Nama Brian Halligan dan HubSpot.com mungkin belum tenar di Indonesia. Brian Halligan adalah seorang pendiri perusahaan startup yang sukses di Amerika. Perusahaannya bahkan menjadi trend setter dalam dunia internet marketing.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Kisah Sukses Brian Halligan Pendiri HubSpot.com

Brian Halligan adalah seorang pebisnis Amerika sekaligus penulis buku. Beliau adalah CEO dan pendiri HubSpot, perusahaan internet marketing di Cambridge, Massachusetts. Beliau juga adalah seorang pengajar senior di MIT. Brian Halligan menggunakan istilah inbound marketing untuk mendeskripsikan jenis pemasaran internet yang diterapkannya di HubSpot.com. Brian Halligan juga sempat menulis dua buku berjudul Inbound Marketing bersama rekannya Dharmesh Shah dan Marketing Lessons from the Grateful Dead bersama David Meerman Scott.

Kisah Sukses Brian Halligan Pendiri Hubspot.com 2 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukes Mark Zuckerberg pendiri Facebook]

 

Brian Halligan lahir di Westwood, Massachusetts dan tumbuh besar di kota yang sama. Brian Halligan lulus S1 teknik elektro di University of Vermont dan mendapatkan gelar MBA dari MIT Sloan School of Management. Karirnya berawal dari perusahaan Parametric Technology Corporation dan menjalani tangga korporasi. Brian Halligan sempat mencapai posisi vice president di Pacific Rim.

Tidak puas dengan posisinya, Brian Halligan pindah ke perusahaan yang lebih kecil bernama Groove Networks dan menjabat posisi vice president of sales. Perushaaan tersebut kemudian dibeli oleh Microsoft dan diberi nama Microsoft Share Point Workspace.

Kisah Sukses Brian Halligan Pendiri Hubspot.com 3 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Jack Ma Pendiri Alibaba.com]

 

Setelah satu periode bergabung di Longworth Ventures, Brian Halligan mendirikan HubSpot pada Juni 2006. Beliau mendirikan HubSpot.com bersama cofoundernya Dharmes Brian. Pada tahun 2012, majalah Inc melaporkan perusahaannya sudah menghasilkan penjualan sebesar $28,5 juta dan memiliki 304 karyawan. Salah satu kunci suksesnya adalah mendorong inovasi dari para karyawannya.  Brian Halligan juga menduduki jabatan sebagai direktur dari House of Possibilitie dan Massachusetts Innovation and Technology Exchange (MITX).

 

Perusahaan Software dan Penyedia Jasa

HubSpot.com adalah perusahaan penyedia jasa manajemen konten untuk website, pemasaran dengan menggunakan media sosial, web analytics, landing pages dan SEO. Jika apllikasi HubSpot.com mempermudah kita untuk membuat website, mengelola website dan melakukan pemasaran online dengan website.

YouTube Courtesy. Hubspot – About Us

 

Hubspot.com didirikan oleh Brian Halligan dan Dharmesh Shah di MIT pada tahun 2006. Perusahaan tumbuh dari penghasilan sebesar US$ 255.500 (sekitar Rp 2,5M – Rp 3M) pada tahun pertama dan menjadi perusahaan US$ 15,6 juta (sekitar Rp 156M – Rp 202M) pada tahun 2010.

Kisah Sukses Brian Halligan Pendiri Hubspot.com 1 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Peter Thiel Pendiri PayPal]

 

Kemudian HubSpot dilaporkan telah membeli perusahaan oneforty. HubSpot dilaporkan listing di bursa saham Amerika (NYSE) pada 25 Agustus 2014.

 

Pelajaran dari Kesuksesan HubSpot

Pelajaran berharga dari HubSpot.com adalah Brian Halligan adalah seorang entrepreneur yang benar-benar fokus pada penjualan dan sales. Beliau memberi kebebasan pada karyawannya, mendidik karyawannya, membangun jiwa leadership dan menemukan orang-orang yang memiliki passion. 

Brian mengatakan kunci suksesnya adalah merekrut tenaga penjual (sales) yang berkualitas dan kemudian dia mendidikan serta meningkatkan kerja sama tim. Anda dapat melihat sendiri  keseruan kerja di HubSpot.

Youtube Courtesy. Hubspot – Inside Hubspot

 

Semoga cerita tentang kisah sukses Brian Halligan pendiri HubSpot.com dapat menginspirasi Anda dan memberikan gambaran keseruan dan tantangan yang dihadapi seorang entrepreneur.

 

Menurut Anda seberapa penting kemampuan menjual (sales) untuk sebuah perusahaan?

 

Sumber gambar:

  • HubSpot : http://goo.gl/QTh9vh
  • Brian Halligan : http://goo.gl/WZB2oG
  • Dharmesh Brian : http://goo.gl/9Kd1vE

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang