Siapa sangka, kebebasan finansial seseorang berkaitan erat dengan kebiasaan hidup. Lalu, kebiasaan hidup apa yang bisa membantu mencapai kebebasan finansial?

Cari tahu jawabannya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pentingnya Mencapai Kebebasan Finansial

Pengertian kebebasan finansial adalah bebas dengan tidak mempunyai beban atau masalah finansial, sehingga Anda bisa hidup makmur dan sejahtera.

Hal ini seperti merupakan keinginan hampir semua orang di dunia ini, karena dengan mencapai kebebasan dalam finansial maka Anda akan merasa hidup bahagia.

Pencapaian sukses sebuah kebebasan dari masalah finansial adalah materi yang Anda miliki sudah lebih dari cukup, mulai dari tabungan, asuransi, investasi dan banyak lagi macamnya.

Orang-orang seperti itu memiliki rahasia kebebasan finansial yang perlu dicontoh.

 

Kebiasaan Hidup yang Harus Diterapkan

Memang pandangan dan pemahaman banyak orang mengenai pencapaian cara bebas finansial seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu mencapai kebahagiaan dengan memiliki banyak materi seperti investasi, uang banyak serta simpanan tabungan.

Adapun 10 kebiasaan hidup dan gaya hidup yang perlu diterapkan untuk bisa mencapai kebebasan finansial adalah sebagai berikut.

 

#1 Selalu Tetapkan Tujuan

Seperti biasanya, untuk mencapai sebuah maksud maka Anda harus menetapkan tujuan terlebih dulu. Begitu pun untuk mencapai kebebasan finansial, maka Anda harus tahu dan fokus pada apa yang menjadi tujuan Anda.

Tujuan yang Anda buat harus jelas dan spesifik, agar Anda juga tidak bingung untuk membuat strategi dalam mencapainya.

Apa saja yang ingin Anda miliki untuk bisa bebas finansial, dan barang-barang apa saja yang ingin Anda miliki untuk gaya hidup Anda.

Mulai 10+ Kebiasaan Hidup Ini Agar Bisa Mencapai Kebebasan Finansial! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bebas Finansial? Tiru Kebiasaaan Ini Agar Kebebasan Finansial Terwujud]

 

#2 Buat Anggaran

Setelah mengetahui dengan jelas apa tujuan hidup Anda, barulah Anda bisa mengatur dan membuat anggaran keuangan yang tepat.

Anggaran tersebut merupakan simulasi atau perhitungan untuk pemasukan yang bisa Anda dapat, beserta biaya hidup yang perlu Anda keluarkan secara rutin.

Jika Anda sudah berumah tangga, tentunya anggaran bulanan rumah tangga yang harus Anda ikuti. Buat dan lakukan anggaran tersebut dengan teratur, dan Anda harus disiplin dalam menjalaninya.

Jika Anda berjalan sesuai aturan, tentunya Anda sudah mendekati hidup bebas finansial.

 

#3 Mulai Investasi

Jika Anda sudah memiliki anggaran bulanan tetap, akan lebih baik lagi jika Anda mulai berinvestasi. Karena, dengan begitu Anda mempercepat waktu untuk mencapai kebebasan finansial tadi.

Banyak cara untuk berinvestasi yang tepat dan efektif, salah satunya yang paling dikenal adalah bergabung dengan pasar saham.

Namun, jika Anda tidak sepaham dengan jenis investasi ini Anda bisa mencoba cara lain yang cocok dengan Anda. Salah satu contohnya adalah investasi melalui properti, ataupun yang lainnya.

Mulai 10+ Kebiasaan Hidup Ini Agar Bisa Mencapai Kebebasan Finansial! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Sih Makna Kebebasan Finansial Islam? Simak di Sini!]

 

#4 Buat Tabungan Khusus

Kalau investasi bisa memperkuat jalan masuk Anda menuju bebas finansial, maka cara selanjutnya adalah dengan membuat tabungan. Percuma saja Anda berinvestasi atau memiliki pendapatan yang sangat besar.

Tapi semua hasil tersebut lenyap seketika jika Anda mempunyai kebiasaan hidup boros atau royal. Tahan ego untuk gaya hidup, agar Anda bisa menikmati yang lebih di kemudian hari.

 

#5 Hubungi Penasihat Keuangan

Untuk lebih memantapkan keuangan Anda dan cara mengaturnya, mungkin Anda bisa mengikuti cara yang lebih potensial lagi dalam mencapai kebebasan finansial.

Yaitu, dengan menghubungi penasihat keuangan secara khusus. Biasanya penasehat keuangan lebih mengerti apa yang harus Anda lakukan kedepannya untuk masalah keuangan Anda, dan hal ini juga harus didukung dengan biaya yang tidak sedikit.

Namun, jika Anda mempunyai cukup uang tidak akan jadi masalah demi kesejahteraan Anda nantinya.

Mulai 10+ Kebiasaan Hidup Ini Agar Bisa Mencapai Kebebasan Finansial! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tiru Cara Mencapai Kebebasan Finansial Untuk Freelance, Gak Nyesel!]

 

#6 Asuransikan Diri

Selain berusaha untuk menambah pemasukan, cara lain yang juga bisa menjadi jalan keluar adalah asuransi. Jenis tabungan otomatis ini dapat menjadi jaminan untuk hidup Anda kedepannya.

Untuk bisa mencapai kebebasan finansial tersebut. Banyak jenis asuransi yang bisa membantu, seperti misalnya asuransi pendidikan, pensiunan, ataupun asuransi kesehatan.

 

#7 Minimalkan Cicilan

Bagi Anda yang masih memiliki cicilan seperti cicilan rumah atau kendaraan, usahakan untuk meminimalkan cicilan-cicilan tersebut. Kalau Anda sanggup, usahakan membeli semua itu dengan cara cash atau tunai.

Dengan cicilan yang minim bahkan tidak ada sama sekali, mempermudah Anda untuk mendapatkan kebebasan finansial Anda.

Namun, jika Anda memang harus mengambil cicilan tersebut maka lakukan dengan perlahan jangan langsung sekaligus banyak.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

12 Ebook Perencanaan Keuangan 30an

 

#8 Bayar Penuh Kartu Kredit

Untuk yang memiliki kartu kredit, biasakan dan usahakan untuk membayar tagihannya secara penuh. Agar tidak ada kaitan mengenai cicilan atau utang yang tersangkut sebelumnya.

 

#9 Hilangkan Budaya Berutang

Agar hidup Anda bisa lancar dan tujuan Anda untuk mencapai kebebasan finansial berhasil, maka budayakanlah untuk tidak berutang di manapun. Jangan biasakan mengajukan pinjaman untuk suatu keperluan.

 

#10 Investasi Kesehatan

Tidak hanya kebiasaan hidup yang berkaitan dengan keuangan yang harus Anda lakukan untuk bisa bebas finansial, karena Anda juga harus bisa menginvestasikan kesehatan Anda.

Percuma saja Anda bisa meraih kehidupan bebas finansial, tapi Anda tidak bebas dari penyakit dan semua itu akan habis untuk biaya berobat Anda saja.

 

#11 Perawatan Properti

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan sebagai kebiasaan hidup dan gaya hidup untuk mencapai kebebasan finansial, yaitu perawatan properti yang Anda miliki.

Karena, jika Anda memiliki banyak properti sebagai investasi finansial Anda tapi tidak terawat maka tidak akan menjadi sebuah investasi yang bernilai besar.

Mulai 10+ Kebiasaan Hidup Ini Agar Bisa Mencapai Kebebasan Finansial! 04 - Finansialku

[Baca Juga: BAHAYA!! Ternyata Selama Ini Hidup Kita Enggak Aman!]

 

Rencanakan Keuangan dan Terapkan Gaya Hidup Sehat

Setelah Anda memahami bahwa kebebasan finansial adalah pencapaian hidup yang bebas dari masalah finansial atau keuangan, maka Anda harus segera melakukan semua kebiasaan hidup dan cara agar bisa segera mencapai bebas finansial dalam hidup tersebut.

Untuk memudahkan Anda melakukan kebiasaan hidup di atas, gunakanlah aplikasi Finansialku yang bisa Anda download gratis di bawah ini.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengatur keuangan, mencatat keuangan, konsultasi keuangan dan berbagai fitur bermanfaat lainnya. Yuk, unduh aplikasinya sekarang.

playstore icon
appstore icon

 

Namun, jangan lupa selain bebas finansial Anda jangan sampai melupakan kebiasaan hidup sehat yang juga sangat berpengaruh pada kebebasan untuk finansial hidup Anda.

Karena, jika hidup sehat maka keuangan pun ikut sehat. Jika Anda sendiri tidak sehat, bagaimana Anda bisa memiliki energi untuk mencapai kebebasan finansial Anda.

 

Kebiasaan hidup manakah yang akan Anda lakukan terlebih dahulu? Ayo share artikel bermanfaat ini pada orang terdekat ya, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Kebiasaan Hidup untuk Mencapai Kebebasan Finansial. Simulasikredit.com – https://bit.ly/3eI0Ygr
  • Kabrina Rian Ferdiani 02 Desember 2019. Ingin Mencapai Kebebasan Finansial? Lakukan 11 Kebiasaan ini. Modalrakyat.id – https://bit.ly/3ppApSa
  • Tira Santia. 05 Juni 2020. Ingin Terbebas Secara Finansial, Ikuti Saja 12 Kebiasaan Ini. Liputan6.com – https://bit.ly/3eLFW0m
  • Djairan. 24 Mei 2020. 12 Kebiasaan untuk Mewujudkan Kebebasan Finansial. Inews.id – https://bit.ly/3lhVsUc

 

Sumber Gambar:

  • Kebiasaan Hidup 1 – https://bit.ly/2U9lSeZ
  • Kebiasaan Hidup 2 – https://bit.ly/3khsimH
  • Kebiasaan Hidup 3 – https://bit.ly/3eM9MSd
  • Kebiasaan Hidup 4 – https://bit.ly/3nblFEk