Awas! Jangan kebiasaan berutang. Mari kita ubah kebiasaan dari sekarang dengan mengikuti empat tips ini!

Mari cari tahu bersama-sama selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

HerStory

 

4 Tips Menghindari Kebiasaan Berutang

Hello, Beauty! Kegiatan berutang pasti sudah pernah kalian rasakan. Hal tersebut sekarang malah menjadi tren di tengah masyarakat, lho!

Sekarang banyak orang yang enggak segan untuk meminta uang kepada kerabat dan teman terdekat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tapi, untuk kamu yang ingin menghindari kebiasaan ini, kami punya tips supaya kamu enggak stres dikejar-kejar oleh hutang. Berikut rangkumannya!

banner -perencanaan keuangan usia 30an

 

#1 Daftar Pemasukkan dan Pengeluaran

Kalau kamu sudah memiliki pekerjaan sendiri sudah pasti kamu juga memiliki pemasukan kamu sendiri, oleh karena itu sangat penting untuk kamu mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran yang kamu lakukan.

Dalam catatan itu, kamu bisa mencatat segala jenis hal yang kamu lakukan untuk kebutuhan sehari-hari, mulai dari makanan, transportasi, rumah atau kost, utang dan biaya penting lainnya yang mungkin kamu masukkan dalam daftar tersebut.

 

#2 Menyusun Anggaran

Setelah kamu membuat catatan pemasukan dan pengeluaran kamu bisa memulai untuk membuat anggaranmu sendiri.

Anggaran ini akan bermanfaat untuk kamu mengatur setiap pengeluaran kamu nantinya.

Bisa jadi nanti kamu akan menemukan pengeluaran yang enggak penting kamu masukkan di dalam anggaranmu, lebih baik kalau ketemu hal seperti itu langsung dihapus saja dari daftarnya, ya, Beauty!

 

#3 Menyiapkan Dana Darurat

Selanjutnya, kamu harus menyiapkan anggaran khusus untuk kebutuhan mendadak dan darurat.

Dana ini bisa diambil dari sisa atau lebih pengeluaran yang kamu miliki. Biasanya, dana darurat digunakan apabila kamu jatuh sakit atau hal-hal yang enggak terduga sebelumnya.

Dengan dana darurat ini, kamu juga bisa, kok, terhindar dari utang.

 

#4 Berhenti Berbelanja Kebutuhan Tidak Penting

Berbelanja merupakan salah satu kegiatan yang membuat kita lupa dengan kondisi ekonomi kita, lho, Beauty!

Oleh karena itu, enggak jarang orang-orang sering mengutang karena kebiasaannya membeli barang-barang yang enggak penting tanpa memperhatikan pengeluarannya.

Penggunaan kartu kredit terkadang malah membuat kita menjadi lebih boros, lho!

 

Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Intinya, segala yang berlebihan memang tidak akan membawa kita pada kebaikan.

Oleh karena itu, penting buat kita untuk menyadari dan bisa memisahkan mana-mana saja yang menjadi kebutuhan dan keinginan, sehingga kita tidak perlu terseok-seok memenuhi kewajiban dengan mengajukan pinjaman di sana sini.

 

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan agar menghindarkan kita dari kebiasaan berutang. Apakah kamu punya tips lain yang bisa disebarkan? Yuk, tuliskan di kolom komentar!

Kamu juga bisa membagikan informasi ini kepada teman-temanmu melalui pilihan platform yang tersedia di bawah ini, agar mereka tidak punya kebiasaan buruk ini. Terima kasih.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Finansialku dengan Herstory.co.id. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Herstory.co.id.

 

 

Sumber Referensi: