Sudah tahukah Anda apa jurusan S2 paling langka di Indonesia? Ternyata beberapa di antaranya memberikan iming-iming gaji yang spektakuler?

Simak pembahasan dari rubrik Finansialku berikut ini ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Gelar S2 Paling Langka!

Punya gelar S2 alias master degree bisa jadi bikin harkat martabat seseorang jadi semakin melangit.

Ga hanya kebanggaan, tapi juga standar penghasilan yang juga meningkat, apalagi jika ditambah dengan skill kemampuan seseorang yang mumpuni di bidangnya.

Anyway, kalian tahu ga, dari semua gelar S2 yang ada di Indonesia, ada 5 gelar S2 paling langka dan diantaranya ada yang memberikan iming-iming gaji yang sangat tinggi. Berikut daftar jurusan-jurusan tersebut.

 

#1 Program Studi Teknik Nuklir

Program studi yang pertama yang disebut-sebut masih langka di Indonesia adalah Teknik Nuklir. Bagaimana tidak langka, dikutip dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Program Studi Teknik Nuklir hanya diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir, Yogyakarta.

Epic! Ini 5 Jurusan S2 Paling Langka di Indonesia! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan Dari Sekarang! 10 Tips Agar Anda Menjadi Kandidat Promosi Jabatan]

 

FYI, walaupun gelar dari program studi ini termasuk langka, namun Universitas Gadjah Mada (UGM) telah berhasil mendapat peringkat Akreditasi A di tahun 2018 silam.

 

#2 Program Studi Oseanografi

Program Studi Oseanografi adalah program studi yang menuntut para mahasiswanya untuk belajar berbagai masalah tentang kelautan, dari lingkungan laut, pesisir, eksplorasi sumber daya kelautan serta pengembangan dan juga penerapan rekayasa teknologi kelautan.

Bagi mereka yang suka dengan keanekaragaman hayati kelautan, program studi ini bisa jadi pilihan untuk demi melestarikan dan menjaga kekayaan maritim.

Setidaknya, hanya 4 kampus saja di Tanah Air yang membuka Program Studi Oseanografi. Keempat kampus dengan prodi langka tersebut antara lain seperti Universitas Hang Tuah, Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Bandung (ITB), serta Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut.

Sejak tahun 2015 silam, Universitas Diponegoro (Undip) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) telah lebih dulu menyabet Akreditasi dari BAN-PT dengan nilai Akreditasi A.

 

#3 Program Studi Astronomi

Ilmu astromoni sudah tentu tak asing di telinga kita. Namun, siapa sangka, sebuah program studi yang mempelajari tenang berbagai benda-benda asing di langit ini merupakan salah satu program studi paling langka di Indonesia.

Dilansir dari laman surepedia, ilmu perbintangan atau astronomi  merupakan cabang ilmu alam yang melibatkan pengamatan benda-benda langit, antara lain bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi.

Selain itu, dalam program studi ini juga mempelajari tentang berbagai fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi.

Mereka yang berhasil lulus dari jurusan langka ini akan memiliki peluang untuk melamar pekerjaan di badan astronomi bahkan dalam skala internasional dengan bayaran yang tentu saja bisa geleng-geleng kepala.

Program Studi langka ini ternyata baru ada satu di Indonesia dan hanya hingga kini baru Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berhasil menyelenggarakannya dengan izin dan prestasi penilaian Akreditasi A dari BAN-PT.

Tak tanggung-tanggung, prodi astronomi ini tersedia dari strata 1 tingkat sarjana hingga strata 3 tingkat doktoral.

Setidaknya, ada 3 bidang keahlian dalam program studi ilmu astronomi ini, antara lain Tata Surya, Fisika Bintang, serta Galaksi dan Kosmologi.

Jika kamu tertarik untuk belajar tentang ilmu astronomi dan mungkin ingin bekerja di NASA, kamu bisa mempelajari ilmunya dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (MIPA) di Institut Teknologi Bandung (ITB).

