Kapan ya perusahaan saya memberikan bonus tahunan karyawan?

Pertanyaan tersebut sering muncul di benak para karyawan. Pemberian bonus memang merupakan salah satu hal yang sangat diharapkan. Akan tetapi, semuanya ada waktunya. Anda harus mengetahui kapan perusahaan memberikan bonus tahunan pada karyawannya.

Agar tidak menimbulkan kesalahpahaman, cari tahu jawabannya dalam artikel berikut ini, yuk!

 

Kapan Bonus Tahunan Karyawan Dibayarkan Perusahaan?

Tidak seteratur gaji, pemberian bonus tahunan memiliki waktunya masing-masing. Artinya, pemberian bonus tergantung banyak hal, seperti kebijakan perusahaan, kondisi perusahaan, dan perjanjian kerja.

Bonus bukan merupakan bagian dari gaji. Akan tetapi, bonus merupakan pembayaran yang diterima karyawan dari hasil keuntungan perusahaan atau karena pekerja menghasilkan hasil kerja lebih besar dari target produksi yang normal.

Sifatnya pun tidak wajib. Karena hal tersebutlah, banyak karyawan yang sering bertanya-tanya kapan mendapatkan bonus. Baca juga apakah perusahaan wajib memberikan bonus.

Mengenai waktu pemberian bonus oleh perusahaan, waktunya tidak tentu. Hal ini tergantung dengan jenis bonusnya. Ada dua jenis bonus yang dibedakan berdasarkan sifatnya, yaitu:

 

#1 Bonus yang Bersifat Tetap

Bonus yang sifatnya tetap artinya sudah disepakati bersama di surat perjanjian. Contohnya, THR, bonus tengah tahun, atau bonus akhir tahun. Biasanya, jumlah besaran bonus tetap adalah 1x dari jumlah gaji pokok. Baca juga cara perhitungan pajak dan bonus THR.

Pemberian bonus ini pun menyeluruh. Artinya, setiap karyawan di suatu perusahaan mendapatkan bonus ini.

Waktu pemberiannya pun sudah ditetapkan. Misalnya, THR diberikan di H-7 sebelum hari raya. Bonus tengah tahun diberikan pada pertengahan tahun, yaitu bulan Juli. Bonus akhir tahun diberikan pada bulan Januari.

Akan tetapi, tidak semua perusahaan memberikan bonus tengah tahun dan bonus akhir tahun. Biasanya, bonus yang wajib diberikan adalah THR.

Oleh karena itu, Anda harus bersyukur jika perusahaan Anda memberikan ketiga jenis bonus tersebut. Pasalnya, tidak semua perusahaan memberikan ketiga bonus tersebut.

Yuk, Ketahui Kapan Perusahaan Berikan 02- Finansialku

[Baca Juga: Kalau Dapat Bonus Tahunan Nanti, Enaknya Buat Apa, Ya?]

 

Selain bersyukur, Anda juga perlu usaha untuk mewujudkan tujuan keuangan Anda supaya bonus yang Anda dapatkan bisa lebih bermanfaat. Caranya, Anda harus bisa mengelola keuangan dengan baik.

Nah, buat Anda yang bekerja, audiobook Finansialku berikut dapat memberikan insight bagaimana mengatur keuangan sebagai karyawan.

banner -Manajemen Keuangan untuk Karyawan Swasta-01 (1)

 

#2 Bonus yang Bersifat Tidak Tetap

Bonus tidak tetap diberikan untuk karyawan yang berprestasi. Hal ini dilakukan oleh perusahaan sebagai reward (hadiah) atas kerja keras karyawan tersebut, sehingga perusahaan bisa berkembang.

Bonus jenis ini jumlahnya tidak tetap. Artinya, setiap karyawan bisa jadi mendapatkan jumlah yang berbeda dengan karyawan dari departemen lainnya. Atau, setiap tahun jumlahnya berbeda karena tergantung performa perusahaan dengan kebijakan perusahaan.

Waktu pemberiannya pun tidak menentu. Beberapa perusahaan memberikan bonus setiap bulan, biasanya di akhir bulan ketika tutup buku setiap bulannya. Namun, ada juga yang memberikannya setiap akhir tahun atau awal tahun.

