Kilang minyak milik Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin (29/03) dini hari.

Ketahui selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Diduga Petir Menjadi Penyebab Kilang Minyak Terbakar

Kilang minyak milik Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin (29/03) dini hari.

Dalam sebuah video yang beredar di sosial media, tampak asap hitam membumbung tinggi di langit sekitaran area kilang minyak tersebut. Api berkobar hebat bahkan terlihat dari jarak sejauh lima kilometer.

Cnnindonesia mewartakan ada sedikitnya 20 orang mengalami luka akibat kebakaran hebat tersebut.

Ifky Sukarya, Corsec Subholding Refining & Petrochemical Pertamina menyebutkan kebakaran terjadi pada pukul 00.45 WIB saat terjadi hujan deras dan diduga petir menjadi penyebab kebakaran.

Saat ini, petugas kebakaran dari Pertamina RU VI Balongan tengah melakukan pemadaman.

Warga disekitar tangki juga sudah diamankan ke tempat yang sudah disediakan oleh tim dari Pertamina.

Jalan utama disekitar kilang minyak yang biasa dilalui masyarakat umum saat ini diblokade untuk memudahkan koordinasi pemadaman.

Saat ini juga tengah dilakukan pemutusan atau normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran.

Sekedar informasi, kilang VI Balongan adalah kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero).

Kegiatan bisnis utama di kilang yang mulai beroperasi pada 1994 ini adalah mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non BBM dan Petrokimia. (hyg)

Dengan adanya insiden ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal.

 

Warga Dievakuasi

Berdasarkan laporan dari Tribunnews, mobil ambulan dan truk petugas hilir mudik di lokasi kebakaran untuk mengevakuasi sejumlah warga yang mengalami luka-luka akibat meledaknya PT Pertamina RU VI Balongan.

Melansir dari tribunnews.com, mereka yang mengalami luka-luka dilarikan ke RS Pertamina Balongan dan RSUD Indramayu.

Selain mengevakuasi korban, petugas juga mengevakuasi warga di sejumlah desa yang berlokasi di sekitaran PT Pertamina RU VI Balongan.

Perumahan Bumi Patra dan Pendopo Indramayu diketahui dijadikan sebagai lokasi pengungsian dadakan.

Sebagian warga lagi mengungsi dengan menggunakan kendaraan pribadi masing-masing. Di tempat pengungsian sendiri, sudah disiapkan tenaga medis. Mereka akan memeriksa kondisi kesehatan dari para warga.

 

banner -mengupas pentingnya dana darurat

 

Bagikan informasi ini lewat berbagai platform yang tersedia, kepada kawan atau sanak-saudara mu, agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 29 Maret 2021. Kilang Minyak Pertamina di Balongan Indramayu Terbakar. Kompas.com – https://bit.ly/3swfttN
  • Redaksi. 29 Maret 2021. Bupati Indramayu Kawal Pemadaman Kilang Minyak Pertamina. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3rqbtK0
  • Redaksi. 29 Maret 2021. Diduga Ini Penyebab Kebakaran Kilang Minyak Pertamina di Balongan. Tribunnews.com – https://bit.ly/3cvRh53

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/3swsVO9