Pendiri Bank NISP, Karmaka Surjaudaja, tutup usia pada 85 tahun di Rumah Sakit Santo Borromeus, Bandung.

Yuk simak pelajaran hidup beliau dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pendiri Bank NISP, Karmaka Surjaudaja, Meninggal Dunia

Dunia perbankan sedang berkabung. Karmaka Surjaudaja, pendiri Bank OCBC NISP telah meninggal dunia pada Senin kemarin (17/02).

Ia menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Borromeus, di Jl. Ir. H. Juanda, Bandung di usia 85 tahun.

“Keluarga besar Bank OCBC NISP menyampaikan berita dukacita atas meninggalnya Bapak Karmaka Surjaudaja (Kwee Tjie Hoei). Kami sangat kehilangan sosok pemimpin yang ramah, rendah hati dan bersahaja,” sebagaimana melansir dari CNN Indonesia Senin (17/2).

Karmaka lahir di Provinsi Fujian, China, pada 29 April 1934. Pria ini merupakan pendatang asal China yang kemudian hijrah dan menetap di Bandung, Jawa Barat.

Dikutip dari berbagai sumber, Karmaka rela menunda keinginannya untuk kuliah agar adik-adiknya dapat tetap bersekolah. Ia pun bekerja untuk membiayai sekolah mereka.

Pelbagai jenis pekerjaan pernah Ia lakoni, menjadi guru olahraga, guru les, hingga menjadi buruh di pabrik tekstil.

Berkat kerja kerasnya itu Karmaka bisa membiayai adiknya yang berkuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Pendiri Bank NISP Karmaka Surjaudaja Tutup Usia Pada 85 Tahun 02

[Baca Juga: Ini Dia 150 Orang Terkaya di Indonesia, Banyak yang Masih Muda]

 

Setelah menikah dengan anak perempuan Lim Khe Tjie, pemilik Bank besar di Bandung, Karmaka menerima mandat dari mertuanya untuk memegang jabatan sebagai Direktur Operasional Bank NISP pada 1963.

Tak hanya itu, berdasarkan informasi yang tersebar di media, pada tahun 1968 Karmaka dapat menyelamatkan Bank OCBC NISP dari cengkeraman krisis ekonomi saat Indonesia mengambil kebijakan pemotongan nilai mata uang atau sanering di era Presiden Soekarno.

Karir Karmaka memang tak diragukan lagi, keahliannya mengelola perbankan cukup menjadi perhatian dunia perbankan.

Pada tahun 1990 Karmaka berhasil menjabat sebagai Presiden Direktur. Saat itu pula lantas Karmaka berhasil mengekspansi bisnis perbankannya dengan membuka 22 cabang di Indonesia.

Tujuh tahun kemudian, Karmaka kemudian mengalihkan kepemimpinannya kepada putranya, Pramukti Surjaudaja, yang saat itu sudah menjabat sebagai Managing Director.

Pendiri Bank NISP Karmaka Surjaudaja Tutup Usia Pada 85 Tahun 03

[Baca Juga: Mari Elka Pangestu Ditunjuk Jadi Direktur Bank Dunia]

 

Selain aktif dan berjasa di bisnis perbankan, Karmaka juga aktif dalam kegiatan sosial.

Ia juga pernah menjadi pengurus berbagai organisasi sosial, antara lain: Yayasan Hati Indonesia Jawa Barat, Yayasan Stroke Indonesia Jawa Barat, Asosiasi Pengusaha Taiwan, dan Dewan Pengurus Lembaga Lanjut Usia Indonesia.

Seorang wartawan senior, Dahlan Iskan, pernah menulis buku biografi tentang perjalanan hidup Karmaka berjudul ‘Tidak Ada yang Tidak Bisa’.

Buku ini bahkan sempat dibuat film-nya pada tahun 2015 dengan judul Love and Faith yang diperankan Rio Dewanto dan Laura Basuki.

Dalam buku tersebut dikisahkan bahwa saat Karmaka berusia 45 tahun, ia pernah divonis terkena sirosis hati. Vonis menyebutkan bahwa umurnya tidak akan lebih dari lima tahun lagi.

Sepanjang kurun waktu lima tahun itu digunakan untuk mematangkan anak-anaknya agar kelak bisa meneruskan OCBC NISP.

Namun, nasib punya rencana lain, Karmaka masih bisa mencicipi umur yang panjang. Masih bisa menikmati hidup hingga usia 85 tahun.

Atas dedikasinya yang luar biasa itu, OCBC Bank sebagai pemegang saham utama mengusulkan OCBC Indonesia untuk menganugerahkan gelar seumur hidup pada Karmaka sebagai Chairman Emeritus.

Karmaka adalah gambaran pemimpin yang sukses. Namanya akan akan tetap ada dan dikenang kalangan bankir di Indonesia.

 

Sobat Finansialku bisa jadi sukses seperti Beliau lho. Salah satu caranya adalah dengan mulai #HargaiKerjaKerasmu melalui penataan keuangan. Bingung memulainya? Gunakan saja aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat membantumu mencatat, mengatur, mengerti, bahkan konsultasi keuangan. Download aplikasinya gratis di Google Play Store atau Apple Apps Store. Yuk #HargaiKerjaKerasmu!

Bagaimana tanggapan Sobat Finansialku mengenai artikel ini? Kalian bisa memberi komentar pada kolom komen di bawah ini! Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 17 Februari 2020. Karmaka Surjaudaja, Bankir yang Selamatkan NISP dari Krisis. CNNIndonesia.com – https://bit.ly/2SRmepw
  • Arthur Gideon. 17 Febuari 2020. Kisah Pendiri NISP Karmaka Surjaudaja, Pernah Divonis Tak Berumur Panjang. Liputan6.com – https://bit.ly/2SAyVWD
  • Amir Faisol. 17 Febuari 2020. Mengenang Sosok Pendiri OCBC NISP Karmaka Surjaudaja yang Berhasil Loloskan Bank dari Jeratan Krisis 1968 dan 1998. PikiranRakyat.com – https://bit.ly/2u753aZ

 

Sumber Gambar:

  • RIP Karmaka Surjaudaja 01 – http://bit.ly/324HDiW
  • RIP Karmaka Surjaudaja 02 – http://bit.ly/2SX8dXr
  • RIP Karmaka Surjaudaja 03 – http://bit.ly/2OZjc1a