Orang sukses selalu mengisi waktu sibuk mereka dengan meluangkan waktunya untuk menambah pengertian dan pengetahuan, salah satunya dari kata-kata bijak orang sukses dan filsuf ternama. Mari simak kata-kata bijak Lao Tzu yang menginspirasi!

Ambil hikmah dari pengajaran filsuf besar sepanjang masa, Lao Tzu yang akan membuat hidup Anda semakin tenang dan mengerti tujuan hidup Anda.

Selamat membaca dan selamat terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Kisah Hidup Lao Tzu

Lao Tzu atau Laozi, yang hidup pada abad ke-6 SM, adalah pendiri filosofis China “Sekolah Tao” atau “Taoisme”. Dia dikenal sebagai seorang guru dan filsuf Tiongkok yang agung dan paling dihormati di masa tersebut dengan sebutan “Konfusius”.

Beberapa legenda percaya bahwa Lao Tzu dan Konfusius adalah orang yang sama, sedangkan beberapa orang beranggapan bahwa Lao Tzu ada sebelum Konfusius.

Asal usul dan kehidupan Laozi sangat ambigu walaupun telah dilakukan penelitian selama ratusan tahun. Namun demikian, ajarannya telah diturunkan selama berabad-abad dan hingga hari ini pengikut Laozi sudah beragam.

Buat Hidup Lebih Tenang & Berhasil Dengan Pengajaran dari Filsuf Dunia, Lao Tzu 02 Lao Tzu 2 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Paling Ampuh untuk Para Pebisnis Menang Persaingan Dari Sun Tzu Art of War, Filsuf Tiongkok]

 

Filsafat Laozi secara khusus dikenal telah menonjol selama Dinasti Han, meskipun banyak filsuf muncul di masa Dinasti Zhou, dinasti yang bertahan hidup paling lama di Cina purba. Di masa Dinasti Han, Taoisme sangat kokoh dan diikuti sebagai sebuah agama.

Namun, tidak ada teks asli tentang Taoisme yang memiliki referensi tentang kehidupan Laozi. Karena informasi yang kurang, muncul beberapa spekulasi, kebingungan dan juga konflik tentang kehidupan dan kematian Laozi yang telah bermunculan dalam beberapa dekade terakhir.

Banyak peneliti berpendapat bahwa ‘Tao Te Ching’ buku agama dan filsafat yang ditulis oleh Laozi, pada kenyataannya tidak ditulis olehnya sendiri.

Beberapa yang lain bahkan berpendapat bahwa filsuf itu tidak pernah ada dan Laozi dianggap sebagai orang tua bijak asal Tiongkok kuno yang mengajarkan filsafat.

Mari disiplinkan diri dengan mencatat keuangan setiap saat melalui Aplikasi Finansialku yang memudahkan Anda mencatat keuangan melalui gadget pintar Anda.

Segera unduh Aplikasi Finansialku melalui Google Play Store dan nikmati setiap fitur lainnya seperti kemudahan dalam merencanakan dana liburan atau membeli barang.

Jika Anda berlangganan selama 1 tahun, Anda akan mendapatkan keuntungan tambahan berupa kursus online secara gratis selama 1 tahun mengenai perencanaan keuangan yang dipandu oleh Profesional Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

Tunggu Apa lagi, segera download sekarang juga dan nikmati mengatur keuangan pribadi menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Selain melalui Google Play Store, Anda dapat dengan mudah download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Pengajaran Taoisme dari Lao Tzu

Lao Tzu terutama dikenal karena bukunya ‘Tao Te Ching’ atau ‘Daodejing’, yang berisi naskah filosofis dan religius tentang ‘Taoisme’, yang digambarkan melalui 81 puisi pendek.

‘Taoisme’ atau ‘Daoisme’, adalah suatu cara hidup yang semuanya tentang kehidupan harmonis dan didirikan oleh Lao Tzu. Naskah Taoisme ini dibagi menjadi dua kategori: Taoisme filosofis dan religius.

Taoisme filosofis atau ‘sekolah Dao’ didasarkan pada teks-teks Cina kuno ‘Daodejing’ oleh Lao Tzu dan ‘Zhuangzi’, yang ditulis oleh seorang filsuf dengan nama yang sama.

Agama Taoisme, di sisi lain, mengacu pada gerakan keluarga keagamaan sistematis dalam berbagi pemikiran yang berasal dari Daojia keluarga Dao).

Buat Hidup Lebih Tenang & Berhasil Dengan Pengajaran dari Filsuf Dunia, Lao Tzu 03 Taoisme - Finansialku

[Baca Juga: Bong Chandra: “Insting Terbentuk dari Beberapa Kali Kesalahan” Baca 40 Kata Bijak Lainnya]

 

Menurut banyak legenda populer, Lao Tzu menikah dan memiliki seorang putra bernama ‘Zong’, yang kemudian menjadi prajurit legendaris.

Ajaran Lao Tzu dan ‘Taoisme’ sangat mempengaruhi Dinasti Han. Di sanalah Lao Tzu dianggap identik dengan Tuhan, sebuah kepercayaan, yang memunculkan gerakan Daois yang disebut ‘Way of the Celestial Masters‘ atau ‘Tianshi Dao‘ di 142 M.

Gerakan itulah yang mengendalikan undang-undang Sichuan saat ini, yang menunjukkan bahwa keadaan kuno Sichuan adalah teokratis.

Melalui ‘Tao Te Ching’, Lao Tzu mengkhotbahkan esensi ‘alam’ dalam kehidupan manusia dan bahwa setiap orang harus kembali ke pengajaran Daoisme. Kealamian adalah andalan dari buku yang berbicara tentang keadaan primitif dari semua hal yang ada.

Seiring waktu, Lao Tzu kemudian dilihat sebagai personifikasi dari ‘Tao’ yang berarti ‘jalan’ atau ‘prinsip’ untuk memulihkan kembali ‘Jalan’. Dia menekankan kesederhanaan hidup, spontanitas, dan terlepas dari keinginan.

Taoisme percaya pada “Yang Esa, yang alami, spontan, abadi, tanpa nama, dan tak terlukiskan. Ini sekaligus merupakan awal dari semua hal dan cara semua hal mengejar arahnya.” ‘Jalan’, yang dibicarakannya sering disebut dengan “aliran alam semesta”.

Optimiskah Anda bahwa Anda mampu memiliki kesempatan memiliki kebebasan secara finansial? Mulailah berpikiran positif bahwa Anda mampu meraihnya dengan cara mengatur keuangan Anda dengan baik dari sekarang dengan Panduan Perencanaan Keuangan dari Finansialku yang dapat Anda unduh secara gratis berikut ini:

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Kata-kata Bijak Lao Tzu

#1 “If you correct your mind, the rest of your life will fall into place.”

“Jika Anda memperbaiki pikiran Anda, Anda akan mampu mencapai apa yang Anda harapkan.”

 

#2 “A man with outward courage dares to die: a man with inner courage dares to live.”

“Seorang pria dengan keberanian yang nampak di luar berani mati: seorang pria dengan keberanian batin berani hidup.”

 

#3 “A journey of a thousand miles begins with a single step.”

“Perjalanan seribu mil dimulai dengan satu langkah.”

 

#4 “Knowing others is wisdom, knowing yourself is enlightenment.”

“Mengenal orang lain adalah kebijaksanaan, mengetahui diri sendiri adalah pencerahan.”

 

#5 “Care about what other people think and you will always be their prisoner.”

“Peduli dengan apa yang dipikirkan orang lain dan Anda akan selalu menjadi tahanan mereka.”

 

#6 “If you are depressed, you are living in the past. If you are anxious, you are living in the future. if you are at peace, you are living in the present.”

“Jika Anda mengalami depresi, Anda hidup di masa lalu. Jika Anda cemas, Anda hidup di masa depan. jika Anda damai, Anda hidup di masa sekarang.”

 

#7 “Mastering others is strength, mastering yourself is true power.”

“Menguasai orang lain adalah kekuatan, menguasai diri Anda adalah kekuatan sejati.”

 

#8 “Be content with what you have, rejoice in the way things are. When you realise there is nothing lacking, the whole world belongs to you.”

“Puaskanlah dengan apa yang Anda miliki, bersukacitalah dengan keadaannya. Ketika Anda menyadari tidak ada yang kurang, seluruh dunia adalah milik Anda.”

