[Kalkulator] Simulasi Kredit Mobil Bekas dan Mobil Baru

Bagaimana simulasi kredit mobil bekas dan mobil baru? Banyak orang memerlukan sebuah mobil untuk mendukung segala aktivitas dan beragam kegiatan lain yang dilakukan di luar rumah. Setiap orang tentu akan memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda-beda dalam membeli sebuah mobil. Namun, sebagaimana aturan yang dianjurkan oleh para ahli keuangan, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah menyesuaikan kebutuhan tersebut dengan kemampuan keuangan yang kita miliki. Banyak orang yang memaksakan diri untuk membeli sebuah mobil idaman di luar kemampuan keuangannya dan sudah bisa dipastikan bila hal tersebut akan membawa dampak negatif serta berbagai masalah di dalam keuangan mereka di hari yang akan datang. Untuk itu, kita patut memikirkan dan melakukan perhitungan yang cermat sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mobil.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Simulasi Kredit Mobil

Berikut ini Finansialku menyiapkan simulasi kredit mobil, untuk membantu Anda melakukan perhitungan cermat sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mobil.

Coba widget ini!

[Kalkulator] Simulasi Kredit Mobil Bekas dan Mobil Baru 03 - Finansialku

 

Mobil adalah aset yang mengalami depresiasi atau penyusutan nilai dari tahun ke tahun. Mobil berbeda dengan rumah atau tanah, yang cenderung mengalami kenaikan harga dari waktu ke waktu.

Ketika Anda akan membeli mobil secara kredit, salah satu hal utama yang wajib diperhitungkan adalah besarnya bunga serta cicilan per bulan. Cicilan dan bunga kredit harus disesuaikan dengan kondisi keuangan kita.

[Kalkulator] Simulasi Kredit Mobil Bekas dan Mobil Baru 02 - Finansialku

[Baca Juga: Risiko Kecelakaan Maut di Jalan Raya? Pertimbangkan Asuransi Mobil Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga]

 

Kredit Mobil Bank atau Leasing?

Semakin banyaknya peminat untuk melakukan pembelian mobil, maka lembaga-lembaga pembiayaan kredit pun juga semakin banyak bermunculan. Dari bank hingga leasing yang sudah sangat menjamur dapat dijadikan pilihan untuk mengajukan kredit pembelian mobil. Nah, dari sekian banyaknya pilihan tersebut membuat kebanyakan orang bingung menentukan lembaga mana yang harus dipilih untuk bisa mendapatkan kredit mobil yang terbaik dan menguntungkan serta memberikan kredit mobil murah dengan DP ringan.

Persamaan antara kredit bank dan leasing adalah sama-sama mensyaratkan DP minimal 30% dari harga jual mobil yang sudah disepakati antara penjual dan pembeli. Ketentuan ini sudah diatur oleh Bank Indonesia yang tercantum dalam Surat Edaran Ekstern Nomor: 14/10/DPNP tanggal 15 Maret 2012 tentang Penerapan Manajemen Risiko pada Bank yang Melakukan Pemberian Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) yang menetapkan uang muka minimal 30% untuk pembelian kendaraan bermotor roda empat non produktif. Meskipun demikian masih ada seluk beluk dari kedua lembaga pembiayaan kredit ini yang memiliki perbedaan serta kekurangan dan kelebihan yang dapat Anda jadikan pedoman untuk mengambil kredit mobil.

Siapkan Asuransi Mobil, Asuransi Perjalanan, dan Asuransi Kecelakaan Diri Sebelum Mudik 01 - Finansialku

[Baca Juga: Siapkan Asuransi Mobil, Asuransi Perjalanan, dan Asuransi Kecelakaan Diri Sebelum Mudik]

 

#1 Kredit melalui Bank

Bagi Anda yang akan mengambil kredit di bank, maka Anda akan menerima suku bunga yang lebih rendah daripada saat Anda mengambil di leasing. Ini tentu saja akan sangat sesuai untuk Anda yang menginginkan kredit mobil murah DP ringan. Terlebih apabila Anda memiliki uang tunai lebih, Anda bisa melunasi sebagian utang pokok dalam waktu tertentu. Cara ini akan mengurangi beban angsuran setiap bulannya.

Sedangkan kekurangan dari kredit melalui bank ini adalah prosesnya yang lama dan rumit dibandingkan jika Anda mengajukan di leasing. Selain itu, Anda sebagai debitur masih harus mengurus semua dokumen yang disyaratkan seperti slip gaji, surat keterangan domisili, akta kelahiran, kartu keluarga, dan lainnya.

Saat pengajuan dokumen lengkap, biasanya pihak bank masih harus mengirimkan wakilnya untuk melakukan survei. Mereka akan menilai status layak atau tidak calon konsumen mendapatkan kredit. Mereka tidak hanya sekadar bertanya dan melakukan wawancara kepada Anda namun mereka juga akan meneliti berkas-berkas tagihan seperti listrik, PDAM, sampai kartu kredit.

 

#2 Kredit melalui Leasing

Pilihan melalui leasing juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Mengajukan kredit melalui leasing ini akan membuat Anda mendapatkan kredit dengan lebih cepat dan mudah, malah tidak jarang Anda sebagai debitur atau calon konsumen mereka akan diperlakukan dengan istimewa. Proses yang mudah dan cepat di leasing ini disebabkan oleh adanya staf leasing yang membantu Anda dalam keseluruhan prosesnya. Anda tidak perlu bolak-balik ke dealer untuk mengurus semua persyaratan karena semuanya akan dikerjakan oleh petugas leasing.

Meski semua proses dapat berlangsung dengan cepat dan mudah, tetapi mengajukan kredit di leasing membuat Anda harus membayar suku bunga yang lebih tinggi daripada bank. Biaya lain yang harus Anda tanggung saat pengambilan kredit di leasing adalah biaya fidusia, biaya asuransi dan juga biaya provisi. Biaya asuransi ini memang akan bersifat wajib karena pihak leasing berkepentingan dengan mobil yang kita miliki untuk menghindari risiko seperti hilang atau rusak karena kecelakaan. Dengan adanya asuransi, maka pihak asuransi akan mengganti nilai mobil yang hilang atau rusak tersebut ke pihak leasing dahulu, baru ke konsumen bila nilai itu ada sisanya.

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia?]

 

Berikut ini contoh untuk Kredit Kendaraan Bermotor

Bila Anda ingin membeli mobil Toyota Agya varian 1.0 G M/T dengan harga OTR Rp131.500.000 maka dengan uang muka 30% dan sanggup melunasi dalam 2 tahun atau 24 bulan maka berikut ini perbedaan antara kredit kendaraan Bank (Simulasi KKB BCA) dan Leasing (Simulasi OTO Finance)

Hasil Simulasi BCA Finance:

Uang Muka (DP) (Rp): 39.450.000
Angsuran per bulan (Rp)  : 4.133.100
Total Pembayaran pertama (Rp): 43.583.100

 

Sedangkan hasil simulasi OTO Finance:

Uang Muka (DP) (Rp) : 39.450.000
Total Asuransi (Rp)   : 7.195.680
Angsuran per bulan (Rp) : 4.631.465,07
Total Pembayaran pertama: 51.277.145,07

 

Disclaimer: Penyebutan merek hanya bertujuan untuk media edukasi dan pembelajaran kepada para pembaca, bukan untuk keperluan lain.

 

Untuk total pembayaran terjadi perbedaan karena adanya perbedaan antara biaya proses pembiayaan, biaya asuransi (biasanya leasing hanya TLO, sedangkan bank bisa comprehensive dan TLO), biaya polis, dan proteksi kredit juga biaya lainnya.

(Perhitungan diatas merupakan simulasi dan tidak mengikat)

Cara Melindungi Diri dengan Asuransi Jiwa dan Asuransi Mobil bagi Anda yang Sering Pergi dengan Mobil Pribadi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Melindungi Diri dengan Asuransi Jiwa dan Asuransi Mobil bagi Anda yang Sering Pergi dengan Mobil Pribadi]

 

Perbedaan Kredit Mobil Bekas dan Mobil Baru

Saat ini pengajuan kredit kendaraan tidak hanya terbatas pada mobil yang masih dalam kondisi baru saja, mobil dalam kondisi bekas pun bisa diajukan ke dalam kredit tersebut. Ini tentu menjadi sebuah keuntungan dan juga kemudahan dalam memiliki sebuah mobil, terutama bagi yang hanya memiliki sejumlah dana yang terbatas untuk hal tersebut.

Berikut ini beberapa poin mengenai perbedaan antara kredit mobil bekas dan mobil baru sebagai bahan pertimbangan Anda.

 

#1 Besaran Suku Bunga

Dalam mengucurkan dana kredit, baik bank maupun lembaga jasa keuangan akan mempertimbangkan berbagai risiko yang akan mereka tanggung atas pengajuan kredit tersebut. Kredit mobil bekas tentu memiliki sejumlah risiko lebih tinggi bagi mereka, sehingga bisa saja bank atau lembaga jasa keuangan menerapkan sejumlah bunga yang lebih tinggi pada kredit mobil bekas.

 

#2 Besaran Uang Muka

Besaran uang muka ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap kisaran harga dari mobil yang akan Anda beli. Jika Anda bermaksud membeli mobil baru biasanya harga beli tentu lebih mahal, maka uang muka untuk kredit akan lebih besar. Pengajuan kredit mobil bekas bisa menjadi pilihan utama bagi Anda yang hanya memiliki sejumlah dana yang cukup terbatas.

 

#3 Garansi

Mengajukan kredit mobil dalam kondisi baru, tentu akan membawa pulang mobil beserta dengan garansi yang masih berlaku. Adanya garansi tersebut akan membuat Anda lebih nyaman dan tenang. Hal seperti ini tentu tidak akan Anda dapatkan ketika Anda membeli mobil dalam kondisi bekas, terutama jika tahun produksinya telah cukup lama. Namun, Anda bisa melindungi mobil bekas Anda dengan membeli polis asuransi kendaraan bagi mobil tersebut.

punya-mobil-baru-kenali-manfaatnya-asuransi-mobil-sebelum-membelinya-01-finansialku

[Baca Juga: Punya Mobil Baru? Kenali Manfaat Asuransi Mobil Sebelum Membelinya]

 

#4 Harga Jual Kembali yang Lebih Kompetitif

Membeli sebuah mobil dalam kondisi baru, akan menimbulkan sejumlah risiko penurunan harga yang cukup signifikan ketika Anda berniat untuk menjualnya kembali di masa yang akan datang. Tetapi jika Anda membeli sebuah mobil dalam kondisi bekas dan kemudian berniat untuk menjualnya kembali, maka Anda hanya akan mengalami penurunan harga yang rendah dan masih dalam kategori tidak merugikan.

 

#5 Kondisi Mobil dan Biaya Perawatan

Mobil baru tentu membuat Anda merasa tenang dan nyaman, sebab kondisi keseluruhan mobil masih dalam keadaan prima. Dan biasanya Anda tidak mengeluarkan biaya perawatan rutin selama beberapa bulan pertama, sebab ada layanan gratis dari pihak produsen. Namun jika Anda membeli mobil dalam kondisi bekas, maka besar kemungkinan Anda mendapatkan mobil yang sudah tidak begitu mulus dan bisa saja memiliki masalah pada beberapa bagian. Jadi, pada saat melakukan pembelian sebaiknya Anda memeriksa secara detail mobil bekas tersebut.

 

#6 Premi Asuransi

Ketika memiliki sebuah mobil, maka sudah sewajarnya jika Anda memikirkan untuk membeli asuransi sebagai bentuk perlindungan. Hal ini biasanya telah diikutsertakan sekaligus pada saat pengajuan kredit Anda lakukan. Besaran premi asuransi yang akan dikenakan pada mobil dalam kondisi bekas, tentu akan lebih besar jika dibandingkan dengan premi asuransi mobil baru.

anda-pemilik-mobil-ketahui-cara-klaim-asuransi-mobil-korban-banjir-finansialku

[Baca Juga: Anda Pemilik Mobil, Ketahui Cara Klaim Asuransi Mobil Korban Banjir]

 

Kredit Mobil Bisa Jadi Solusi

Pembelian mobil secara kredit, bisa Anda jadikan sebagai solusi dalam memenuhi kebutuhan Anda akan sebuah kendaraan pribadi dengan sejumlah dana yang terbatas. Namun sangat penting untuk mencermati kebutuhan Anda dan juga menyesuaikan dengan keuangan yang Anda miliki. Baik kredit mobil bekas ataupun baru, keduanya akan memberikan keuntungan bagi Anda, tentunya jika Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal atas pengajuan kredit yang akan Anda lakukan tersebut.

 

Apakah Anda sudah mempertimbangkan dengan saksama mengenai pilihan Anda dalam mengambil kredit mobil? Berikan komentar Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Widget Kalkulator Kredit. Finansialku.com – https://goo.gl/uuB4Gg
  • Duit Pintar. 20 Februari 2015. Beli Mobil Kredit Rugi, Ah Masak Iya Sih? Duitpintar.com – https://goo.gl/xq4LLs
  • Cermati. 2 Maret 2017. Beli Mobil Secara Kredit Rugi, Benarkah? Cermati.com – https://goo.gl/xMso2t
  • Cermati. 29 Agustus 2016. Kredit Mobil, Mau Pilih Di Bank Atau Leasing? Cermati.com – https://goo.gl/8kRQdX
  • Jagan. 30 Mei 2014. Plus Minus Kredit Mobil di Leasing dan Bank. Duitpintar.com – https://goo.gl/QNH2YR
  • Cermati. 28 Juni 2016. Perbedaan Kredit Mobil Bekas dan Kredit Mobil Baru. Cermati.com – https://goo.gl/4ub9mC

 

Sumber Gambar:

  • Kredit Mobil – https://goo.gl/wmBPK9 dan https://goo.gl/4wIQ40

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-06-06T22:17:58+00:00 May 30th, 2017|Categories: Kredit Kendaraan Bermotor, Utang|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download