Apakah Anda sudah menjadi manusia yang sepenuhnya merdeka? Merdeka dan bebas untuk melakukan apa pun yang Anda mau, apa pun yang Anda suka tanpa pusing memikirkan uang?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Menjadi Manusia yang Merdeka, Bebas dari Masalah Uang

Apakah Anda pernah mendengar istilah financial freedom atau kebebasan keuangan? Istilah tersebut dipopulerkan oleh seorang penulis dan penasehat keuangan di Amerika bernama Robert T. Kiyosaki. Beliau menuliskan idenya mengenai uang dalam buku berjudul Rich Dad Poor Dad. Salah satu pemikirannya adalah kenapa banyak manusia terjebak dalam cara pikir uang yang salah.

Kami teringat dengan pembahasan Kebebasan Keuangan atau Financial Freedom. Berikut ini sebuah kata bijak dari Robert T. Kiyosaki mengenai kebebasan atau freedom:

 

English

Freedom means having regular passive income to spend your time and money how you please without a job or a worry.

Robert T. Kiyosaki

 

Kapan Mau Jadi Manusia yang Merdeka, Lepas dari Masalah Uang - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 50 Nasehat Keuangan dari Robert T. Kiyosaki]

 

Indonesia

Kebebasan berarti memiliki pendapatan pasif yang regular, sehingga Anda dapat menghabiskan waktu dan uang tanpa kecemasan.

Robert T. Kiyosaki

 

Salah satu ide yang Beliau sampaikan mengenai keuangan adalah bagaimana cara seseorang menambah sumber penghasilan dan menkonversi sumber penghasilannya. Dari zaman dahulu (zaman industri) hingga sekarang (zaman teknologi dan data), kita mendapat pendidikan bahwa penghasilan hanya berasal dari penghasilan aktif.

 

KamusPenghasilan aktif adalah penghasilan yang kita dapatkan, karena kita menukarkan waktu, tenaga, pikiran dan usaha kita dengan uang. Jadi jika tidak bekerja maka kita tidak akan mendapatkan penghasilan.

 

Robert T. Kiyosaki datang untuk memberitahu bahwa penghasilan tidak hanya berasal dari penghasilan pasif. Ada jenis penghasilan lain yang seharusnya dapat dioptimalkan oleh setiap orang (yang tahu caranya dan mau menjalankannya), yaitu penghasilan investasi dan penghasilan pasif.

 

KamusPenghasilan investasi adalah penghasilan yang kita dapatkan, karena UANG kita bekerja untuk menghasilkan pemasukan untuk kita.

 

Contoh penghasilan investasi adalah hasil investasi dari reksa dana, investasi saham, deposito, logam mulia dan sebagainya. Contoh yang paling sederhana adalah orang-orang yang hidup dari deposito. Misal Pak Ronald ingin hidup hanya dari bunga deposito bank. Saat ini pengeluaran Pak Ronald adalah Rp 10.000.000 per bulan dan bunga deposito setelah pajak sebesar 4% per tahun. Maka Pak Ronald harus memiliki deposito sebesar Rp 3 Miliar agar dapat hidup dari bunga deposito.

[Baca Juga: Karyawan Juga Bisa Kaya dengan Cara Ini]

 

Selain penghasilan aktif dan penghasilan investasi, ada juga yang namanya penghasilan pasif.

KamusPenghasilan pasif adalah penghasilan yang kita dapatkan, karena aset kita bekerja menghasilkan pemasukan.

 

Penghasilan pasif bukan hal yang aneh lho, misal penulis buku mendapat keuntungan dari royalty. Penulis lagu mendapat keuntungan dari royalti. Pemilik rumah mendapatkan keuntungan dari sewa rumah, pemilik waralaba mendapatkan keuntungan dari bisnis waralaba dan lain sebagainya. Intinya ada asset yang bekerja dan mendatangkan pemasukan untuk Anda. Bagaimana cara untuk mencapai kebebasan keuangan, versi Anda?

[Baca Juga: 10 Cara untuk Mencapai Kebebasan Keuangan, yang Harus Anda Ketahui]

 

Kebebasan Keuangan Bukan Hal yang Mudah, Tetapi Bukan Hal Mustahil untuk Dicapai

Setelah Anda tahu cara-cara untuk mencapai kebebasan keuangan, Anda perlu tekun menjalankannya. Mulai dari bekerja untuk menghasilkan pendapatan aktif. Kelola penghasilan yang Anda miliki agar tidak habis semua untuk kebutuhan-kebutuhan konsumtif.

[Baca Juga: Jangan Sisihkan Penghasilan Anda untuk Menabung dan Berinvestasi]

 

Setelah itu milikilah rencana keuangan (financial plan), agar jalan Anda menuju kebebasan keuangan semakin jelas dan terarah. Bergeraklah untuk mendapatkan penghasilan dari investasi dan terakhir bangun penghasilan pasif. Ketika seseorang sudah memiliki pendapatan pasif secara reguler, orang tersebut dapat dikatakan sudah bisa bebas keuangan dan menjadi manusia yang merdeka.

Apakah perjalanan menuju kebebasan keuangan itu sulit? Ya harus diakui kebebasan keuangan bukanlah hal yang mudah, butuh kerja keras, waktu dan konsistensi tinggi. Namun kebebasan keuangan bukanlah hal yang mustahil. Siapa pun dapat mencapainya asalkan mereka mau memperjuangkannya. Anda pun juga tentunya mau kan, bisa bebas secara keuangan?

 

Apakah Anda pernah terpikir untuk hidup bebas tanpa harus khawatir dengan permasalahan keuangan? Jika ya bagaimana cara Anda melakukannya?

 

Sumber

  • Online store – https://goo.gl/YJUBbg

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang