Kapan Waktu yang Tepat untuk Anda Mulai Merencanakan Dana Pensiun?

Pernahkah Anda terpikir kapan harus mulai merencanakan dana pensiun? Setiap karyawan maupun wirausahawan pasti ingin untuk pensiun dan menikmati hari tuanya. Anda perlu merencanakan dana pensiun pada periode yang tepat agar Anda dapat menikmati hari tua tanpa khawatir mengenai keuangan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apa yang Dimaksud Waktu yang Tepat?

Merencanakan dana pensiun pada dasarnya bukanlah hal yang sulit dilakukan, hanya saja tidak semua orang dapat melihat manfaatnya sejak dini. Banyak orang yang merasa tidak perlu repot-repot merencanakan hari tua karena merasa masih memiliki puluhan tahun untuk sampai pada tahap pensiun, nyatanya waktu berjalan dengan sangat cepat. Tanpa terasa waktu berlalu tahun demi tahun dan akhirnya Anda sadar bahwa Anda telah terlambat untuk merencanakan dana pensiun Anda.

 kapan-waktu-yang-tepat-untuk-anda-mulai-merencanakan-dana-pensiun-2-finansialku

[Baca Juga : Mengapa Perlu Perencanaan Dana Hari Tua]

 

Mari kita bahas kapan waktu yang tepat untuk merencanakan dana hari tua Anda dan apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkannya.

 

The Best is Now

Jawaban yang paling tepat bagi setiap orang untuk pertanyaan di atas adalah ‘sekarang’. Berapa pun usia Anda saat ini, waktu yang paling tepat untuk merencanakan dana pensiun bagi Anda adalah sekarang. Jika Anda adalah seorang first jobber, sangat baik jika Anda sudah merencanakan dana pensiun Anda sejak sekarang, tetapi jika Anda seorang pegawai yang berusia 30 tahun dan sudah bekerja selama 8 tahun, artinya Anda sudah terlambat untuk merencanakannya.

Bagi Anda yang sudah terlanjur terlambat, jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan ‘kapan’ tetaplah ‘sekarang’. Anda perlu memahami bahwa semakin dini Anda menyadari pentingnya merencanakan dana pensiun maka akan semakin baik.

 

Hasil Investasi Reksa Dana & Pendapatan Pasif untuk Dana Pensiun - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Dana Pensiun di Indonesia]

 

Setiap tahun dalam kehidupan berkarir Anda sangatlah berarti karena ada konsep yang disebut Time Value of Money. Uang yang Anda miliki saat ini akan memiliki nilai yang berbeda satu tahun ke depan. Setiap tahunnya uang Anda akan mengalami penurunan nilai yang disebabkan oleh inflasi, sementara harga barang-barang akan semakin meningkat setiap tahunnya. Inilah alasan mengapa Anda harus merencanakan dana pensiun Anda sejak dini.

Setiap tahun uang yang Anda investasikan akan berbunga, kemudian hasilnya akan berbunga lagi pada tahun berikutnya. 1 tahun saja keterlambatan investasi di masa sekarang akan menghasilkan perbedaan yang signifikan 20 tahun ke depan.

Jika Anda adalah seorang awam yang tidak mengerti cara merencanakan keuangan, tentu Anda perlu berkonsultasi dengan para ahli perencanaan keuangan untuk menghitung berapa kebutuhan dana pensiun Anda. Untungnya ada solusi yang mudah bagi Anda untuk menjawab permasalahan ini. Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk mengetahui berapa dana yang Anda butuhkan untuk menunjang hari tua Anda beserta berapa dana yang harus Anda tabung dari sekarang.

 

Para_Istri_Mau_Bantu_Suami_Nabung

[Baca Juga : Para Istri Mau Bantu Suami Nabung buat Pensiun Gini Caranya]

 

Anda cukup memasukkan informasi yang dibutuhkan di formulir perhitungan dana pensiun dan aplikasi Finansialku akan menghitung dengan otomatis setiap kebutuhan Anda.