 

#4 Program Studi Batra

Saya sendiri baru mendengarnya, ternyata batra merupakan sebuah program studi yang berhubungan dengan cara pembuatan obat tradisional.

Jadi tahu ya sekarang, ternyata jadi tukang jamu juga harus pintar dan bergelar, kalau tidak, bisa salah kasih obat tradisional nanti ke pasien.

Dalam Program Studi Batra, mahasiswa akan mempelajari bagaimana menciptakan berbagai varian obat herbal tradisional terbaru.

Berdasarkan informasi, penemuan akan obat tradisional baru memiliki gaji yang cukup tinggi dan biasanya ada royalty dari para produsen bagi pencipta obat tersebut. 

Epic! Ini 5 Jurusan S2 Paling Langka di Indonesia! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

 

Program Studi Batra ini diselenggarakan di Politeknik Kesehatan Kemenkes, Surakarta yang masih mengantongi Akreditasi B dari BAN-PT.

Dalam program studi ini, para mahasiswa akan diajarkan bagaimana meracik, menyediakan hingga melakukan penyembuhan serta terapi dengan menggunakan jamu.

Obat-obatan tradisional di Indonesia ternyata memiliki potensi perkembangan yang positif dan mulai dikenal oleh dunia internasional.

Oleh karenanya, Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sedang menggodok pengembangan wisata kebugaran dan jamu yang berpotensi memiliki prospek tidak hanya dalam bidang kesehatan, tetapi juga dalam sektor budaya dan ekonomi.

 

#5 Program Studi Teknik Pengairan

Program Teknik Pengairan merupakan salah satu jurusan langka yang ada di Indonesia karena prodi ini hanya ditemukan di Universitas Brawijaya dimana strata 1 tingkat sarjana telah terakreditasi A, sedangkan strata 2 tingkat pascasarjana baru terakreditasi B oleh BAN-PT.

Program studi ini mempelajari berbagai ilmu teknik sipil dalam hal perencanaan, desain, pengoperasian dan pemeliharaan bangunan yang berkaitan dengan sumber daya air.

 

Mau kuliah tapi bingung siapin dana buat bayar uang semesteran? Konsultasi GRATIS aja dengan Perencana Keuangan Finansialku buat bikin strategi jitu siapin dana kuliah kamu supaya bisa tercapai. Konsultasikan lewat aplikasi Finansialku yang bisa kamu dapatkan pada tombol di bawah ini!

playstore icon
appstore icon

 

Sebenarnya, seberapa penting sih perencanaan dana pendidikan? Simak yuk penjelasan dari Finansialku berikut ini!

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Itu dia 5 gelar S2 langka yang ada di Indonesia. Jurusan manakah yang kira-kira baru kamu dengar pertama kali?

Berikan tanggapan, komentar dan saranmu pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Kamu juga dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Rahmadila Eka Putri. 19 Maret 2018. Langka! 8 Jurusan S2 Ini Cuma Satu-satunya di Indonesia. Idntimes.com – https://bit.ly/3dML1Em
  • Fitria Aisyah. 13 Maret 2019. 5 Program Studi Langka yang Ada di Indonesia. Rencanamu.id – https://bit.ly/3f1No6v
  • Ayunda Pininta Kasih. 16 Januari 2020. Deretan Prodi “Langka” di Indonesia, dari Nuklir hingga Jamu. Edukasi.kompas.com – https://bit.ly/2Yj3Eci
  • Admin. 13 Desember 2017. 9 Jurusan Paling Langka Dengan Prospek Gaji Luar Biasa. Serupedia.com – https://bit.ly/3cJ0kg4
  • Departemen Teknik Nuklir & Teknik Fisika Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.  Tf.ugm.ac.id – https://bit.ly/2BPux0b

 

Sumber Gambar:

  • Jurusan S2 01 – https://go.aws/2UKISS8
  • Jurusan S2 02 – https://bit.ly/2YF3RHj
  • Jurusan S2 03 – https://bit.ly/2N3VQWV