Kira-kira, apa, ya, yang harus kita lakukan ketika terpapar Covid-19 saat mudik lebaran 2022?

Mari cari tahu selengkapnya di artikel Finansialku satu ini!

 

Mudik Lebaran 2022

Sudah dua tahun kita menahan diri untuk tidak bertemu dengan orang tua dan sanak saudara di kampung halaman.

Menyimpan ego sendiri demi kebaikan bersama, dan hanya mampu mengucap kata maaf secara virtual belaka.

Tapi, seiring dengan menurunnya kasus harian Covid-19, pemerintah akhirnya mempersilakan kita untuk pulang kampung, untuk membalas rindu yang sudah tidak terbendung.

Tapi, ini tidak bisa kamu lakukan dengan cuma-cuma, karena ada beberapa syarat mudik yang harus dipenuhi.

[Baca Juga: Jangan Dulu Beli Tiket, Ini Syarat Mudik Lebaran 2022]

 

Salah satu dari beberapa hal yang disyaratkan adalah sudah melakukan vaksin booster.

Hal ini tentu disyaratkan guna menekan potensi lonjakan kasus selepas mudik 2022 nanti.

Bicara soal vaksin, meski sudah melakukan booster, tidak ada jaminan kalau kita akan bisa terbebas dari paparan Covid-19, terlebih potensi terpapar akan besar karena kita akan berbagi tempat dan ruang yang sama dengan banyak orang.

Apalagi ketika di perjalanan nanti, tidak peduli siapa dan dari mana, kita akan berbaur menggunakan fasilitas umum yang sama.

Lalu, hal-hal apa saja yang harus kita lakukan ketika terpapar covid saat mudik lebaran 2022?

 

Dr Lia G Partakusuma, SpPK(K), MM, MARS, selaku Sekretaris Jenderal Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), menyarankan untuk segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Apabila gejala ini sudah dirasakan, yang paling mudah itu gejalanya demam, batuk-batuk, pilek, sesak napas, diare, atau tidak merasakan rasa atau bau, itu segera saja datang ke rumah sakit.” Katanya, mengutip laman health.detik.com.

 

Selain itu, dr Lia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak takut dan menutup-nutupinya.

Adapun, ketika merasakan gejala-gejala tersebut di jalan menuju kampung halaman, dan tidak ada tempat untuk melakukan PCR, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk melakukan tes sendiri, dibantu keluarga.

Selain lebih murah, kamu bisa mendapatkan hasilnya segera, agar keluarga yang lain bisa melakukan tindakan preventif sehingga virusnya tidak menular.

Usahakan agar keluarga yang berada dalam satu perjalanan denganmu juga melakukan tes antigen, ya!

Setelah itu, segera kabari sanak keluarga dan saudara di rumah. Sesampainya di kampung, jangan bergegas menuju rumah, tapi pergi lah terlebih dulu ke rumah sakit untuk mendapatkan tindakan yang lebih intens.

 

Terkena Covid adalah salah satu hal yang mungkin terjadi secara mendadak, tapi selain itu ada banyak hal lain yang bisa saja terjadi secara mendadak, seperti ban mobil kempes.

Oleh karena itu, jangan lupa persiapkan dana darurat yang liquid untuk antisipasi keadaan mendadak ya.

Jika sobat Finansialku belum tahu tentang pentingnya dana darurat dalam hidup dan di mana menempatkannya, kalian bisa baca ebook berikut ini gratis. Klik banner untuk dapatkan ebook-nya.

 

Ebook GRATIS Cara Selamatkan Keuangan dari Pengeluaran Dadakan

Banner Iklan Ebook Cara Selamatkan Keuangan dari Pengeluaran Dadakan - PC
Banner Iklan Ebook Cara Selamatkan Keuangan dari Pengeluaran Dadakan - HP

 

Cara Mencegah Paparan Covid-19 Saat Mudik Lebaran 2022

Agar tidak risiko terpapar covid-19 saat mudik lebaran 2022 ini, kamu bisa melakukan tindakan-tindakan preventif yang mudah.

Berikut adalah tujuh hal yang bisa kamu lakukan sebagai tindakan preventif, melansir laman cnbcindonesia.com dan sumber lain!

  • Jaga Jarak: Ingat untuk selalu menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain.  Kadang, karena terlalu sibuk melakukan banyak hal, kita jadi lupa untuk melakukan sederhana satu ini.
  • Jangan Sentuh Wajah: Hal kedua adalah, jangan sentuh wajah kamu dengan tangan yang kotor. Apalagi, bagian segitiga wajahmu, yaitu mata, hidung, dan mulut.
  • Selalu Cuci Tangan: Selalu siapkan hand sanitizer agar kamu bisa menjaga kebersihan tanganmu selama mudik. Kalau bisa, jadikan ini sebagai kebiasaanmu, ya!
  • Tutup Hidung dan Mulut: Selanjutnya, biasakan untuk menutup hidung dan mulut saat bersin menggunakan tisu, bukan telapak tangan. Jika kamu bersin di dalam masker, maka segera buang masker tersebut dan gantilah dengan yang baru.
  • Jaga Imunitas: Selain mengajak diri dari luar, kamu juga tentu harus menjaga diri dari dalam dengan menjaga imunitasmu, dengan melakukan  pola hidup yang sehat, seperti rutin berolahraga, menjaga asupan nutrisi harian, dan tidur yang cukup.
  • Pakai Masker: Semakin lama, menggunakan masker memang sesuatu yang makin mengganggu, makanya tidak sedikit orang yang mulai lalai dan malas untuk menggunakannya setiap saat. Meski begitu, jangan sampai kamu juga lalai, ya! Tetap gunakan masker di mana pun kamu berada.
  • Bawa Alat Makan Sendiri: Ketika mudik, kita tentu akan mengisi perut di restoran umum. Oleh karena itu, daripada menggunakan alat makan yang sudah disediakan, akan lebih aman kalau kamu menggunakan alat makanmu sendiri.

 

Nah, itu dia hal-hal yang harus kamu lakukan ketika terpapar covid-19 saat mudik lebaran 2022, plus tindakan preventif agar tetap terhindar dari paparan Covid-19!

Apakah kamu punya tips atau informasi tambahan terkait hal ini? Kalau ada, sampaikan pada kami lewat kolom komentar, ya!

 

Editor: Eunice

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 26 Maret 2022. Efektif! Ini 8 Cara Pencegahan Covid-19 Selama Mudik Lebaran. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3vf95e9
  • Achmad Reyhan Dwianto. 20 Mei 2021. Positif Corona Sepulang Mudik? Ini yang Pertama Kali Harus Dilakukan. Health.detik.com – https://bit.ly/3rUrzyp