Berikut ilustrasi perbedaan nilai uang Anda jika Anda terlambat mempersiapkan dana pensiun serta besaran dana pensiun yang Anda butuhkan :

 

Ilustrasi 1 : Mempersiapkan Dana Pensiun di Usia 25 Tahun

Pak Andi adalah seorang karyawan swasta yang berusia 25 tahun dengan penghasilan Rp 6.000.000 per bulan. Pak Andi ingin pensiun di umur 55 tahun dan asumsi harapan hidup hingga usia 70 tahun. Pengeluaran per bulan Pak Andi adalah Rp 4.000.000.

Saat nanti Pak Andi pensiun, beliau mendaatkan :

  • tunjangan pensiun dari perusahaan Rp 100.000 per bulan
  • belum memiliki asuransi pribadi
  • memiliki investasi dengan return sebesar 12% per tahun, dari investasi tersebut Pak Andi mendapatkan hasil investasi sebesar Rp500.000 per bulan

 

Berikut adalah dana yang dibutuhkan Pak Andi untuk pensiun dan dana yang harus diinvestasikan setiap bulannya.

kapan-waktu-yang-tepat-untuk-anda-mulai-merencanakan-dana-pensiun-aplikasi-1-finansialku

Pada usia 55 tahun Pak Andi memilki uang sebesar  Rp 13.610.533.770 untuk diinvestasikan. Dana tersebut dapat diinvestasikan pada produk investasi yang konservatif, seperti deposito. Keuntungan dari deposito yang digunakan untuk biaya hidup sehari-hari. Bagaimana cara mendapatkan uang sebesar Rp 13.6 M? Pak Andi perlu berinvestasi dengan return 12% sebesar Rp 3.894.327 per bulan selama 360 bulan (sejak usia 25 tahun).

 

Jika Anda ingin membuat ilustrasi di atas, silahkan gunakan Aplikasi Finansialku. Daftar di sini.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Ilustrasi 2 : Mempersiapkan Dana Pensiun di Usia 35 Tahun

Jika Pak Andi baru merencanakan dana pensiun di usia 35 tahun, berapa dana yang harus diinvestasikan agar mendapatkan uang sebesar Rp 13.6 M?  

Pak Andi harus berinvestasi sebesar Rp 13.758.362  per bulan.

 

Ilustrasi 3 : Mempersiapkan Dana Pensiun di Usia 45 Tahun

Jika Pak Andi baru merencanakan dana pensiun di usia 45 tahun, berapa dana yang harus diinvestasikan agar mendapatkan uang sebesar Rp 13.6 M?

Pak Andi harus berinvestasi sebesar Rp 59.166.281  per bulan.

 

Rencanakan Dana Pensiun Anda Sedini Mungkin

Semakin dini Anda berinvestasi untuk dana pensiun, maka semakin ringan dana yang harus diinvestasikan. Bukankah setiap orang mendambakan usaha sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya? Jika Anda terlambat berinvestasi, mungkin penghasilan Anda tidak akan cukup untuk pensiun.  Lebih baik berinvestasi mulai dari sekarang daripada menyesal di hari tua.

 

Apa saja permasalahan yang Anda hadapi saat menyiapkan dana pensiun? Silakan tinggalkan pertanyaan Anda pada kolom komentar dan perencana keuangan kami membantu Anda. Terima kasih.

 

Sumber Gambar :

  • Retirement Plan – https://goo.gl/Vt4tiw dan https://goo.gl/GbRqs7

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

By | 2016-12-06T23:00:13+00:00 December 5th, 2016|Categories: Dana Hari Tua|Tags: , , |Comments Off on Kapan Waktu yang Tepat untuk Anda Mulai Merencanakan Dana Pensiun?

About the Author:

Stacia E. H. Sitohang CFP®
Stacia Edina Hasiana Sitohang, S.Mn, CFP® adalah perencana keuangan independen yang bersertifikasi (Nomor 1700 0001). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Business Management dengan konsentrasi Finance, School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB). Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang Personal Finance dan Entrepreneurship.