Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian ciptakan ‘kalung anti corona’ dan akan mulai produksi pada Agustus mendatang.

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Kalung Anti Corona Berbahan Tanaman Eucalyptus

Pemerintah Indonesia masih berupaya melawan penyebaran virus corona atau Covid-19 yang dapat dibilang masih belum beres seutuhnya. Sebab, sampai saat ini para ahli kesehatan masih bekerja keras menemukan vaksinnya.

Sementara itu, langkah pencegahan terus dilakukan salah satunya dengan memproduksi massal kalung ‘antivirus’ corona.

Menurut berita yang tersebar, kalung ‘antivirus’ corona buatan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementan akan diproduksi massal pada bulan Agustus mendatang.

 

Produk yang berbasis tanaman atsiri (eucalyptus) ini diklaim sebagai ‘antivirus’ Corona dan telah dipatenkan oleh Balitbangtan.

“Ini antivirus hasil Balitbangtan, eucalyptus, pohon kayu putih. Dari 700 jenis, 1 yang bisa mematikan Corona hasil lab kita dan hasil lab ini untuk antivirus, dan kita yakin. Bulan depan ini sudah dicetak, diperbanyak,” kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sebagaimana mengutip dari Detikcom, Minggu (05/07)

Lebih lanjutnya, Syahrul mengungkapkan, pemakaian kalung ‘antivirus’ ini selama 15 menit bisa membunuh 42% virus corona. Sementara, jika pemakaiannya 30 menit maka dapat membunuh 80% virus corona.

Pemerintah Bakal Produksi Kalung Anti Corona, Efektifkah_ 02

[Baca Juga: Sederet Asuransi CORONA yang Bisa COVER Kamu]

 

Selain kalung tersebut, Kementan juga telah membuat minyak eucalyptus yang dikemas dalam bentuk roll on atau model oles ke bagian luar tubuh.

“Ini sudah dicoba. Jadi ini bisa membunuh, kalau kontak 15 menit dia bisa membunuh 42% dari Corona. Kalau dia 30 menit maka dia bisa 80%. Ini ada roll-nya. Kalau kita kena iris pisau, berdarah, kasih ini bisa tertutup lukanya,” terang Syahrul masih dari laman yang sama.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK, Achsanul Qosasi, mempertanyakan kebenaran khasiat kayu putih untuk membasmi virus corona.

Lebih dari itu, melansir dari Kumparan, dia juga menyinggung soal tak dilibatkannya BUMN bidang farmasi dalam produksi kalung antivirus corona tersebut.

“Ini serius? Mohon para ilmuwan hebat berikan pendapatnya. Kok Kementan? Kenapa bukan Biofarma? Perusahaan vaksin milik Negara terhebat se-Asia (yang memproduksi),” tanya Achsanul seperti dikutip dari akun twitter pribadinya.

Terkait kebenaran khasiat kayu putih untuk menangkal virus corona, dia menyarankan Kementan berkonsultasi ke Biofarma. Supaya dapat dibedakan antara obat atau jimat.

“Minimal tanya-lah ke Biofarma. Ini obat apa jimat?” pungkas Anggota BPK itu.

Untuk diketahui, produk antivirus ini sebelumnya diklaim telah memperoleh hak paten.

Antara lain Formula Aromatik Antivirus Berbasis Minyak Eucalyptus, Ramuan Inhaler Antivirus Berbasis Eucalyptus dan Proses Pembuatannya, serta Ramuan Serbuk Nanoenkapsulat Antivirus Berbasis Eucalyptus.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Asuransi Kesehatan Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

Kasus Sembuh Virus Corona

Kasus Covid-19 di dunia telah mencapai angka 11.271.021.

Dari jumlah tersebut, 6.978.878 kasus adalah closed cases atau sudah selesai. Sedangkan, 4.407.989 kasus adalah active cases atau kasus yang masih aktif.

Dari 6.978.878 closed cases, 6,445,259 di antaranya adalah kasus sembuh. Angka tersebut mencapai 92 persen dari closed cases.

Sedangkan, 533,619 kasus atau 8 persen lainnya adalah meninggal dunia.

Data ini sesuai dengan catatan worldmeters.info per Minggu (05/07) pukul 13.47 WIB.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel di atas lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Vadhia Lidyana. 04 Juli 2020. RI Bikin Kalung ‘Antivirus’ Corona, Produksi Massal Bulan Depan. Finance.detik.com – https://bit.ly/3iDknRl
  • Hana Adi Perdana. 04 Juli 2020. Bakal Diproduksi Massal, Kalung Anti Corona Berbahan Eucalyptus. Idntimes.com – https://bit.ly/2ZxFHig
  • Sania Mashabi. 04 Juli 2020. Kementan Sebut Kalung Eucalyptus sebagai Antivirus Corona, Ini Tanggapan IDI. Kompas.com – https://bit.ly/38rCJ2I
  • Wendiyanto Saputro. 04 Juli 2020. Anggota BPK soal Kalung Antivirus Corona dari Kementan: Ini Obat Apa Jimat? Kumparan.com – https://bit.ly/3e0Y7gr
  • Vincent Fabian Thomas. 04 Juli 2020. Mentan SYL: ‘Kalung Anti COVID-19’ Diproduksi Massal Agustus 2020. Tirto.id – https://bit.ly/2VLsuBt

 

Sumber Gambar:

  • Kalung Anti Corona 01 – https://bit.ly/31ShFkZ
  • Kalung Anti Corona 02 – https://bit.ly/2ZBvbXq