Zaman now, para milenial wajib memiliki dompet virtual dan mengetahui keuntungan dompet virtual tersebut.

Artikel ini akan membahas beberapa keuntungan yang dapat Anda terima serta dompet virtual apa saja yang dapat Anda gunakan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Keuntungan Dompet Virtual

Dompet virtual bukanlah hal yang baru di zaman sekarang. Setiap tempat yang Anda kunjungi pasti memiliki lebih dari 2 cara pembayaran dengan menggunakan dompet virtual.  

Bagi generasi milenial, dompet virtual sudah merupakan bagian dari gaya hidup.

Apakah Tepat Investasi Forex Bagi Milenial 02 Milenial - Finansialku

[Baca Juga: Generasi Milenial Itu Mengkhawatirkan dan Meresahkan???]

 

Tentu saja, penggunaan yang menjamur ini didukung oleh keuntungan dan kemudahannya. Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan dompet virtual:

 

#1 Praktis, Cepat dan Mudah

Hampir seluruh orang di dunia memiliki telepon genggam. Dengan harga smartphone yang sangat bersaing, sudah bukan hal yang sulit untuk memiliki sebuah telepon genggam.

Di era teknologi ini, salah satu gadget yang pasti tidak akan ketinggalan adalah smartphone. Bayangkan bahwa hanya dengan sebuah smartphone, Anda sudah dapat melakukan transaksi jual beli, tarik dan transfer dana. Tentu saja sangat praktis bukan?

 

#2 Membayar Dengan Nominal yang Seharusnya

Pasti Anda pernah berbelanja dan tidak memiliki uang receh atau uang kecil, sehingga kembalian Anda harus terpotong atau harga dibulatkan ke nominal terdekat.

Karena terbatasnya nominal uang tunai, Anda sulit membayar pecahan Rupiah hingga ke satuannya. Bahkan ada beberapa merchant yang memang karyawannya ‘nakal’ dan tidak memberikan uang kembalian seharusnya.

Dengan adanya dompet virtual, Anda dapat menghindari hal ini. Anda dapat memasukkan jumlah pembayaran hingga satuannya. Anda juga tidak harus menyimpan uang receh.

 

#3 Dapat Digunakan Untuk Berbagai Transaksi

Keuntungan e-Wallet adalah Anda dapat menggunakannya untuk segala jenis transaksi. Jika pada uang tunai konvensional, Anda harus mengunjungi cabang terdekat untuk membayar listrik atau air.

Begitu pula dengan kartu kredit atau kartu debit yang mana Anda harus mengunjungi ATM. Pada e-Wallet, sistem ini berbeda. Anda hanya perlu menggunakan 1 aplikasi untuk melakukan berbagai transaksi.

Mulai dari pembayaran belanja, isi ulang pulsa, pembayaran listrik dan air hingga tarik tunai atau transfer tunai. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari keterlambatan pembayaran dan hemat waktu.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#4 Pilihan yang Beragam

Anda tidak mungkin membawa 2 dompet konvensional, jadi jika Anda tidak memiliki uang tunai, maka Anda harus mencari sistem pembayaran lainnya. Hal ini dapat diatasi dengan dompet digital.

Layaknya kartu kredit yang memiliki banyak pilihan, dompet digital pun memiliki pilihan yang beragam bagi para penggunanya. Ada yang disesuaikan dengan aplikasi perbankan, ada pula yang bergantung pada provider seluler.

Dengan pilihan dompet digital yang banyak, Anda dapat memanfaatkannya untuk potongan diskon dan promosi.

 

#5 Lebih Aman Dari Perampokan

Dengan menggunakan dompet digital, Anda tidak perlu takut rampok atau jambret ketika Anda berbelanja. Dengan data dan saldo yang disimpan di dalam akun Anda, dana Anda akan tersimpan dengan lebih aman.

Untuk mengaksesnya pun membutuhkan verifikasi PIN atau sidik jari tangan. Anda juga dapat langsung menghubungi pihak terkait agar lebih waspada akan transaksi di luar keinginan Anda.

Untuk mengakses ulang juga mudah, Anda hanya perlu download ulang aplikasi di smartphone baru. Kemudian, Anda tinggal memasukkan data diri sesuai dengan aplikasi yang lama. Sangat aman dan praktis.

 

Pilihan Dompet Digital

Di bawah ini adalah beberapa pilihan dompet digital. Masing-masing jenis dompet digital ini memiliki keuntungan dan kerugiannya. Tentu Anda tidak hanya boleh memakai satu, tetapi Anda dapat menggunakan beberapa jenis aplikasi sekaligus.

