Untuk kamu si pecinta tanaman hias wajib gabung ke komunitas pecinta tanaman hias! Bagaimana cara gabungnya?

Yuk, cari tahu dalam artikel ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Serunya Bergabung dengan Komunitas Pecinta Tanaman Hias

Tren mengoleksi tanaman hias semakin meningkat. Apalagi semenjak pandemi.

Memang, tanaman hias tak hanya indah dilihat, tetapi juga bermanfaat. Apalagi, jika kamu bergabung dengan komunitas tanaman hias.

Kegiatan seru seringkali diadakan dalam komunitas ini, seperti talkshow, pelatihan, diskusi, pameran, berbagi cerita di grup jual beli tanaman hias, sampai informasi seputar merawat tanaman hias.

Pokoknya, kamu tidak akan ketinggalan informasi terbaru mengenai tanaman hias.

Cari Komunitas Tanaman Hias Gini Cara Gabungnya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Janda Bolong, Tanaman Hias Harga Sultan]

 

Bahkan, kamu bisa mendapatkan tanaman hias incaranmu dengan harga terjangkau lewat event lelang. Seru sekali, kan?

Hobi merawat tanaman hias perlu diiringi dengan kemampuan mengatur keuangan yang baik. Jika kesehatan keuangan baik, hobimu ini bisa terus berjalan.

Oleh karena itu, kamu harus selalu memeriksa kesehatan keuanganmu secara berkala.

Seperti halnya tubuh, kondisi keuangan pun harus diperiksa. Caranya mudah. Cukup gunakan fitur Financial Health Check Up di aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku adalah aplikasi pencatatan keuangan dengan berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mencapai tujuan keuanganmu.

Fitur Financial Health Check Up salah satunya. Ingin mencobanya? Yuk, unduh aplikasinya di Google Play Store atau dengan klik tautan di bawah ini.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Setelah mengunduhnya, kamu dapat mengetahui kesehatan keuanganmu itu baik atau buruk dengan cara mengisi data yang diminta di fitur Financial Health Check Up.

Jadi, jangan hanya mengecek kesehatan tanaman hias saja. Mengecek kesehatan keuangan pun penting ya, Sobat Finansialku!

 

Cara Gabung Komunitas Pecinta Tanaman Hias

Bergabung dengan komunitas pecinta tanaman hias tidaklah sulit. Di era Industri 4.0 ini, siapapun bisa memanfaatkan teknologi untuk bisa terhubung dengan sesame pecinta tanaman hias di manapun.

Nah, berikut ini beberapa komunitas pecinta tanaman hias di Indonesia. Setiap komunitas memiliki syarat dan ketentuan tersendiri untuk bergabung.

Bagaimana caranya?

 

#1 Komunitas Pecinta Tanaman Hias

Komunitas yang satu ini berbasis online. Jadi di manapun kamu berdomisili, kamu bisa bergabung dengan Komunitas Pecinta Tanaman Hias.

Komunitas yang satu ini khusus buat kamu yang mencintai segala jenis tanaman hias. Biasanya, para anggota saling berbagi informasi seputar tanaman hias dan juga diskusi. Seru, kan?

Kamu bisa bergabung dengan komunitas ini lewat grup Facebook ‘Komunitas Pecinta Tanaman Hias’ lewat link berikut ini.

 

#2 Jogja-Jateng Online Plant Seller

Komunitas yang satu ini khusus untuk para penjual tanaman hias di wilayah Jogja dan Jawa Tengah.

Komunitas ini terbentuk September 2018. Awalnya, hanya enam orang penjual tanaman asal DIY yang bergabung.

Mereka membentuk komunitas agar lebih guyub bertukar ilmu, berbagi pengalaman sesama penjual tanaman hias, terutama mereka yang berjualan online.

Selain menjadi wadah bertukar ilmu, komunitas ini juga berupaya memperkaya wawasan para anggotanya seputar bisnis jual beli tanaman hias online.

Syarat menjadi anggota komunitas ini adalah semua anggota wajib bersih dari riwayat penipuan terhadap pembeli.

Jika memenuhi syarat tersebut, kamu bisa gabung dengan komunitas ini dengan cara menghubungi admin Instagram di @jogjajatengops.

 

#3 Komunitas Pencinta Sansevieria Indonesia (Kompensasi)

Siapa yang tak kenal dengan tanaman lidah mertua alias Sanseviera? Tanaman indoor ini sangat populer karena fungsinya sebagai filter udara.

Saking populernya, komunitas pecinta tanaman ini dibuat. Namanya Kompensasi yang merupakan singkatan dari Komunitas Pecinta Sansevieria Indonesia.

Gabung dengan komunitas ini sangat seru. Banyak kegiatan bermanfaat yang dibuat untuk menambah wawasan para anggotanya. Mulai dari talk show sampai pelatihan pelatihan seputar tanaman lidah mertua.

Cari Komunitas Tanaman Hias Gini Cara Gabungnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tanaman Hias Termahal dan Populer Tahun 2020]

 

Bahkan, komunitas ini memiliki misi sosial. Salah satunya, memberikan kompensasi di bidang ekonomi. Dengan menanam tanaman ini, masyarakat bisa menjualnya kembali dengan harga yang tinggi.

Jika kamu tertarik untuk bergabung dengan Kompensasi, silakan kunjungi websitenya di kompensasi-sanseviera.com atau dengan mengirim email ke kompensasi@gmail.com.

 

#4 Paguyuban Aglonemania Indonesia (PAGI)

Komunitas yang satu ini berbasis online. Kelompok ini terbentuk setelah para pecinta tanaman Aglonema bermunculan di internet.

Aglonema adalah jenis tanaman hias daun yang cukup populer dengan nama sri rejeki.

Saking populernya, penggemar tanaman hias yang satu ini sampai membentuk sebuah paguyuban atau komunitas.

Kamu yang juga pecinta tanaman hias Aglonemania bisa bergabung lewat milis dengan alamat aglonemania@yahoogroups.com.

Lewat milis ini, para anggota tidak hanya berbagi pengetahuan, tetapi juga bertukar pikiran dan berbagi cerita tentang tanaman aglonemania.

 

#5 Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI)

Sesuai namanya, komunitas yang satu ini khusus untuk kamu pecinta anggrek. Bentuknya yang indah dan warna yang menarik membuat tanaman ini diminati banyak orang.

Anggota PAI tersebar di seluruh Indonesia. Pasalnya, komunitas ini ada di setiap daerah. Tujuannya supaya mempermudah para pencinta anggrek untuk ikut bergabung di kelompok itu.

Jadi, tidak perlu repot datang ke Jakarta untuk bergabung dengan kelompok ini.

Banyak kegiatan yang diselenggarakan oleh PAI. Misalnya, kumpul-kumpul sesama anggota, kunjungan ke kebun anggrek, talk show, sampai pameran di dalam dan di luar negeri.

And ingin bergabung dengan PAI? Caranya, silahkan kontak secretariat DPP PAI Jakarta lewat telepon di 021-7233236 atau dengan mengirimkan email ke dpp_pai@yahoo.com/secretariat@pai.or.id.

 

Ayo, Bergabung!

Tak ada ruginya bergabung dengan sesama pecinta tanaman hias. Dengan masuk komunitas, kamu pasti akan mendapatkan berbagai hal positif yang berkaitan dengan tanaman hias.

Oh ya, buat kamu yang berusia 20-an, jangan lupa juga baca E-book dari Finansialku berjudul Perencanaan Keuangan Untuk Usia 20-an.

Lewat E-book ini, kamu akan belajar cara mengatur uang yang tepat sesuai umurmu. Kamu yang berusia 30-an juga tak boleh ketinggalan dengan membaca E-book Perencanaan Keuangan untuk Usia 30-an.

Jika kamu bisa mengelola keuangan dengan baik, anggaran untuk hobi tanaman hias pun bisa terpenuhi. Yuk, segera baca Ebook-nya dengan klik tautan berikut ini. GRATIS!

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

12 Ebook Perencanaan Keuangan 30an

 

Itu dia komunitas-komunitas pecinta tanaman hias. Sudah tau kan cara gabungnya? Tunggu apalagi?

Yuk, segera gabung! Jangan lupa bagi artikel ini di media sosialmu. Siapa tahu ada yang ingin bergabung juga.

 

 

Sumber Referensi:

  • Salsabila Annisa Azmi. 10 Agustus 2020. Komunitas Pencinta Tanaman Ini Berbisnis Sambil Mengedukasi Pembeli. Ekbis.harianjogja.com – https://bit.ly/3mlHb8M
  • Kahfie IDN. 2017. Komunitas Kelompok Perempuan Pecinta Tanaman. Jagoankode.com – https://bit.ly/3asIP6j

 

Sumber Gambar:

  • Tanaman Hias 01 – https://bit.ly/3ptB8B4
  • Tanaman Hias 02 – https://bit.ly/2WkX9Fy
  • Tanaman Hias 03 – https://bit.ly/2Wm5adb