Apabila perusahaan Anda menerapkan bonus yang bersifat tidak tetap seperti ini, Anda harus memanfaatkan bonus dengan sebaik mungkin. Karena pemberiannya tidak tentu, jadi tidak ada jaminan Anda mendapatkan jumlah sebesar sebelumnya.

 

Apakah Bonus Tahunan Karyawan Bebas Pajak?

Penghasilan yang diterima karyawan seperti gaji, bonus, tunjangan, dan sebagainya terkena pajak. Termasuk bonus tahunan yang Anda dapatkan. Tentu saja tidak bebas pajak.

Supaya Anda tidak memiliki mindset yang salah, akan lebih baik jika Anda mengenali aturan pajak terlebih dahulu.

Dengan memahami aturan pajak, Anda dapat terhindar dari kesalahan yang bisa mengakibatkan kendala kurang bayar saat mengisi SPT tahunan. Yuk, tonton videonya di bawah ini!

 

Bonus tahunan merupakan objek pajak penghasilan. Hal ini diatur dalam PPh Pasal 21 sesuai peraturan berlaku.

Pasal tersebut mengatur bahwa pemotongan pajak atas penghasilan sehubungan dengan pekerjaan, jasa, atau kegiatan dengan nama dan dalam bentuk apa pun yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak Orang Pribadi dalam negeri, wajib dilakukan oleh pemberi kerja yang membayar gaji, upah, honorarium, tunjangan, dan pembayaran lain sebagai imbalan sehubungan dengan pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai atau bukan pegawai.

Berdasarkan pasal tersebut, pajak dibayarkan oleh perusahaan tempat kita bekerja.

Oleh karena itu, bonus tahunan yang kita terima biasanya sudah dipotong pajak. Perusahaanlah yang membayar ke Dirjen Pajak.

 

Menunggu Bonus Tahunan

Kini, Anda sudah mengetahui kapan saja bonus tahunan diberikan. Memang, bonus tahunan menjadi salah satu hal yang diharapkan oleh para karyawan. Walau waktu pemberiannya masih lama, Anda harus tetap semangat bekerja.

Semangat Anda dalam bekerja bisa mempengaruhi performa perusahaan. Jika performanya baik, bukan hanya perusahaan yang beruntung. Anda pun ikut beruntung karena ada kemungkinan bonus menghampiri Anda.

Yuk, Ketahui Kapan Perusahaan Berikan 03 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Cara Menggunakan Bonus Dalam Mencapai Kebebasan Keuangan]

 

Selain itu, sambil menunggu bonus tahunan cair, Anda bisa mengecek terlebih dahulu kesehatan keuangan Anda. Seperti halnya tubuh, kondisi keuangan pun harus dicek.

Di mana Anda bisa mengecek kesehatan keuangan Anda? Anda dapat mengeceknya di Aplikasi Finansialku!

Aplikasi Finansialku memiliki beberapa fitur yang berguna bagi pengelolaan keuangan Anda. Salah satunya fitur Financial Health Check Up. Anda hanya perlu mengisi beberapa data yang diperlukan.

Caranya pun sangat mudah. Penasaran? Yuk segera coba.

Jika Anda belum memiliki Aplikasi Finansialku, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di Google Play Store dan App Store, loh!

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Dengan mengecek kesehatan keuangan, Anda bisa mengetahui apakah kondisi keuangan Anda ideal atau tidak.

Bonus tahunan yang Anda dapatkan bisa digunakan untuk berinvestasi atau memenuhi hal-hal penting lainnya. Investasi terlebih dahulu, baru belanja. Dengan menerapkan hal tersebut, kesehatan keuangan Anda bisa membaik.

Apabila Anda membutuhkan konsultasi lebih lanjut, perencana keuangan Finansialku yang kompeten dan bersertifikasi siap membantu Anda.

Jangan tunda-tunda pengecekan kesehatan keuangan Anda! Lakukan sekarang, sebelum terlambat.

 

Bagi Anda yang mengharapkan bonus tahunan dari perusahaan, informasi ini sangat bermanfaat. Sekarang, Anda sudah mengetahui kapan perusahaan memberikan bonus tahunan.

Jangan lupa sebarkan artikel ini pada rekan kerja Anda supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman. Terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/3qsK0H3
  • https://bit.ly/3rx5FPD
  • https://bit.ly/3rua71N