LinkAja! BUMN Siap Ramaikan Pasar Fintech Indonesia 03 LinkAja 3 - Finansialku

[Baca Juga: LinkAja! BUMN Siap Ramaikan Pasar Fintech Indonesia]

 

#1 Go-Pay

Fitur pembayaran milik PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau yang lebih dikenal dengan nama Go-Jek merupakan salah satu fitur pembayaran yang cukup populer saat ini.

Sebenarnya Go-Pay juga diperkenalkan sebagai fitur pembayaran jasa Go-Jek, namun dengan penambahan fitur QR, maka Go-Pay sekarang sudah dapat dijadikan dompet digital dan Anda dapat berbelanja dengan mudah.

Banyak sekali merchant yang telah bekerja sama dengan Go-Jek.

Tidak tanggung-tanggung, hampir setiap bulannya, Go-Jek akan mengadakan promosi seperti diskon 80% atau cashback 50% setiap kali Anda bertransaksi dengan sistem pembayaran Go-Pay.

 

#2 Sakuku

Sakuku adalah dompet digital yang diluncurkan oleh salah satu bank yang paling terkenal di Indonesia, yaitu Bank BCA. Sakuku diluncurkan pada tahun 2016.

Pada awal peluncurannya, Sakuku lebih menargetkan nasabah usia muda yang lebih nyaman menggunakan teknologi.

Hingga kini, Sakuku telah banyak digunakan, khususnya oleh para nasabah Bank BCA.

Salah satu kelebihan yang membuat Sakuku lebih unggul dibandingkan dompet digital lainnya adalah fitur tarik tunai tanpa kartu yang ditawarkannya.

 

#3 Tcash

Siapa yang tidak tahu Tcash? Tcash milik salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia ini dapat dibilang sebagai salah satu pelopor dompet virtual di Indonesia.

Sistem yang dimiliki Tcash adalah pembayaran dilakukan dengan sebuah chip NFC (Near Field Communication) yang biasa ditempelkan di telepon genggam.

Chip ini biasa ditempelkan pada smartphone dan seluruh saldo dan pembayaran ada pada sebuah chip tersebut.

Salah satu keunggulan Tcash dibandingkan dompet virtual lainnya adalah, Anda tidak perlu bergantung pada koneksi internet dan tidak perlu mengunduh aplikasi untuk membayar.

Kerugiannya, Tcash hanya dapat digunakan oleh pengguna Telkomsel. Jadi bagi Anda yang non-Telkomsel, Anda tidak dapat menikmati Tcash ini.

 

#4 OVO

OVO adalah salah satu aplikasi dompet digital yang pemasarannya langsung menjamur dimana-mana. Mulai dari promo cashback 100% hingga hadiah langsung untuk pengisian saldo OVO.

OVO merupakan aplikasi dompet digital milik Lippo Group. Tidak heran jika Anda mengunjungi pusat perbelanjaan milik Lippo Group, pembayaran parkirnya harus menggunakan OVO.

OVO pun telah bekerja sama dengan beragam tenant, mulai dari restoran, tempat kecantikan hingga apotik dan tempat hiburan.

Bahkan OVO telah bekerja sama dengan GRAB Indonesia dan Tokopedia untuk memudahkan transaksi pelanggan.

 

#5 Dana.id

Salah satu aplikasi dompet digital yang terkenal karena pemasarannya adalah Dana.id. Dana.id sebelumnya tidak memiliki aplikasi sendiri.

Sistem e-Wallet ini sebelumnya mengusung konsep open platform dan dijadikan salah satu metode pembayaran untuk merchant online.

Tetapi, mempertimbangkan besarnya jumlah pengguna Dana.id, akhirnya aplikasi online Dana.id telah muncul sekaligus mempertahankan gunanya yang terdahulu.

 

Belanja dengan Bijak

Walaupun teknologi telah membuat segala transaksi menjadi mudah, bukan berarti Anda harus menjadi pribadi yang konsumtif.

Jadilah generasi yang sadar teknologi dan juga memiliki literasi finansial untuk masa depan yang lebih menjanjikan.

Ayo rencanakan dan kelola keuangan Anda mulai dari sekarang, agar terhindar dari perilaku konsumtif. Anda bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuangan Anda.

Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain itu, Anda juga bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan Anda dapat tepat sasaran.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Apakah Anda memiliki aplikasi dompet digital? Pernahkah Anda menggunakan aplikasi tersebut untuk berbelanja? Bagikan pengalaman Anda menggunakan dompet digital tersebut di kolom komentar bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Dompet Virtual – https://goo.gl/jhydBC