Bagaimana cara daftar dan cek saldo KJP Plus untuk anak sekolah? Ternyata, langkah-langkah yang harus dilakukan tidak sulit lho!

Simak dulu yuk artikel Finansialku berikut ini agar anak-anak bisa mendapatkan pembiayaan pendidikan secara maksimal.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

KJP Plus untuk Anak Usia Sekolah

KJP merupakan singkatan dari Kartu Jakarta Pintar yang pertama kali dikeluarkan pada masa kepemimpinan Joko Widodo saat menjadi Gubernur Jakarta.

Cara Daftar dan Cek Saldo KJP Plus Bagi Anak Sekolahan 02 KJP 2 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Menyiapkan Dana Pendidikan untuk Anak Anda? Simak Cara Rahasia Berikut Ini!]

 

Namun, di era kepemimpinan Anies baswedan program ini dioptimalkan menjadi KJP Plus. Lalu apa perbedaan KJP dan KJP Plus?

Sebelum kita membahas bagaimana cara mendaftar dan cek saldo KJP Plus bagi anak sekolah, alangkah lebih baik jika kita mengetahui perbedaan antara KJP dan KJP Plus terlebih dahulu.

 

Perbedaan KJP dan KJP Plus

Kedua jenis program pemerintah Jakarta ini memang mirip, namun tetap saja keduanya memiliki perbedaan. Berikut ini perbedaan KJP dan KJP Plus.

  • Sasaran: usia sasaran KJP adalah 7-18 tahun, sedangkan pada KJP plus ditambah menjadi 6-21 tahun
  • Fitur: jika KJP hanya bisa digunakan untuk menaiki Transjakarta, maka pada KJP Plus bisa mendapatkan diskon belanja keperluan pendidikan, masuk museum dan wahana pendidikan secara gratis
  • Penggunaan: KJP Plus bisa ditarik tunai, sementara KJP hanya bisa digunakan nontunai

Dari perbedaan-perbedaan di atas, dapat diketahui bahwa program KJP ini dioptimalkan pada KJP Plus.

Dengan memiliki KJP Plus maka Anda akan mendapatkan manfaat berupa jaminan sekolah hingga tamat SMA, taraf pendidikan masyarakat dan jumlah angka pendidikan di Jakarta juga meningkat.

Lalu bagaimana cara mendaftar KJP Plus untuk anak sekolah?

 

Cara Mendaftar KJP Plus Bagi Anak Sekolahan

Agar tidak salah dalam mendaftar dan memenuhi administrasi dari program ini, maka Anda perlu memahami beberapa poin penting yang harus dicatat. Berikut ulasannya:

 

Syarat Mendaftar KJP Plus

Sebelum mendaftar KJP Plus, pastikan Anda/anggota keluarga memenuhi syarat-syarat berikut ini:

  • Memiliki Kartu Keluarga & berdomisili di DKI Jakarta
  • Terdaftar dalam Basis Data Terpadu atau sumber lain yang ditetapkan sesuai dengan keputusan Gubernur
  • Membuat surat pernyataan tidak mampu (SKTM)
  • Terdaftar dan masih aktif sebagai siswa di salah satu lembaga pendidikan di Kota Jakarta
  • Direkomendasikan oleh sekolah yang bersangkutan
  • Bersedia menandatangani lembar Pakta Integritas
  • Berperilaku baik seperti, tidak merokok/menggunakan narkoba, tidak bolos, tidak tawuran, tidak terlibat kekerasan atau bullying, tidak terlibat geng motor dan tidak melakukan perbuatan asusila dan lain sebagainya.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Berkas Pendaftaran KJP Plus

Selain syarat-syarat tersebut di atas, sebelum Anda mendaftar KJP Plus sebaiknya Anda menyiapkan berkas-berkas berikut ini.

  • Surat Permohonan penerima bantuan sosial (Bansos KJP Plus)
  • Surat pernyataan tanggung jawab dari orang tua/wali & berita acara peninjauan lapangan
  • Surat pernyataan tanggung jawab sekolah bermeterai
  • Surat rekomendasi untuk membuat surat keterangan tidak mampu (SKTM)
  • Pernyataan ketaatan dalam menggunakan bantuan biaya operasional bagi peserta didik
  • Daftar calon penerima KJP Plus ditanda tangani kepala sekolah dan diketahui oleh kepala satuan Pelaksana Pendidikan Kecamatan.

 

Alur Pendaftaran KJP Plus

Adapun alur pendaftaran KJP Plus bagi anak sekolah dimulai dari orang tua dan siswa mengisi formulir pendaftaran KJP Plus.

Formulir dapat di-download di website resmi Pemprov DKI Jakarta menyerahkan formulir tersebut kepada pihak sekolah, lalu sekolah menginput data pada sistem KJP.

Setelah input data selesai, sekolah mencetak form verifikasi kunjungan dan lakukan verifikasi kunjungan lapangan.  Sekolah menginput hasil verifikasi kunjungan lapangan dan mencetak berita acara kunjungan.

Selanjutnya kepala sekolah menyetujui hasil dari verifikasi dalam berita acara. Kemudian, cetak dan mengumumkan daftar sementara Tahap 1

Bagian administrasi akan menerima masukan tertulis daftar sementara pada tahap 1, operator sekolah dapat melakukan perubahan atau penambahan calon penerima.

Setelah itu, dilakukan proses mencetak dan mengumumkan daftar penerima sementara Tahap 2. Calon penerima KJP membuat Surat Keterangan Tidak Mampu di kelurahan setempat

 

Proses Input Final

Siswa melengkapi berkas persyaratan dan menyerahkannya kepada sekolah.

Kemudian operator sekolah menginput kelengkapan data & kepala sekolah menyetujui dengan daftar final calon penerima KJP Plus untuk kemudian diverifikasi dan disetujui oleh Kepala Seksi Pendidikan Kecamatan.

Siswa memeriksa status pengajuan di website resmi KJP. Apabila data telah terverifikasi semua, maka selanjutnya Anda hanya tinggal menunggu pengumuman tahap akhir.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Cara Cek Saldo KJP Plus Bagi Anak Sekolah

Jika Anda/anggota keluarga telah mendapatkan kartu KJP, maka selanjutnya Anda bisa melakukan pencairan dana yang akan Anda dapatkan.

Setelah siswa telah mendaftarkan ke KJP Plus maka, siswa akan dibuatkan rekening Bank DKI Jakarta sebagai tempat untuk menyalurkan dana.

Perbedaan antara kartu ATM KJP Plus dengan kartu ATM lain terletak pada pengalokasian dana yang disesuaikan dengan waktu penyaluran.

Saldo KJP Plus terbagi menjadi dua yaitu, saldo rekening Bank DKI dan saldo yang dapat dicek melalui ATM Bank DKI. Saldo dalam rekening merupakan dana yang disalurkan setiap bulan atau semester.

Dengan begitu Anda dapat menggunakan KJP Plus apabila dana telah disalurkan pada ATM KJP Plus.

Kemudian apa saja barang yang dapat ditransaksikan dengan KJP Plus?

Sebagai program pendukung pendidikan Pemprov DKI Jakarta, KJP Plus membantu meningkatkan taraf pendidikan masyarakat Jakarta.

Dengan begitu, transaksi yang dapat dilakukan dengan kartu KJP Plus adalah transaksi barang yang menunjang pendidikan siswa penerima bantuan KJP Plus, seperti buku tulis, buku gambar, buku pelajaran, alat tulis lain (pensil, pulpen, penghapus dan rautan), bahan praktek, seragam, USB flaskdisk, pembayaran kegiatan dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana cara mengecek saldo di KJP Plus?

Cara cek saldo KJP Plus pada umumnya sama seperti mengecek saldo pada ATM. Dengan menggunakan kartu ATM Bank DKI, Anda dapat melakukan pengecekan saldo di Bank DKI.

Apakah Anda sudah menyiapkan dana pendidikan untuk anak Anda? Apakah semuanya sudah direncanakan dengan baik? Tenang, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, selamat membaca.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Dengan adanya bantuan dana pendidikan tersebut diharapkan masyarakat Jakarta mendapatkan jaminan pendidikan yang berkualitas.

Jadi, jangan lupa membagikan informasi tentang dana pendidikan ini pada sesama orangtua murid ya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Dwi Rizki. 07 Januari 2019. JP Plus Sudah Bisa Dicairkan Sejak 3 Januari, Begini Ketentuannya. tribunnews.com – http://bit.ly/2JkRKck
  • Boby. 11 Februari 2019. Belum Banyak Orang yang Tahu, Ini Untungnya Punya KJP Plus buat Anak Sekolah. Moneysmart.id – http://bit.ly/2VMNNnb

 

Sumber Gambar:

  • KJP 1 – http://bit.ly/2JlSFsP
  • KJP 2 – http://bit.ly/2Wp2KZW