Akan menarik bila kita membahas seorang public figure, dan kali ini Finansialku akan membahas kisah sukses seorang Ganjar Pranowo.  

Siapa yang tak tahu tokoh yang satu ini, tapi sudahkah Anda mengetahui bagaimana sepak terjangnya? Kita akan bahas bersama.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo, S.H, M.IP lahir di Karanganyar, Jawa Tengah pada tanggal 28 Oktober 1968. Beliau menyelesaikan pendidikan Sarjana di Universitas Gajah Mada dengan Program Studi Hukum dan melanjutkan S2 di Universitas Indonesia dengan mengambil Program Studi Pascasarjana Ilmu Politik.

Perjalanan karier seorang Ganjar Pranowo berawal dari Konsultan HRD PT. Prakarsa 1995-1999, hingga pada tahun 2007-2010 ia menjabat Sekretaris I Fraksi PDIP DPR Ridan Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI 2010-2013 hingga akhirnya menjadi Gubernur Jawa Tengah 2013 – Sekarang.

Sukses Ganjar Pranowo 1

[Baca Juga: Belajar 7 Poin PENTING Dari Kisah Sukses Erick Thohir]

 

Tentu bukan hal mudah bagi Ganjar Pranowo untuk mencapai posisinya saat ini. Sudah banyak energi dan waktu yang beliau korbankan untuk berdiri di posisinya saat ini. Sebagai orang nomor satu di Provinsi Jawa Tengah.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Dari Jualan Hingga Nyeker

Lahir dari keluarga yang sederhana, ayahnya S Parmudji yang hanya seorang polisi berpangkat rendah harus menghidupi istri dan enam anaknya. Ibunda Ganjar, Sri Suparni, bahkan juga membantu ekonomi keluarganya dengan berjualan kelontong dan bahan bakar minyak (BBM) eceran.

Dahulu, Ganjar suka membantu orangtuanya untuk berjualan bensin kulakan, jika lebaran tiba begadang dengan sang kakak untuk jaga warung. Ada hal yang Ganjar rindukan dimasa kecilnya yaitu saat berangkat sekolah dasar bersama teman-temannya.

Sukses Ganjar Pranowo 2

[Baca Juga: Kisah Sukses Elon Musk, Pendiri SpaceX]

 

Saat berangkat sekolah Ganjar dan teman-temannya saling ‘ngampiri’ dan ‘nyeker’ bareng karena tidak punya sepatu.

Kenangan pahit juga membekas di hati Ganjar Pranowo ketika keluarganya terusir dari rumah yang mereka tinggali. Sebuah rumah masa kecil di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, harus dijual.

Sang ayah sepakat dengan pembeli rumah bahwa keluarganya masih diizinkan menempati sementara sampai mendapat rumah kontrakan. Tetapi nasib tidak beruntung.

Pembeli rumah meminta keluarga Ganjar untuk segera pindah dari rumah tersebut, meskipun tidak sesuai dengan kesepakatan.

Tetapi ayah Ganjar memilih untuk mengalah dan keluar dari rumah tersebut, mencari rumah kontrakan dari malam hingga subuh hingga akhirnya tinggal di sebuah rumah yang bersebelahan dengan bangunan pabrik gamping.

 

Kisah Sukses Ganjar Pranowo dalam Karier

Kesuksesan seorang Ganjar Pranowo tentu tidak dengan mudah ia dapat. Dukungan dari keluarga membuatnya selalu punya semangat untuk mencapai mimpi yang ia inginkan.

Perjalanan karier Ganjar dimulai saat ia bekerja sebagai Konsultan HRD PT Prakarsa 1995-1999.

Tahun 2004 ia memberanikan diri terjun ke dunia politik dengan menjadi Anggota Komisi IV DPR RI 2004-2009 (Bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, Pangan)

Sukses Ganjar Pranowo 4

[Baca Juga: Kisah Sukses Kylie Jenner, Pengusaha Muda yang Kaya Raya]

 

Selanjutnya pada tahun 2009-2013 ia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI (Bidang Pemerintahan Dalam Negeri, Otonomi Daerah, Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi, Pemilu, Pertanahan Dan Reformasi Agraria).

2009-2010 ia diminta untuk menjadi Anggota Pansus Angket Bank Century di DPR RI dan dilanjutkan dengan Anggota Timwas Century di DPR RI pada 2010-2013.

Tak lupa ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Pansus RUU tentang Partai Politik di DPR RI 2007-2009, Ketua Pansus tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD di DPR RI 2007-2009 serta menjadi bagian dari Anggota Badan Legislatif DPR RI 2004-2010.


Karena ia bergabung juga kedalam Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kariernya boleh dikatakan cemerlang karena pada 2007-2009 ia menjabat sebagai Sekretaris I Fraksi PDIP DPR RI dan ia juga melanjutkan posisinya hingga menjadi Sekretaris Fraksi PDIP MPR RI 2009-2010.

Jabatan terakhir yang ia jabat sebelum ia menjabat adalah Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI 2010-2013.

Puncak kariernya tahun 2013 di mana ia berhasil menjadi pemenang. Pemilihan untuk menentukan siapa yang menjadi orang nomor satu di Provinsi Jawa Tengah. Hingga saat ini ia masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, 2013-Sekarang.

Hasil kerja keras yang dilakukan Ganjar Pranowo juga menjadi soroton pihak lain, ada 5 hal yang membuat Ganjar Pranowo bisa dibilang berhasil dalam memimpin Provinsi Jawa Tengah.

Berikut hasil kerja keras Ganjar dalam mengubah Provinsi Jawa Tengah menjadi lebih baik:

  1. Mendorong tumbuhnya lembaga keuangan
  2. Pembagian kartu tani untuk kesejahteraan para petani
  3. Pengelolaan pengembangan lalu lintas dan angkutan jalan
  4. Penanganan jalan berlubang dengan cepat
  5. Tegas dalam memberantas pungli

 

Hasil kerja keras dari Ganjar Pranowo ini bisa menjadi contoh yang baik bagi pemimpin-pemimpin daerah lainnya. Untuk Indonesia menjadi negara yang lebih baik.

 

Sebagai tokoh Indonesia, Ganjar Pranowo merupakan tokoh yang cukup menjadi idola, dengan segala cerita kesuksesannya. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki komentar mengenai tokoh yang satu ini?

Bila ada coba bagikan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini. Kesuksesan seseorang terkadang menjadi sebuah inspirasi bagi orang lain untuk menjadi turut sukses. Jadi silakan bagikan artikel kesuksesan Ganjar Pranowo ini kepada rekan atau saudara Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 30 Januari 2018. Cerita Masa Kecil Ganjar Pranowo, dari Jualan Hingga Nyeker. Liputan6.com – https://bit.ly/352H8aM
  • Admin. Profil Pimpinan Profil Gubernur Jawa Tengah. Jatengprov.go.id – https://bit.ly/2Yaj5W9
  • Faradina. 5 Keberhasilan Ganjar Pranowo Memimpin Jawa Tengah yang Luput dari Perhatian. Boombastis.com – https://bit.ly/35a7VC3

 

Sumber Gambar:

  • Sukses Ganjar Pranowo 1 – https://bit.ly/2VVeIeP
  • Sukses Ganjar Pranowo 2 – https://bit.ly/2Y5vla3
  • Sukses Ganjar Pranowo 3 – https://bit.ly/3axQcWp
  • Sukses Ganjar Pranowo 4 – https://bit.ly/2S0rdVd