Buat Hidup Lebih Tenang & Berhasil Dengan Pengajaran dari Filsuf Dunia, Lao Tzu 04 Mengenggam Dunia - Finansialku

[Baca Juga: Kata-Kata Bijak Merry Riana Mimpi Sejuta Dollar yang Menginspirasi Anak Muda]

 

#9 “If you do not change direction, you may end up where you are heading.”

“Jika Anda tidak mengubah arah, Anda mungkin berakhir di tempat yang Anda tuju.”

 

#10 “A leader is best when people barely know he exists, when his work is done, his aim fulfilled, they will say: we did it ourselves.”

“Seorang pemimpin menjadi yang terbaik ketika orang hampir tidak tahu keberadaannya, ketika pekerjaannya selesai, tujuannya terpenuhi dan mereka akan berkata: kita telah melakukannya.”

 

#11 “Stop thinking and end your problems.”

“Berhenti berpikir dan akhiri masalah Anda.”

 

#12 “New beginnings are disguised as painful endings.”

“Awal yang baru disamarkan layaknya akhir yang menyakitkan.”

 

#13 “Manifest plainness, embrace simplicity, reduce selfishness, have few desires.”

“Manifestasikan kejernihan, rengkuh kesederhanaan, kurangi keegoisan, punyai sedikit keinginan.”

 

#14 “Make your heart like a lake with a calm still surface and great depths of kindness.”

“Jadikan hati Anda seperti danau dengan permukaan yang tenang dan kebaikan yang dalam.”

 

#15 “Great acts are made up of small deeds.”

“Perbuatan besar terdiri dari kumpulan perbuatan kecil.”

 

#16 “Life is a series of natural and spontaneous changes. Don’t resist them; that only creates sorrow. Let reality be reality. Let things flow naturally forward in whatever way they like.”

“Hidup adalah serangkaian perubahan alami dan spontan. Jangan melawan mereka; itu hanya menciptakan kesedihan. Biarkan kenyataan menjadi kenyataan. Biarkan segala sesuatu mengalir secara alami ke depan dengan cara apa pun yang mereka suka.”

 

#17 “He who is contented is rich.”

“Dia yang merasa puas adalah orang kaya.”

 

#18 “When I let go of what I am, I become what I might be.”

“Ketika saya melepaskan diri saya yang sebenarnya, saya menjadi seperti apa saya nantinya.”

Buat Hidup Lebih Tenang & Berhasil Dengan Pengajaran dari Filsuf Dunia, Lao Tzu 05 Melepaskan Diri - Finansialku

[Baca Juga:  Kata-kata Bijak Peter Drucker yang Dapat Mengubah Bisnis sekaligus Mengubah Dunia]

 

#19 “To a mind that is still, the whole universe surrenders.”

“Pada pikiran yang tenang, seluruh alam semesta akan menyerah.”

 

#20 “The heart that gives, gathers.”

“Hati yang memberi, mengumpulkan.”

 

#21 “Confidence is the greatest friend.”

“Keyakinan adalah teman terbaik.”

 

#22 “When you are content to be simply yourself and don’t compare or compete, everybody will respect you.”

“Ketika Anda puas menjadi diri sendiri dan tidak membandingkan atau bersaing, semua orang akan menghormati Anda.”

 

#23 “Silence is a source of great strength.”

“Diam adalah sumber kekuatan besar.”

 

#24 “Be still like a mountain, and flow like a great river.”

“Diam seperti gunung, dan mengalir seperti sungai besar.”

 

#25 “Act without expectation.”

“Bertindaklah tanpa berekspektasi.”

 

#26 “Use the light that is within you to revert to your natural clearness of sight.”

“Gunakan cahaya yang ada di dalam diri Anda untuk kembali ke kejernihan penglihatan alami Anda.”

 

#27 “Give a man a fish and you feed him for a day. Teach a man to fish and you feed him for a lifetime.”

“Beri seseorang ikan dan Anda memberinya makan selama sehari. Ajari orang itu memancing dan Anda memberinya makan seumur hidup.”

 

#28 “Watch your thoughts, they become your words. Watch your words, they become your actions. Watch your actions, they become your habits. Watch your habits, they become your character. Watch your character, it becomes your destiny.”

