Apakah kamu memiliki prinsip kepemimpinan dalam Islam seperti berikut ini, selama melaksanakan tugas kepemimpinan?

Simak prinsip tersebut dalam pembahasan artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Prinsip Kepemimpinan dalam Islam

Bagi seorang pemimpin yang ingin memiliki pengaruh dan dikenal baik, sesungguhnya Islam telah memberikan petunjuk yang bisa membantu kamu mencapai hal tersebut.

Dan sebenarnya petunjuk tersebut bukanlah sesuatu yang sulit ditemukan bagi seorang muslim. Sebab ada dalam hal yang sudah biasa dilakukan dalam Rukun Islam. Berikut ini, prinsip kepemimpinan yang bisa kamu petik dari menjalankan Rukun Islam.

 

#1 Naik Haji – Mengajarkan Prinsip Kepemimpinan dalam Islam: Rendah Hati

Seorang muslim yang memiliki kesiapan dalam hal fisik, mental dan juga memiliki harta, naik haji merupakan aktivitas total yang dilandasi oleh perintah Allah.

Rukun Islam yang satu ini tidak hanya mengajarkan kita untuk berkorban, tetapi juga mengajarkan yang namanya kesetaraan sesama umat Allah.

prinsip 2

[Baca Juga: Tipe Kepemimpinan dalam Organisasi, yang Manakah Anda?]

 

Dalam menjalankan rukun ini, tidak ada lagi yang namanya membeda-bedakan status ekonomi, warna kulit, suku, budaya, negara, dan hal-hal lainnya, sebab semuanya memiliki derajat yang sama.

Hanyalah ketaqwaan kepada Allah sajalah yang membedakan antara satu dengan yang lain.

Prinsip kesetaraan ini juga sangat baik untuk dimiliki oleh seorang pemimpin! Tentu saja ketika memiliki posisi yang tinggi dalam sebuah organisasi atau pemerintahan, dalam hati seseorang terkadang terbesit sebuah keinginan untuk dihormati dan dihargai.

Bahkan tidak sedikit yang akhirnya mulai bersikap sombong dan ingin diperlakukan lebih baik dari orang lain. Namun melalui prinsip ini, seorang pemimpin diajarkan untuk memiliki rasa rendah hati dan memandang sama derajat semua orang, meskipun ia telah berada pada posisi yang tinggi.

 

#2 Shalat – Mengajarkan Prinsip Kepemimpinan dalam Islam: Kedisiplinan

Salah satu keutamaan dalam shalat ialah dilaksanakan dengan tepat waktu, serta berjamaah di masjid. Namun perlu dicatat bahwa shalat bukan hanya sebuah rutinitas belaka, sehingga dilaksanakan tanpa dimaknai secara lebih mendalam.

prinsip kepemimpinan dalam islam 3

[Baca Juga: Tips Ampuh Melatih Jiwa Kepemimpinan dengan Efektif]

 

Shalat juga bukan hanya sekedar berdoa dengan baik yang disertai dengan gerakan-gerakan menyehatkan, agar mampu mencegah seorang muslim dari perbuatan yang tidak baik.

Tetapi dengan waktu yang telah ditetapkan untuk menjalankannya, sesungguhnya shalat mengajarkan umat untuk menjadi seorang yang disiplin.

Buktinya shalat tidak dapat dilaksanakan jika tidak tepat dengan waktu yang telah ditentukan. Kedisiplinan ini juga lah yang seharusnya menjadi prinsip hidup seorang pemimpin!

Sama seperti shalat yang harus dilakukan tepat waktu, demikian jugalah pemimpin harus selalu tepat waktu dalam menjalankan tugasnya.

 

#3 Syahadat – Mengajarkan Prinsip Visioner

Kalimat syahadat tentu tidak lepas dari kehidupan seorang muslim. Kalimat syahadat yang memiliki arti “Saya bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad utusan Allah” merupakan sebuah pernyataan misi hidup dengan makna yang sangat dalam.

prinsip 4

[Baca Juga: Pentingnya Kepemimpinan dalam Rumah Tangga Anda]

 

Ketika seorang muslim mengucapkan kalimat ini, maka orang tersebut juga telah membuat sebuah komitmen dalam hidupnya untuk menjadi hamba Allah yang setia.

Sehingga seorang muslim yang memaknai hal ini dengan baik akan mengaitkan atau melandaskan semua aktivitas yang dilakukan di dunia ini dengan sebuah visi yang besar dari Allah, serta selalu memuliakan Allah.

Demikian jugalah seharusnya yang dilakukan oleh seorang pemimpin! Pemimpin harus memiliki visi yang jelas, mission statement yang jelas, sehingga menjadi tau kemana ia akan membawa orang yang dipimpinnya.

 

#4 Puasa – Mengajarkan Prinsip Integritas

Setiap muslim diwajibkan untuk menjalankan puasa saat bulan Ramadhan. Rukun Islam ini juga sesungguhnya memiliki makna yang sangat mendalam, sebab mengajarkan seorang muslim untuk memiliki integritas.

Saat bulan Ramadhan, tidak ada yang benar-benar tau bahwa kamu berpuasa atau tidak, selain Allah dan dirimu sendiri. Artinya, kamu diajarkan untuk melakukan perintah Allah, baik saat dilihat orang atau pun saat tidak dilihat orang.

Integritas yang seperti ini jugalah yang seharusnya dimiliki oleh setiap pemimpin, yaitu baik saat ada orang lain atau tidak, kamu tetap disiplin, menjaga kejujuran, serta tetap menjalankan perintah.

 

#5 Zakat – Mengajarkan Prinsip Peduli

Islam mengajarkan umat untuk memiliki rasa peduli kepada semua orang, yang bisa terlihat melalui zakat.

Zakat bukan hanya sekedar membantu seseorang untuk mencukupi kebutuhannya yang saat ini, tetapi juga membantu agar mereka memiliki kehidupan yang lebih baik, serta nantinya dapat menjadi makmur dan mandiri.

Prinsip hidup seperti ini jugalah yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin! Artinya, pemimpin tidak boleh hanya memikirkan kesejahteraan hidupnya, namun juga peduli dengan kehidupan orang lain.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Tiru dan Lihat Dampaknya

Ke-5 prinsip kepemimpinan dalam Islam di atas bisa kamu tiru dalam memimpin sebuah organisasi atau pun instansi.

Ketika meniru prinsip di atas, percayalah bahwa kamu tidak akan menjadi dirugikan tetapi malah akan membawa dampak yang baik dalam pekerjaan dan dalam dirimu sendiri.

 

Itu dia 5 prinsip kepemimpinan dalam Islam yang bisa kamu pelajari dan pakai untuk kepemimpinan kamu.

Jangan lupa untuk berbagi ilmu yang sama kepada teman kamu ya, dengan share artikel ini. Karena semakin banyak yang tahu prinsip ini, maka semakin banyak pemimpin yang baik seperti kamu.

 

Sumber Referensi:

  • Arry Rahmawan. 5 Prinsip Kepemimpinan Dalam Islam. Arryrahmawan.net – https://bit.ly/36g3V1L

 

Sumber Gambar:

  • Prinsip 1 – http://bit.ly/37DFtZR
  • Prinsip 2 – http://bit.ly/2O7325B
  • Prinsip 3 – http://bit.ly/2tZhm9h
  • Prinsip 4 – http://bit.ly/2t66tly