terpikirkan untuk mulai investasi syariah untuk dana pendidikan anak? Finansialku akan membahas investasi mana yang cocok bagi kamu. Hanya di sini lho!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Pentingnya Dana Pendidikan Anak

Apakah kamu dan pasangan baru saja menikah? Memang setelah menikah harus ada kesepakatan bersama apakah akan langsung memiliki buah hati atau menunda nya?

Nah jika keputusannya adalah untuk segera memiliki buah hati, maka ada beberapa persiapan yang harus dilakukan.

Salah satu persiapan yang penting untuk dilakukan adalah mempersiapkan dana pendidikan anak.

Mom and dad dapat mempersiapkan biaya dana pendidikan anak dengan cara berinvestasi. Tapi apabila Mom and Dad khawatir akan kehalalannya, Mom and Dad dapat mencoba investasi syariah.

Yuk simak ulasan mengenai investasi syariah yang cocok untuk dana pendidikan anak melalui artikel Finansialku berikut ini!

 

Pilihan Investasi Syariah Untuk Dana Pendidikan Anak

Salah satu tugas dan tanggung jawab orang tua adalah membesarkan seorang anak dan memastikan bahwa mereka akan dapat hidup dengan layak dan mendapatkan pendidikan yang layak pula.

Tentu saja dengan hal ini biaya pendidikan anak harus dipersiapkan se-dini mungkin agar anak dapat memiliki masa depan yang cemerlang.

Apa saja pilihan investasi untuk keperluan dana pendidikan anak? Sebenarnya banyak ragam pilihan investasi untuk dana pendidikan anak.

5 Investasi Syariah untuk Dana Pendidikan Anak yang Cocok Bagi Kamu 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Dulu Kerugian Investasi Syariah dan Cara Mengatasinya!]

 

Mulai dari investasi di real asset (logam mulia, properti, tanah dan lainnya) hingga investasi di paper asset (reksa dana, saham, obligasi dan lainnya).

Ada juga pilihan lainnya seperti tabungan pendidikan anak, deposito dan asuransi pendidikan.

Tapi manakah investasi syariah yang bisa dijadikan alternatif untuk mempersiapkan dana pendidikan anak?

 

#1 Obligasi Syariah

Deposito syariah merupakan produk perbankan yang menggunakan akad mudharabah yang artinya tabungan dengan sistem bagi hasil (nisbah) antara nasabah dan bank.

Akad mudharabah biasanya memakai perbandingan 60:40 untuk nasabah dan bank. Bisnis atau investasi yang dijalankan sudah masuk kategori halal dalam agama.

Ada dua jenis akad mudharabah, yaitu yang bersifat mutlaqah dan bersifat muqayyadah. Bedanya adalah soal batasan dan persyaratan untuk bank melakukan investasi.

Jika deposito konvensional, ada bunga yang akan diterima nasabah. Nilai bunga pada deposito konvensional  tetap. Artinya, imbal hasil dari investasi sudah bisa diprediksi sejak awal menaruh dana.

Perlu diketahui pula bahwa setoran awal untuk deposito di bank syariah berbeda-beda di setiap bank.

 

#2 Reksa Dana Syariah

Reksa dana adalah salah satu jenis investasi jangka pendek sekaligus jangka panjang. Ada berbagai macam jenis reksa dana yang dapat dipilih untuk berinvestasi, tergantung profil risiko investasi yang dimiliki dan jangka waktunya.

5 Investasi Syariah untuk Dana Pendidikan Anak yang Cocok Bagi Kamu 03 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO: Bingung Harus Mulai Investasi Dari Mana?? Ini Cara Tepat Untuk Mulai Investasi Bagi Pemula]

 

Reksa dana syariah berbeda dengan reksa dana konvensional. Dalam reksa dana syariah terdapat proses pembersihan reksa dana dari unsur non-halal.

Untuk Mom and dad yang moderat dan konservatif, maka kalian bisa memilih reksa dana dengan pendapatan tetap syariah atau reksa dana campuran syariah. Sedangkan yang agresif dapat memilih reksa dana saham syariah.

 

#3 Asuransi Pendidikan Anak Syariah

Asuransi pada hakikatnya adalah sebagai proteksi. Tapi untuk masa sekarang asuransi juga ada yang didalamnya mengandung unsur investasi. Salah satunya adalah unitlink.

Tentu saja jika asuransi pendidikan anak syariah ini unsur investasi yang ditanamkan menggunakan prinsip syariah. Pemilik asuransi  adalah ayah atau ibu yang menjadi pencari nafkah utama dalam keluarga.

Dengan membayar premi dalam jumlah dan waktu tertentu sesuai pilihan, nasabah asuransi tidak perlu pusing setiap kali putra-putrinya masuk jenjang pendidikan baru.

Melalui premi yang dia bayarkan secara rutin, perusahaan asuransi sudah menyiapkan dana segar untuk biaya masuk Sekolah Dasar, SMP, SMA atau Perguruan Tinggi.  

Dana asuransi  tetap diberikan jika pemiliknya meninggal dunia dengan tanpa membayar premi lagi. Keuntungan itu masih ditambah dengan uang hasil investasi yang nilainya tergantung keberhasilan pengelolaan pihak asuransi.

 

#4 Tabungan Pendidikan Syariah

Meski sekilas terkesan sama, tabungan pendidikan berbeda dengan asuransi pendidikan, terutama dalam hal karakteristik dan tingkat risikonya. 

Pada tabungan pendidikan, orang tua menabung secara rutin dengan kesepakatan jangka waktu tertentu, di mana dalam masa tersebut tabungan tidak boleh ditarik dan jika orang tua meninggal dunia maka asuransi akan melanjutkan menabung sampai jangka waktu selesai.

Tabungan pendidikan anak syariah  menawarkan akad yang sesuai syariah. Karena banyak orang tua yang membutuhkan produk yang sesuai akidah agama.

 

#5 Emas

Salah satu jenis investasi untuk mempersiapkan sekolah anak yang bisa Mom and Dad pilih adalah emas. Sebelum anak kalian memasuki usia sekolah, kalian bisa menabung emas untuk mempersiapkannya.

Semakin tinggi jenjang pendidikan, biaya yang dibutuhkan juga semakin banyak. Oleh karena itu, Anda juga perlu mempersiapkan pendidikan untuk anak Anda sebelum masuk Sekolah Dasar (SD).

Biaya untuk tabungan pendidikan di jenjang SMP, SMA, atau perguruan tinggi juga perlu dipikirkan.

Apabila Mom and Dad sudah mempunyai simpanan atau tabungan logam mulia emas, maka kalian bisa menjual atau menggadaikan emas untuk dapat digunakan sebagai pelunasan biaya masuk sekolah sang buah hati.

 

Persiapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini

Perencanaan yang matang dan juga konsisten akan membuahkan hasil yang baik. Dengan berinvestasi sejak awal, Mom and Dad tidak perlu berutang untuk membiayai anak  sekolah, sehingga masa depan anak menjadi lebih jelas dan tidak terabaikan.

Finansialku punya e-Book spesial untuk para orang tua yang mau belajar investasi. Dapatkan pada tautan di bawah ini!

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Moms and Dad juga dapat menghitung berapa dana yang perlu diinvestasikan dengan menggunakan Aplikasi Finansialku. Kalian dapat menggunakan menu rencana keuangan untuk menghitung berapa dana yang perlu disisihkan setiap bulannya dan berapa lama lagi akan tercapai.

playstore icon
appstore icon

 

Jika Moms and Dad masih kesulitan dengan mempersiapkan dana pendidikan anak, mom and dad dapat mengikuti pelatihan online Finansialku mengenai dana pendidikan anak yang dapat diakses melalui link berikut.

 

Bagaimana Mom, Dad? Sudah mulai terpikir untuk mempersiapkan dana pendidikan anak mulai sekarang dengan menggunakan investasi syariah?

Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya!

 

Sumber Referensi:

  • Kabrina Rian Febriani. 31 Oktober 2018. Jenis Investasi untuk Mempersiapkan Sekolah Anak. Modalrakyat.id – https://bit.ly/3eIWsNW
  • Nurseffi Dwi Wahyuni. 3 Agustus 2017. Lebih Baik Mana, Asuransi atau Tabungan Pendidikan Anak. https://bit.ly/3g7GsFt

 

Sumber Gambar:

  • Pendidikan Anak 01 – https://bit.ly/3dJyIYK
  • Pendidikan Anak 02 – https://bit.ly/2ZjaTSo
  • Pendidikan Anak 03 – https://bit.ly/2NI5yP6