“Awasi pikiran Anda, karena itu menghasilkan kata-kata Anda. Perhatikan kata-kata Anda, karena itu akan menghasilkan menjadi tindakan Anda. Perhatikan tindakan Anda, karena itu akan menghasilkan kebiasaan Anda. Perhatikan kebiasaan Anda, karena mereka akan menjadi karakter Anda. Awasi karakter Anda, karena itu akan menjadi takdir Anda.”

 

#29 “Knowledge is a treasure, but practice is the key to it.”

“Pengetahuan adalah harta, tetapi latihan adalah kunci menuju harta tersebut.”

 

#30 “Health is the greatest possession.”

“Kesehatan adalah kepemilikan terbesar.”

 

#31 “Empty yourself of everything – let the mind become still.”

“Kosongkan diri Anda dari segalanya – biarkan pikiran menjadi tenang.”

 

#32 “By letting go, it all gets done.”

“Dengan melepaskan, semua bisa dilakukan.”

 

#33 “If you understand others you are smart. If you understand yourself you are illuminated. If you overcome others you are powerful. If you overcome yourself you have strength. If you know how to be satisfied you are rich. If you can act with vigor, you have a will. If you don’t lose your objectives you can be long-lasting. If you die without loss, you are eternal.”

“Jika Anda memahami orang lain, Anda cerdas. Jika Anda memahami diri sendiri, Anda akan diterangi. Jika Anda mengalahkan orang lain, Anda kuat. Jika Anda mengatasi diri sendiri, Anda memiliki kekuatan. Jika Anda tahu bagaimana menjadi puas, Anda kaya. Jika Anda dapat bertindak dengan semangat, Anda memiliki kemauan. Jika Anda tidak kehilangan tujuan, Anda bisa tahan lama. Jika Anda mati tanpa kehilangan, Anda kekal.”

 

#34 “Be careful what you water your dreams with. Water them with worry and fear and you will produce weeds that choke the life from your dream. Water them with optimism and solutions and you will cultivate success. Always be on the lookout for ways to turn a problem into an opportunity for success. Always be on the lookout for ways to nurture your dream.”

Berhati-hatilah dengan apa Anda menyiram impian Anda. Sirami mereka dengan kekhawatiran dan ketakutan dan Anda akan menghasilkan gulma yang mencekik kehidupan dari impian Anda. Menyirami mereka dengan optimisme dan solusi dan Anda akan menumbuhkan kesuksesan. Selalu waspada dengan cara untuk mengubah masalah menjadi peluang untuk sukses. Selalu waspada dengan cara Anda memelihara mimpi Anda.”

 

#35 “The best fighter is never angry.”

“Pejuang terbaik tidak pernah marah.”

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Inspirasi apa yang Anda dapatkan dari sepenggal kisah Lao Tzu dan kata-kata bijaknya melalui artikel di atas?

Berikan tanggapan Anda pada kolom yang terdapat di bawah ini! Tunjukan kepedulian Anda kepada orang lain dengan membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Famous Philosophers. Lao Tzu. Famousphilosophers.org – https://goo.gl/fVygVu
  • Biography Online. Lao Tzu Biography. Biographyonline.net – https://goo.gl/dsfT3x
  • The Famous People. Lao Tzu (Laozi) Biography. Thefamouspeople.com – https://goo.gl/72xC8k
  • Azriel ReShel. 23 September 2016. Lao Tzu on Living an Inspired and Peaceful Life. Upliftconnect.com – https://goo.gl/4TgGgb
  • Asad Meah. 33 Inspiring Lao Tzu Quotes. awakenthegreatnesswithin.com – https://goo.gl/qxJRUj
  • Good Reads. Lao Tzu Quotes. Goodreads.com – https://goo.gl/D2tUnv

 

Sumber Gambar:

  • Lao Tzu 1 – https://goo.gl/e15Lhc
  • Lao Tzu 2 – https://goo.gl/xpzhsm
  • Taoisme – https://goo.gl/hPKViw
  • Menggenggam Dunia – https://goo.gl/8zrCaM
  • Melepaskan Diri – https://goo.gl/7HmoK5