Yakin Anda memiliki keuangan yang sehat? Gaji besar belum tentu sama dengan keuangan sehat. Mari cek kesehatan keuangan Anda dengan aplikasi Finansialku.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Financial Health Check Up

Sudah pernah mendengar istilah financial health check up? Ya, financial health check up atau cek kesehatan keuangan adalah alat untuk mengetahui posisi keuangan Anda saat ini.

Ada berbagai aspek dalam keuangan pribadi yang perlu Anda kelola dengan baik. Mulai dari arus kas bulanan, pengelolaan aset hingga pengelolaan utang. Anda bisa saja memiliki gaji besar, tetapi ternyata tidak memiliki dana darurat. Padahal dana darurat adalah prioritas paling mendasar dalam perencanaan keuangan.

Bisa juga ternyata gaji besar tersebut hanya ‘numpang lewat’ di rekening setiap bulan dan segera digunakan untuk membayar utang di bulan sebelumnya. Padahal ada batasan proporsi tertentu yang seharusnya dipatuhi untuk membayar cicilan bulanan.

HR Maksimalkan Keuntungan dengan Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk Karyawan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Maksimalkan Keuntungan dengan Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk Karyawan]

 

Setiap orang diharapkan memiliki keuangan yang sehat. Dengan begitu, segala kebutuhannya dapat terpenuhi. Baik itu kebutuhan jangka pendek, menengah maupun panjang. Jika sudah memiliki keuangan yang sehat maka akan semakin mudah untuk mencapai kebebasan keuangan.

Untuk mengetahui kondisi keuangan Anda saat ini, perlu dilakukan pengecekan yaitu financial health check up. Di dalam financial health check up seluruh aset dan utang Anda akan diperhitungkan. Hasilnya akan ditunjukkan dalam bentuk rasio-rasio.

Ada 8 rasio yang menjadi pertimbangan dalam financial health check up. Berikut adalah rasio-rasio dalam financial health check up:

 

#1 Rasio Tabungan

Rasio Tabungan adalah berapa besar pendapatan yang dapat Anda tabungkan atau investasikan setiap tahunnya.

 

#2 Rasio Pendapatan Pasif

Rasio Pendapatan Pasif, menunjukkan persentase pendapatan pasif Anda dibandingkan dengan total pendapatan.

 

#3 Rasio Likuiditas

Rasio Likuiditas adalah kemampuan kas atau setara kas (aset likuid) untuk membiayai kebutuhan pengeluaran rumah tangga Anda. Asumsinya jika Anda secara tiba-tiba kehilangan penghasilan tetap, aset likuid Anda dapat membiayai kehidupan selama beberapa waktu hingga Anda mendapatkan pekerjaan yang baru.

 

#4 Rasio Aset Likuid terhadap Nilai Bersih Kekayaan

Rasio Aset Likuid terhadap Nilai Bersih Kekayaan. Berapa banyak jumlah nilai bersih kekayaan dalam bentuk kas atau setara kas (aset likuid).

 

#5 Rasio Perbandingan Utang terhadap Aset

Rasio Perbandingan Utang terhadap Aset, kemampuan Anda untuk membayar utang-utang Anda.

 

#6 Rasio Kemampuan Pelunasan Utang

Rasio Kemampuan Pelunasan Utang, besarnya pendapatan dalam setahun yang dapat digunakan untuk membayar utang tahunan.

 

#7 Rasio Perbandingan Nilai Bersih Aset Investasi terhadap Nilai Bersih Kekayaan

Rasio Perbandingan Nilai Bersih Aset Investasi terhadap Nilai Bersih Kekayaan, menunjukkan besarnya aset investasi dibandingkan nilai bersih kekayaan Anda.

 

#8 Rasio Solvabilitas

Rasio solvabilitas, menunjukkan besarnya kekayaan bersih Anda dibandingkan dengan aset.

 

Masing-masing rasio memiliki rumus tersendiri. Untuk memudahkan Anda mengetahui kondisi keuangan saat ini, Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku. Mari kita lihat simulasi berikut ini:

Pak Ronald memiliki penghasilan yang cukup besar setiap bulannya. Namun ia ingin melakukan financial health check up untuk mengetahui kondisi keuangannya yang sebenarnya. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan Pak Ronald:

Yakin Anda Memiliki Keuangan yang Sehat Yuk Coba Financial Health Check Up dari Aplikasi Finansialku 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Cara Mudah Mengatur Keuangan Bulanan Keluarga]

 

Masukan data identitas yang dibutuhkan, nantinya hasil financial health check up Pak Ronald akan dikirimkan ke email yang dimasukkan di halaman ini. Pak Ronald juga bisa membaca manfaat serta beberapa testimoni pengguna lain mengenai financial health check up.

Yakin Anda Memiliki Keuangan yang Sehat Yuk Coba Financial Health Check Up dari Aplikasi Finansialku 03 - Finansialku

[Baca Juga: Fakta Membuktikan: Belanja Impulsif dan Hedonisme adalah Tanda Seseorang Tidak Tahu Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga]

 

Pak Ronald harus memasukkan beberapa data keuangan yang dibutuhkan. Beberapa di antaranya adalah gaji, pendapatan investasi, pendapatan pasif, pengeluaran bulanan, dan pendapatan lainnya. Selanjutnya Pak Ronald akan mendapatkan hasil berikut:

Yakin Anda Memiliki Keuangan yang Sehat Yuk Coba Financial Health Check Up dari Aplikasi Finansialku 04 - Finansialku

[Baca Juga: Slide: 6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Bisa Anda Praktikkan!]

 

Hasil:

Berdasarkan hasil financial health check up tahap pertama, Rasio Tabungan Pak Ronald tidak ideal. Seharusnya Rasio Tabungan yang ideal adalah di atas 20%, sementara Pak Ronald hanya mendapatkan nilai 1,6%. Tabungan atau investasi sangat penting untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan. Walaupun Pak Ronald memiliki penghasilan yang besar, tetapi tabungan dan investasinya terlalu minim. Karena itu Pak Ronald harus meningkatkan Rasio Tabungannya dengan menambah dana tabungan atau investasi.

Sementara itu, Rasio Pendapatan Pasif Pak Ronald juga belum ideal. Pak Ronald harus menambah aset investasinya untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan pasif. Seiring bertambahnya usia, Rasio Pendapatan Pasif ini harus terus meningkat. Mari kita lanjutkan financial health check up Pak Ronald.

Yakin Anda Memiliki Keuangan yang Sehat Yuk Coba Financial Health Check Up dari Aplikasi Finansialku 05 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Para Pengatur Keuangan Keluarga, Hindari 6 Hal Ini Agar Keuangan Tidak Berantakan]

 

Pak Ronald harus memasukkan seluruh data aset dan kewajibannya. Misalnya rumah tinggal, kendaraan. Selain itu berapa besar aset investasi yang dimiliki oleh Pak Ronald misalnya uang tabungan dan deposito, logam mulia, reksa dana, dan aset lain sebagainya. Dalam bagian ini Pak Ronald juga harus memasukkan kewajiban-kewajibannya seperti utang kartu kredit, kredit kendaraan, KPR, dan kewajiban-kewajiban lain.

 

Berikut adalah hasil dari bagian kedua financial health check up Pak Ronald:

Yakin Anda Memiliki Keuangan yang Sehat Yuk Coba Financial Health Check Up dari Aplikasi Finansialku 06 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Kebiasaan Mengatur Keuangan yang Harus Ditanamkan Pada Karyawan Perusahaan]

 

Hasil:

Berdasarkan hasil financial health check up, Rasio Likuiditas Pak Ronald tidak ideal. Seharusnya Rasio Likuiditas yang ideal adalah antara 6-12 kali lipat penghasilan. Sementara Pak Ronald memiliki Rasio Likuiditas yang jauh lebih besar dari itu. Artinya, uang Pak Ronald tidak bekerja dengan optimal karena tidak diinvestasikan.

Sementara Rasio Aset Likuid terhadap Nilai Bersih Kekayaan Pak Ronald masih berada pada kondisi ideal. Pak Ronald juga tidak memiliki terlalu banyak utang jika dibandingkan dengan aset yang dimilikinya. Sehingga Rasio Utang terhadap Asetnya juga berada pada kondisi ideal.

Rasio Kemampuan Pelunasan Utang Pak Ronald masih berada pada kondisi ideal. Permasalahan terletak pada Rasio Aset Bersih Investasi terhadap Nilai Bersih Kekayaan. Pak Ronald memiliki penghasilan yang besar, tetapi tidak dioptimalkan untuk berinvestasi dalam jumlah yang sepadan. Karena itu Pak Ronald perlu menambah aset investasinya.

Terutama seiring bertambahnya usia, diharapkan Pak Ronald memiliki semakin banyak aset yang dapat menghasilkan pendapatan pasif. Diharapkan aset tersebut dapat membuat Pak Ronald bebas keuangan ketika sudah pensiun.

Rasio terakhir yaitu Rasio solvabilitas. Pak Ronald memiliki Rasio solvabilitas yang ideal. Dalam keadaan ekstrem, jika Pak Ronald bangkrut, seluruh asetnya dapat menutupi utang yang dimiliki saat ini.

 

Pastikan Keuangan Anda Sehat

Setiap orang perlu memastikan keuangannya sehat. Hal yang dimaksud dengan keuangan yang sehat bukan hanya sekedar memiliki penghasilan yang besar. Seseorang yang memiliki penghasilan yang sangat besar sekali pun belum tentu sehat secara keuangan. Ada beberapa rasio yang menjadi indikator kondisi kesehatan keuangan. Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk memeriksa kondisi kesehatan keuangan Anda.

 

Bagaimana dengan keuangan Anda? Apakah Anda sudah mencoba aplikasi ini? Berikan tanggapan dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Check Up – https://goo.gl/Y2cnEH

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana