Salah satu keuntungan Sea Games untuk tuan rumah adalah naiknya perekonomian negara. Tapi bagaimana Sea Games bisa menaikkan perekonomian negara tuan rumah?

Mau tahu? Simak artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Sea Games 2019

SEA Games adalah ajang multiolahraga se-Asia Tenggara. Acara ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali dan melibatkan 11 negara-negara anggota Association of South East Asia Nation (ASEAN).

SEA Games 2019 akan dihelat di Manila, Filipina pada 30 November sampai dengan 10 Desember 2019. Segala aktivitas di pesta olahraga Asia Tenggara ke-30 ini bisa dipantau melalui aplikasi di perangkat bergerak.

 

“Menjadi tuan rumah SEA Games adalah kesempatan Filipina menunjukkan kepada dunia sejauh apa mereka melangkah, khususnya di era Presiden Rodrigo Duterte.”

Kalimat tersebut diutarakan senator Filipina, Christopher Lawrence Tesoro Go alias Bong Go saat menggelar konferensi pers di Gedung Senat, 23 Juli 2019 lalu.

Dasar dari pendapat itu sederhana, karena SEA Games adalah momen yang akan membuat media di seantero dunia mengarahkan lampu sorot mereka kepada Filipina.

Keuntungan Sea Games Untuk Perekonomian Negara Tuan Rumah 2

[Baca Juga: Harga Tiket Sea Games 2019 Membuat Warga Gigit Jari]

 

Dengan banyaknya keluhan yang ada, apakah Sea Games 2019 ini menjadi acara yang paling buruk dari yang sebelum-sebelumnya?

SEA Games memiliki banyak tujuan, diantaranya adalah untuk mengeratkan kerjasama, menyatukan pemahaman, dan mempererat hubungan antar negara di kawasan semenanjung Asia Tenggara.

Adapun tujuan khusus bagi negara tuan rumah seperti :

  • Untuk menarik investor untuk mendatangi tuan rumah
  • Dapat menunjukkan keindahan Sumber Daya Alam kepada negara-negara pendatang
  • Membuat negara tersebut punya fasilitas olahraga Internasional
  • Mengenal budaya serta adat istiadat atau kebiasaan dari negara tuan rumah
  • Dapat membuat sejarah bergengsi di SEA Games
  • Dapat meraih keuntungan jika meraih medali

 

Keuntungan Sea Games Secara Ekonomi

Sea Games ini tentu akan mengeluarkan banyak dana, dari manakah dana itu berasal?

Sebagai wajib pajak Anda wajib berbangga karena turut berkontribusi terhadap suksesnya Sea Games.

Hal ini karena sebagian besar dana pelaksanaan kegiatan olahraga ini dibiayai dari APBN yang sumber terbesarnya berasal dari setoran pajak.

Pesta olahraga dua tahunan ini diprediksi akan memberikan dampak positif bagi perekonomian suatu negara.

Salah satu dampak langsung Sea Games bagi perekonomian adalah pendapatan yang bakal diperoleh dari pengunjung.

Dana tersebut diperoleh dari penonton maupun wisatawan dalam dan luar negeri yang diprediksi mencapai 88,22% dari total pendapatan.

Sisanya berasal dari atlet yang mencapai 4,7%, awak media dalam dan luar negeri sebesar 3,96%, official 2,35% serta sukarelawan sebesar 0,76%.

Jadwal Timnas U-22 di SEA Games 2019, Pelayanan Buruk 03 - Finansialku

[Baca Juga: Jadwal Timnas U-22 di SEA Games 2019 dan Pelayanan Buruk?]

 

Selain itu, Sea Games adalah gelaran bertaraf internasional yang sangat bergengsi. Ketika event olahraga ini berlangsung, mata investor di seluruh dunia akan menyorot negara yang menjadi tuan rumah.

Dengan begitu bukan hal yang mustahil Sea Games bisa menjadi pintu bagi masuknya investasi asing di kemudian hari.

Hal lainnya yang menyumbang besar kepada pertumbuhan ekonomi suatu negara dari Sea Games adalah meningkatnya jumlah wisatawan yang datang dari berbagai negara untuk mendukung negaranya yang sedang bertanding.

Wisatawan yang datang pada umumnya akan menginap di hotel, pasti mencoba masakan khas juga menggunakan transportasi umum di negara tuan rumah. Hal ini akan sangat membantu perekonomian.

Misalnya untuk dapat mencicipi makanan dan minuman khas. Masuknya sekitar 150.000 penonton/wisatawan dan 20.000 atlet, official dan media akan meningkatkan konsumsi.

Karenanya, perusahaan-perusahaan terkait akan meningkatkan produksi demi memenuhi pertumbuhan konsumsi akan menambah karyawannya.

Hal yang sama juga berlaku untuk pengerjaan infrastruktur pendukung Sea Games. Penyerapan tenaga kerja banyak terjadi di level pekerja konstruksi.

Pemasukan bagi negara pun didapatkan dari penjualan souvenir yang ditawarkan, dari harga terjangkau sampai eksklusif, sehingga banyak warga lokal maupun warga negara asing berminat untuk membelinya.

Adanya perhelatan tersebut, pelaku usaha UMKM dapat hidup dan hal ini dan otomatis mengurangi angka pengangguran.

Dari antusiasme yang terlihat, akan banyak sekali barang yang habis terjual setiap harinya sehingga memberikan suntikan bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara.

 

Keuntungan Sea Games dan Asian Games yang Berkelanjutan

Berbicara keuntungan Sea Games bisa kita lihat dari perolehan surplus yang dialami oleh negara yang menghelat Asian Games sebelumnya.

Keuntungan yang didapat sebagai tuan rumah contohnya dalam gelaran Asian Games memang tidak kecil. 

Thailand, misalnya, meraup surplus Rp300 miliar setelah penyelenggaraan Asian Games XIII di Bangkok.

Sementara Korea Selatan berhasil mengantongi surplus Rp670 miliar pasca-Asian Games XIV di Busan. Nilai ini belum ditambah dengan keuntungan lain seperti pertumbuhan pariwisata dan pemanfaatan infrastruktur.

Hal serupa pun akan dirasakan oleh negara yang menjadi tuan rumah Sea Games 2019.

 

Bagaimana pendapat Anda terkait Artikel di atas? Anda bisa berikan tanggapan pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman Anda. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Firdaus Baderi. 4 September 2018. Dampak Asian Games Terhadap Ekonomi Negara. Neraca.co.id – https://bit.ly/2L6WiD0
  • Online Pajak. 21 Juni 2019. 4 Keuntungan Ekonomi yang Diperoleh Indonesia dari Asian Games. Online-pajak.com – https://bit.ly/2qZUYei

 

Sumber Gambar:

  • Keuntungan Sea Games 01 – http://bit.ly/2rJk01p
  • Keuntungan Sea Games 02 – http://bit.ly/35Rbkol