Apa saja keutamaan Bulan Ramadhan itu? Ternyata, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai Ramadhan.

Yuk baca dulu artikel menarik dari Finansialku ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Welcome Ramadhan! Yuk Sambut Keutamaan Bulan Ini

Keutamaan bulan ramadhan bagi seluruh umat Islam di dunia pada intinya adalah mempererat hubungan kita pada sang penguasa alam.

Bulan ramadhan atau biasa disebut sebagai bulan puasa merupakan bulan yang sangat ditunggu setiap tahunnya oleh seluruh umat Islam.

Karena selain bulan suci penuh dengan amalan juga merupakan bulan yang makin memperkuat tali silaturahmi. Oleh karena itu, perlu dipahami oleh umat Islam apa saja keutamaan yang bisa didapat dari bulan ramadhan ini.

 

7 Keutamaan Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan atau bulan puasa yang memiliki banyak stok pahala yang tersedia dengan banyaknya amalan yang akan kita lakukan, memberikan kita hikmah atau keutamaan bulan ramadhan tersebut dalam menjalaninya.

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini (Part 2) 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hikmah Puasa: Cara Menabung Pahala di Bulan Suci Ramadhan]

 

Jika kita ingin mengetahui lebih dalam lagi apa hikmah dan keutamaannya agar bisa makin tekun dalam menjalaninya, maka keutamaan tersebut antara lain sebagai berikut.

 

#1 Mendekatkan Diri Pada yang Maha Kuasa

Saat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, kita banyak melakukan amal ibadah yang harus dikerjakan pada bulan tersebut. Karena, memang bulan ramadhan merupakan bulan suci yang sudah dikhususkan untuk yang ingin memperbanyak pahala dan menghapus dosa.

Seperti melakukan puasa, salat tarawih, membayar zakat fitrah hingga pada akhirnya melakukan salat idul fitri. Bahkan, kita makin merasa kurang untuk beribadah dimana pada bulan biasanya kita disibukkan dengan dunia.

Tapi pada bulan ini kita jadi sering mengaji dan pergi ke masjid. Secara otomatis hubungan kita dengan yang maha Esa semakin intim dan dekat.

 

#2 Memperkuat Tali Silaturahmi

Selain bisa mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa, kita juga makin mempererat tali silaturahmi dengan keluarga ataupun kerabat. Dengan adanya bulan ramadhan bisa makin saling memperkuat jalinan silaturahmi.

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini 05 - Finansialku

[Baca Juga: Gimana Cara Mengatur Keuangan Orang yang Hobi Kuliner Supaya Keuangan Sehat?]

 

Agar hal ini dapat terlaksana, rajin-rajinlah menghubungi saudara atau kerabat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas hubungan baik selama bulan suci ini. Tentunya, ketika Idul Fitri tiba, pasti jadi tidak canggung lagi kan?

 

#3 Melatih Kesabaran

Dalam menjalankan ibadah puasa ini memang benar-benar melatih kesabaran, karena kita diuji untuk menahan lapar, haus dan amarah. Sehingga, kesabaran kita makin terlatih dan membuat kita menjadi orang sabar.

 

#4 Menghargai yang Kurang Mampu

Puasa pada dasarnya adalah wujud kepedulian umat Islam pada orang-orang yang kurang mampu dan tidak bisa menikmati makan setiap hari. Dengan kita melakukan puasa, artinya kita merasakan apa yang mereka rasakan. Serta juga bisa saling membantu melalui pembayaran zakat.

 

#5 Menjaga Stamina Tubuh

Melakukan puasa bukan hanya sekedar menahan haus dan lapar, tetapi juga termasuk salah satu cara diet versi Islam. Oleh karena itu, puasa juga bisa menjaga daya tahan dan stamina tubuh kita.

 

#6 Melembutkan Hati

Dengan berpuasa di bulan ramadhan, kita juga diwajibkan untuk menahan nafsu dan amarah. Jika kita bisa melakukan semua itu, maka kita sudah bisa melembutkan hati kita, Karena, ini juga merupakan salah satu keutamaan puasa.

Ikhwan Ukhti, Udah Tahu Belum 20 Fakta Bulan Ramadhan Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Usaha Indonesia Di Luar Negeri Berhasil dan Sukses Mewarnai Dunia Kuliner]

 

#7 Merendah Diri

Berpuasa dengan tidak makan ataupun minum, membuat kita makin mengakui kelemahan kita. Dimana kita tidak bisa hidup tanpa makan dan minum, sehingga kita bisa lebih merendahkan diri di hadapan Yang Maha Esa.

 

Fungsi Keutamaan Ramadhan Bagi Kita

Mengetahui keutamaan dari bulan Ramadhan makin menyadarkan diri kita, bahwa kita sebagai manusia bukanlah siapa-siapa.

Dengan begitu, kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan semakin bisa memperbaiki diri menjadi lebih sabar, sadar diri, saling bersosialisasi, tidak sombong dan menghargai waktu dan kesehatan yang kita miliki.


Oleh karena itu, fungsi keutamaan bulan  ramadhan membuat kita harus lebih bersyukur lagi menjadi manusia yang tidak berkekurangan dan bahkan harus saling berbagi.

 

 

Yuk manfaatkan momen Ramadhan untuk mendapatkan keutamaanya. Ajak teman-temanmu membaca artikel ini, untuk mengisi waktu puasa, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Lusiana Mustinda. 16 April 2020. 7 Keutamaan Bulan Ramadhan yang Perlu Kamu Tahu. News.detik.com – https://bit.ly/2KIpu2O