Jadikan Tujuan Hidup dan Ikigai Anda, Menjadi Sumber Pemasukan

Apa tujuan hidup atau Ikigai Anda? Temukan tujuan hidup dan ikigai Anda serta jadikan sumber pemasukan. Berikut ini 5 tips memulai bisnis dari tujuan hidup dan ikigai Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Apa Tujuan Hidup dan Ikigai Anda?

Setiap orang tentu saja memilki tujuan hidup yang berbeda-beda. Tentunya Anda sudah tahu bukan tujuan hidup Anda? Beberapa orang – orang miliarder dunia, seperti Bill Gate, Steve Jobs (almarhum), Mark Zuckerberg adalah orang-orang dengan tujuan hidup atau visi yang besar. Mereka berusaha membuat dunia menjadi lebih baik dan membuat hidup mereka berguna untuk sesama. Coba saja bayangkan dunia tanpa komputer? dunia tanpa Facebook? Dan lain sebagianya.

Jadikan Tujuan Hidup dan Ikigai Anda, Menjadi Sumber Pemasukan - IKIGAI - Perencana Keuanagn Independen Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Mark Zuckerberg pendiri Facebook]

 

Pernahkan Anda mengenal istilah IKIGAI ? Kata IKIGAI berasal dari bahasa Jepang, yang maknanya adalah mengenali tujuan hidup seseorang. Seseorang yang mengetahui IKIGAI nya, orang tersebut tahu alasan mereka besok harus bangun pagi, mereka harus memperjuangkan sesuatu dan mereka memiliki harapan. Jika kita hidup tanpa mengetahui IKIGAI, hidup akan berasa sepi. Berikut ini sebuah grafik yang disebut circle of passion:

Jadikan Tujuan Hidup dan Ikigai Anda, Menjadi Sumber Pemasukan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

IKIGAI adalah gabungan antara passion, misi, profesi dan pekerjaan seseorang.

  • Apa yang dimaksud dengan Passion? Passion adalah gabungan antara bidang yang Anda sukai dengan keahlian Anda.
  • Apa yang dimaksud dengan Misi? Misi adalah gabungan antara bidang yang Anda sukai dengan sesuatu yang dibutuhkan masyarakat.
  • Apa yang dimaksud dengan Profesi? Profesi adalah gabungan antara bidang keahlian Anda dengan sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk mendapat bayaran.
  • Apa yang dimaksud dengan Pekerjaan? Pekerjaan adalah gabungan antara yang dibutuhkan oleh masyarakat dengan sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk mendapat bayaran.

 

Nah sekarang Anda sudah tahu kan, apa yang dimaksud dengan Tujuan Hidup dan IKIGAI ? Sekarang saatnya Anda mencoba menentukan keempat bagian tersebut dalam hidup. Tuliskan IKIGAI Anda dalam kolom di bawah ini ya, selamat mencoba.

 

Courtesy of Youtube, #IWAKEUPFOR | The Ikigai Concept oleh Nescafe Arabia

 

Video di atas menceritakan alasan orang-orang tersebut menjalani hidup setiap harinya. Kami tidak bermaksud untuk mengiklankan produk di atas, tetapi kami ingin berbagi semangat yang dirasakan oleh bapak-bapak dan ibu-ibu yang ada divideo tersebut.

[Baca Juga: Kisah Sukses Ferry Unardi Pendiri Traveloka]

 

Coba Anda rasakan bahagianya ibu-ibu penari yang bangun pagi mulai bersipa-siap dan memberikan penampilan yang baik. Bayangkan kekuatan, dorongan dan minat yang dimiliki oleh anak muda yang mengurus kuda. Rasakan juga kebahagian seorang bapak yang senang sekali membuat furniture. Dan terakhir rasakan semangat hidup yang luar biasa hebat dari seorang nenek yang menyiapkan masakan untuk cucu-cucunya. IKIGAI dapat menjadi motivasi dan tujuan hidup mereka. Dan hal ini juga berlaku untu hidup Saya, Anda dan Kita Semua. Setelah Anda menemukan tujuan hidup atau ikigai, bagaimana cara mengubahnya menjadi bisnis?

 

Langkah Mengubah Tujuan Hidup menjadi Sumber Pemasukan

Berikut ini 5 langkah yang harus Anda lakukan untuk mengubah tujuan hidup dan IKIGAI menjadi sumber pemasukan:

  1. Temukan IKIGAI Anda, karena IKIGAI adalah panduan tujuan hidup seseorang. Mulai dari apa yang Anda sukai dan didukung dengan sebuah misi, Anda dapat bergerak menjadi sebuah profesi dan pekerjaan.
  2. Mulailah melakukan riset dengan menggunakan media online. Anda dapat mengetahui dari Google, Riset keyword di Google, Cari tahu trend dengan Google Trend, lakukan riset di forum dan perbincangan social media. Anda akan mendapatkan layanan yang unik dan cocok (unique selling proposition).
  3. Bangun model bisnisnya dengan cara menggambar kanvas model bisnis. Isi kesembilan blok dalam kanvas model bisnis, agar Anda memiliki gambaran bisnis Anda.
  4. Buatlah sesuatu yang luar biasa, memiliki makna dan mampu membuat kehidupan menjadi lebih baik. Pelajari mengenai hukum dan peraturan yang terkait dengan bisnis Anda, ketahui cara mengatur keuangan untuk bisnis Anda dan ketahui cara memasarkan layanan Anda. Jika memang harus menggunakan internet untuk pemasaran, Anda harus mengetahui betul cara memasarkan bisnis Anda melalui internet.
  5. Terakhir pikirkan mengenai pendanaan bisnis. Ingat pendanaan bisnis dapat menggunkan uang sendiri atau uang orang lain. Berbicara mengenai uang orang lain Anda dapat memikirkan pendanaan dari bank, institusi keuangan, masyarakat (cek website crowdfunding), investor, calon pembeli dan/atau supplier.

 

Bisnis Besar Selalu Dimulai dari Langkah Kecil

Sebuah fakta yang sering dilupakan oleh banyak calon entrepreneur, bahwa bisnis besar selalu mulai dari langkah kecil. Seorang calon entrepreneur perlu mengetahui arah dan tujuan bisnisnya serta berjalan menuju kea rah tersebut. Tidak ada jaminan bahwa semuanya bisa sukses, yang harus dilakukan seorang entrepreneur adalah Bekerja, Belajar dan Berdoa. Bekerja menjalankan bisnisnya, belajar dari pengalaman baik dan pengalaman buruk serta berdoa kepada yang Kuasa. Oke selamat mencari tujuan hidup dan IKIGAI, memulai berbisnis dan wujudkan tujuan Anda.

 

Apakah Anda sudah mengetahui tujuan hidup dan IKIGAI Anda? Silahkan tinggalkan komentar Anda di kolom komentar berikut ini.

 

Sumber Gambar:

  • Yoga – http://goo.gl/IrZOEu

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

By | 2017-11-10T09:32:56+00:00 May 7th, 2016|Categories: Bisnis|Tags: , , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download