Yuk ketahui napak tilas jejak karier Irfan Setiaputra, dirut baru Garuda Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, pemberhentian mantan Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara yang terjerat kasus penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton sempat membuat posisi dirut kosong sejak Desember kemarin. Sekarang, bangku itu sudah diduduki Irfan Setiaputra.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Irfan Setiaputra Sah Gantikan Ari Askhara

Jakarta, Rabu (22/01), PT Garuda Indonesia Tbk secara sah telah menunjuk Irfan Setiaputra sebagai Direktur Utama perseroan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUSLB) yang digelar hari ini.

Irfan ditunjuk untuk menggantikan Direktur Utama Garuda Indonesia sebelumnya, Ari Askhara yang diberhentikan karena tersandung skandal penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton.

Pada rapat itu juga turut menunjuk Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama Garuda, yang akan menggantikan Komisaris Utama sebelumnya, Sahala Lumban Gaol.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menilai, Irfan adalah sosok figur terbaik yang bisa membuat Maskapai Garuda meningkatkan kerjanya.

“Kami di Kementerian BUMN berupaya mencari figur terbaik yang akan duduk mengelola flight carrier kita, Garuda Indonesia.” Ujarnya yang dikutip dari laman sindonews.com di Jakarta, rabu (22/01).

 

Dia juga berharap, Irfan bisa menjalankan amanah dalam meningkatkan kinerja PT Garuda Indonesia Tbk. agar bisa bersaing secara global.

“Saya harap Pak Irfan Setiaputra bisa menjalankan amanah dengan baik, mengikuti prinsip good corporate governance dan bisa membawa Garuda lebih baik lagi.”

 

Viralnya Kasus YouTuber Membuat Saham Garuda Indonesia (GIAA) Menukik 10 Poin?

[Baca Juga: Diselundupkan Garuda, Ternyata Segini Harga Sepeda Brompton]

 

Terkait penunjukannya ini, Irfan menyatakan, di bawah kepemimpinannya, perusahaan maskapai ini akan lebih mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan.

“Kalau bagi saya yang penting paling utama mempertahankan safety. Itu nomor satu. Selanjutnya berjalan saja.” Kata Irfan yang dihubungi oleh media tempo.co, Rabu (22/01).

 

Menelusuri Rekam Jejak Irfan Setiaputra

Nama Irfan sebagai calon Dirut memang sering terdengar sebelum rapat digelar. Perjalanan kariernya pun dapat dibilang cemerlang.

Laki-laki yang lahir di Jakarta, 24 Oktober 1956 adalah lulusan S1 Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung angkatan 1989.

Kariernya sudah dimulai sejak dia lulus kuliah di beberapa perusahaan bidang teknologi dan informatika ternama, di antaranya adalah IBM, LinkNet, dan Cisco, menjabat sebagai Managing Director.

Beralih dari perusahaan swasta, Irfan juga pernah menjabat sebagai Dirut PT INTI pada Maret 2009 hingga akhirnya dia mengundurkan diri pada Juli 2012.

Selepas pengunduran dirinya diterima oleh Dahlan Iskan, Menteri BUMN kala itu, Irfan akhirnya berkarier di PT Titan Mining Indonesia, dan bertahan di sana sampai Juni 2014.

Dia kemudian melanjutkan langkah kariernya di PT Cipta Kridatama sebagai CEO mulai Juli 2014 hingga Mei 2017.

Napak Tilas Jejak Karier Irfan Setiaputra, Dirut Garuda Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Jenis Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi di Indonesia]

 

Belum selesai, Irfan juga pernah diangkat sebagai COO ABM Investama Tbk PT (ABMM) sejak periode Mei 2015 hingga Mei 2016 yang kemudian dilanjutkan menjadi President Director & CEO di Perusahaan Reswara Minergi Hartama mulai Mei 2017 hingga Desember 2017.

Hingga saat dia diangkat menjadi Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, ia masih menjabat sebagai CEO dari Perusahaan pengelola jaringan Internet of Things berbasis Jakarta, Sigfox Indonesia, sejak Februari tahun lalu.

Dengan resminya Irfan diangkat menjadi Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk yang baru, berikut Finansialku.com lampirkan pula susunan jajaran direksi Garuda Indonesia yang terbaru:

  1. Direktur Utama: Irfan Setiaputra
  2. Wakil Direktur Utama: Dony Oskaria
  3. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Fuad Rizal
  4. Direktur Operasi: Tumpai Manumpak Hutapea
  5. Direktur Human Capital: Aryaperwira Adileksana
  6. Direktur Teknik: Rahmat Hanafi
  7. Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan IT: Ade R. Susardi
  8. Direktur Niaga dan Kargo: M. Rizal Pahlevi.

 

Dibalik penggantian dirut Garuda Indonesia, tentunya ada campur tangan menteri BUMN, Erick Thohir. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana perjalanan hidup beliau, silakan cek video dari Finansialku berikut ini:

 

Apa pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Yuk berikan pendapat dan tanggapan Anda pada kolom di bagian bawah.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada rekan terdekat Anda! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 22 Januari 2020. Irfan Setiaputra dari Bos Tambang Jadi Dirut Garuda. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/3aBwmea
  • Vina Fadhrotul Mukaromah. 22 Januari 2020. Profi Irfan Setiaputra, Bos Baru Garuda Indonesia. Kompas.com – http://bit.ly/2tDWeoM
  • Francisca Christy Rosana. 22 Januari 2020. Jadi Dirut Garuda, Irfan Setiaputra Blak-blakan soal Rencananya. Tempo.com – http://bit.ly/2GbXfaj
  • Achmad Dwi Afriyadi. 22 Januari 2020. Tok! Irfan Setiaputra Dirut Garuda, Yenny Wahid Komisaris. Detik.com – http://bit.ly/2GeT0L6
  • Admin. 21 Januari 2020. Irfan Setiaputra Disebut Akan Jadi Dirut Garuda, Simak Perjalanan Karirnya. Wartaekonomi.co.id – http://bit.ly/2TL6FBJ
  • Chyntia Sami Bhayangkara. 22 Januari 2020. Resmi jadi Dirut Garuda Indonesia, Ini Profil Irfan Setiaputra. Suara.com – http://bit.ly/38ryl2C
  • Achmad Dwi Afriyandi. 13 Januari 2020. Profil Irfan Setiaputra yang Dikabarkan Akan Jadi Dirut Garuda. Detik.com – http://bit.ly/2ui8I5z
  • Rina Anggraeni. 22 Januari 2020. Irfan Setiaputra Jabar Dirut Garuda Indonesia, Erick Thohir: Figur Terbaik. Sindonews.com – http://bit.ly/2GbBrMf

 

Sumber Gambar:

  • Irfan 01 – https://bit.ly/2RDTwb5
  • Irfan 02 – https://go.aws/2TJ0C0x