Pebasket senior Kobe Bryant dikabarkan tewas dalam kecelakaan helikopter pada Minggu (26/01). Dia tewas pada usia 41 tahun dan meninggalkan istrinya, Vanessa Laine Bryant.

Bagaimana perjalanan kariernya di dunia NBA sebelum dia meninggal? Simak artikel lengkapnya di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Kobe Bryant Tewas Mengenaskan

Minggu, (26/01), pebasket legendaris NBA, Kobe Bryant dilaporkan meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter yang ditumpanginya di California, Amerika Serikat.

Kecelakaan tersebut dikabarkan terjadi sekira pukul 10 pagi waktu setempat. Berdasarkan laporan TMZ, semua penumpang helikopter itu tidak ada di antaranya yang selamat.

Berdasarkan laporan otoritas setempat, terdapat total lima orang tewas termasuk awak helikopter dan pebasket Kobe Bryant beserta anak perempuannya, Gianna Maria Onore yang masih berusia 13 tahun.

Dikutip dari laman LA Times, Helikopter yang ditumpangi oleh Kobe Bryant ini berjenis Sikorsky s-76. Diketahui, helikopter ini mengalami kebakaran hebat dan membuat tim pemadam kebakaran mengalami kesulitan saat proses pemadaman api yang melahap kerangka helikopter itu.

Sejumlah saksi mata juga menambahkan, mereka mendengar dan melihat mesin helikopter bersuara keras sebelum terjatuh.

Tewas dalam Kecelakaan, Ini Peninggalan Prestasi Kobe Bryant 02 - Finansialku

[Baca Juga: Fakta Menarik Maria Selena, Atlet yang Menjadi Puteri Indonesia]

 

Lokasi peristiwa yang merenggut lima nyawa ini cukup jauh dari pemukiman warga, dan di padang ilalang. Hal ini juga faktor yang menyulitkan tim pemadam kebakaran dalam memadamkan kobaran api.

Kobaran api juga turut menyambar ilalang kering, yang mana turut menyulitkan tim penyelamat.

Dilansir dari laman Liputan6.com, hingga saat ini, belum diketahui pasti apa penyebab kecelakaan mengenaskan itu. Penyeledikan pun masih terus dilakukan FAA, Tony Imbrenda dari Regu Pemadam Kebakaran Los Angeles Country.

Kejadian mengenaskan ini tentu mengejutkan banyak pihak ternama yang turut menyampaikan rasa terkejut dan dukanya lewat akun media sosial pribadi mereka seperti pemain bola Atlanta Hawks, Trae Young.

This s*** can’t be real… this the first moment I was able to meet Gianna Maria, She’s been to only 3 games this year… 2 of them were mine… She told me I was her favorite player to watch. I can’t believe this. Rest easy Gigi <3”  Tulis Trae Young.

 

Cuitan lain juga ditulis oleh figur ternama lainnya seperti Joel Embiid yang menyatakan bahwa Kobe Bryant selama ini adalah figur idolanya yang membuat dia memulai karir basket secara profesional.

“Man I don’t even know where to start. I started playing ball because of KOBE after watching the 2010 finals. I had never watched ball before that and that finals was the turning point of my life. I WANTED TO BE LIKE KOBE. I’m so FREAKING SAD right now!!!! RIP LEGEND.” Tulisnya.

 

Sosok Legenda

Perjalanan karier Kobe Bryant di dunia basket memang tidak berjalan semudah yang diketahui banyak orang.

Pebasket yang juga dikenal sebagai guard untuk Los Angeles Lakers, terutama untuk posisi shooting guard ini mengawali karirnya sebagai pemain basket sekolahan di Lower Merion High School, Pennsylvania.

Tewas dalam Kecelakaan, Ini Peninggalan Prestasi Kobe Bryant 04 - Finansialku

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Yuk Belajar Bisnis dari 15 Atlet Top Dunia!]

 

Mengutip laman The Irish Times, selesai belajar di bangku SMA, dia masuk pada urutan ke-13 dalam draft 1996 oleh Charlotte Hornets. Bryant yang masih berusia 18 tahun kemudian dijual ke Los Angeles Lakers.

Debutnya dimulai di Summer Pro League yang digelar di Long Beach, California. Saat itu, dia berhasil mencetak 25 poin.

Bukan hanya mampu menunjukan performanya yang luar biasa dalam ‘panggung’ debutnya, dia juga dikenali sebagai pemain yang mampu melompat tinggi, juga menjadi favorit penggemar setelah dia berhasil memenangkan Slam Dunk Contest di tahun 1997.

Dilansir dari laman olahragapedia.com, Pada musim ketiga tahun 1998/1999, Bryant juga didapuk menjadi seorang guard paling penting di liga.

Sejak saat itu, setiap tahun, kariernya selalu mengalami kenaikan yang sangat signifikan, dan membuatnya menjadi salah satu pebasket legendaris yang dikagumi banyak orang.

Meski begitu, dia juga sempat terhambat oleh beberapa masalah yang dialaminya seperti perseteruannya dengan O’Neal (Shaq) yang membuat Shaq pindah ke tim Miami Heat.

Tidak hanya itu, dikutip dari laman cnnindonesia.com, tahun 2003, dia juga pernah dituduh melakukan serangan seksual kepada salah satu karyawan hotel berumur 19 tahun.

Sejak itu, reputasinya sempat anjlok. Pada 2004, dia kemudian menggelar konferensi pers dan meminta maaf atas insiden tersebut kepada semua pihak.

Tewas dalam Kecelakaan, Ini Peninggalan Prestasi Kobe Bryant 03 - Finansialku

[Baca Juga: 16 Asuransi Unik yang Dimiliki Oleh Artis dan Atlet di Dunia]

 

Peristiwa ini tidak telak membuat Bryant berhenti menorah banyak prestasi. Di tahun yang sama, dia bahkan masih sempat terpilih untuk masuk ke dalam NBA All-defensive Team.

Hingga akhirnya pada musim 2015/2016, dia terkena cedera betis dan membuatnya terpaksa harus melewatkan 2 game dan memulai musik ke-20nya dengan Lakers.

Mengakui kinerja tubuhnya yang menurun, 29 November 2015, Bryant akhirnya memutuskan untuk pensiun pada akhir musim dengan mengumumkan via The Player’ Tribune.

Perjalanan panjang karirnya juga sempat didokumentasikan dalam sebuah film animasi pendek yang diadaptasi dari puisi yang pernah dibacakannya saat memutuskan untuk pensiun dari NBA pada 29 November 2015, berjudul Dear Basketball.

 

Selain perjalanan karir Kobe Bryant, Anda bisa melihat perjalanan karir dan tips sukses dari Michael Jordan. Cek video berikut ini:

 

Dedikasinya yang maksimal dalam dunia basket, membuatnya banyak diidolakan dan dijadikan motivasi buat para atlet basket.

Tak pelak, kepergiannya yang membuat banyak pihak terkejut dan terpukul berat, termasuk keluarganya.

Yuk, share artikel ini kepada rekan terdekat Anda, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Bagas Chrisara. 27 Januari 2020. Kobe Bryant. Wikipedia.org – http://bit.ly/2tS1y8f
  • Arby Rahmat. 15 Desember 2014. Jejak Kobe Bryant: Dari Sekolah ke Daftar Rekor NBA. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/2RuMdDJ
  • Rita Nora. 2018. Profil Kobe Bryant – Karier Profesional dan Prestasi. Olahragapedia.com – http://bit.ly/2NZk0ma
  • Andhika Putra. 5 September 2017. Kobe Bryant Ceritakan Perjalanan Karier Lewat Film Animasi. Bola.com – http://bit.ly/2sZuomF
  • Admin. 27 Januari 2020. Kronologi Kecelakaan Helikopter Penyebab Kobe Bryant Tewas. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/2GrHxIo
  • Eris Eka Jaya. 27 Januari 2020. Kobe Bryant Tewas Kecelakaan Helikopter, Pemain NBA Sulit Terima Kenyataan. Kompas.com – http://bit.ly/2Gq1z63
  • Bayu Galih, Nugyasa Laksamana. 27 Januari 2020. Kobe Bryant Meninggal Dunia, Berikut Torehan Prestasi dalam Kariernya. Kompas.com – http://bit.ly/2TXTnC3
  • Gregah Nurikhsani. 27 Januari 2020. Kronologi Tewasnya Kobe Bryant Menurut Saksi Mata. Liputan6.com – http://bit.ly/3aH1eK6
  • Admin. 27 Januari 2020. Breaking News, Pebasket Kobe Bryant Tewas dalam Kecelakaan Helikopter. Kompas.com – http://bit.ly/2tS7EWc

 

Sumber Gambar:

  • Kecelakaan Kobe Bryant – https://bit.ly/30UXkJb
  • Kobe Bryant dan Gianna Maria Onore Bryant – https://bit.ly/30VULXa
  • Kobe Bryant – https://bit.ly/2TZsCxa dan https://bit.ly/2RSQ5gx