Tahukah Anda syarat untuk mengajukan Kredit kendaraan BCA? Pengajuan kredit pada Bank tentu ada syaratnya, tidak terkecuali BCA.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apa Itu KKB BCA?

Kebutuhan akan kendaraan sangat menunjang mobilitas. Sebagai dampaknya, saat ini banyak lembaga keuangan dan perbankan yang menawarkan pembiayaan kendaraan melalui sistem kredit. Tak terkecuali, Bank Central Asia (BCA). Bagi Anda yang sudah mengidam-idamkan kendaraan baru, KKB BCA bisa Anda lirik.

Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BCA memberikan berbagai alternatif metode pembiayaan untuk menjamin Anda mendapatkan kendaraan yang sudah Anda idamkan. Produk ini hadir sebagai fasilitas utama pembiayaan kendaraan bermotor khusus mobil baru (passenger car).

 

Syarat dan Ketentuan KKB BCA

Kemudahan persyaratan Kredit KKB BCA menjadi pertimbangan banyak orang. Jika persyaratannya mudah, Anda pun dapat segera memiliki kendaraan idaman Anda.

Beberapa persyaratannya antara lain:

  • Calon debitur merupakan Warga Negara Indonesia
  • Pekerjaan Karyawan Tetap / Wiraswasta / Profesional / Perusahaan
  • Telah bekerja selama minimum 2 tahun di perusahaan tersebut
  • Usia

Minimal: 18 tahun atau sudah menikah

Maksimal: 64 tahun (saat kredit berakhir)

BCA1

[Baca Juga: Kenali Jenis Tabungan dan Cara Menabung di Bank BCA yang Aman]

 

  • Kendaraan wajib diasuransikan melalui KKB BCA dengan komprehensif untuk tahun pertama dan minimal TLO tahun berikutnya (kecuali truck TLO selama jangka waktu kredit)
  • Pembayaran secara auto debet

 

Adapun dokumen yang harus Anda persiapkan, yaitu:

  • Fotokopi KTP Pemohon, KTP Suami/Istri, Kartu Keluarga, Akte Nikah/Cerai
  • Surat persetujuan Istri/Suami
  • Fotokopi Pajak Bumi Bangunan (PBB) atau Bukti Rekening Listrik/PDAM
  • Fotokopi Rekening Koran/tabungan 3 bulan terakhir
  • Fotokopi NPWP

  • Fotokopi SIUP
  • Fotokopi STNK dan BPKB (Untuk Refinancing)
  • Bagi perusahaan wajib melampirkan fotokopi TDP, fotokopi Akte Pendirian dan Perubahan, Akta Pengesahan Menkeh, fotokopi Keterangan Domisili, fotokopi Laporan Keuangan 2 tahun terakhir, KTP Pengurus Lengkap
  • Bagi Profesional, wajib melampirkan Fotokopi Izin Praktik

 

Proses Pengajuan KKB BCA

Dalam mengajukan KKB BCA ada proses yang harus dijalani. Langkah pertama setelah melengkapi dokumen persyaratan, Anda harus mengisi formulir aplikasi KKB yang dapat Anda unduh di website BCA.

BCA 2

[Baca Juga: Mau Bikin Kartu ATM BCA? Ketahui Jenis & Limitnya Dulu]

 

Setelah mengisi formulir aplikasi pengajuan KKB, Anda dapat menyerahkannya ke pihak bank beserta lampiran persyaratan dokumennya.

Selanjutnya, BCA memproses pengajuan Anda. Tunggu selama beberapa waktu, lalu BCA akan menerbitkan hasil proses pengajuan.

 

Yang Harus Dipahami Mengenai KKB BCA

Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan jika ingin membeli mobil melalui kredit kendaraan bermotor. Karena itu, jadilah masyarakat yang cerdas. Jangan terlalu terbawa nafsu ingin memiliki kendaraan. Sebaiknya Anda bandingkan beberapa hal ini:

 

#1 Suku Bunga

Anda dapat memanfaatkan promo bunga dari KKB BCA. Bank ini juga menawarkan paket-paket khusus dengan bunga 0%. Jadilah nasabah yang teliti dan cermat dengan memperhatikan syarat dan ketentuan untuk paket khusus yang menawarkan bunga 0%.

Biasanya ada ketentuan DP minimum yang diberlakukan.

 

#2 Provisi

Provisi merupakan biaya kompensasi akibat adanya pengajuan kredit. Kompetitor kredit lain pada umumnya menetapkan nilai provisi ini sebesar 1%-5% dari harga pokok terutang. Sementara pada simulasi kredit di KKB BCA telah bebas dari adanya biaya provisi.

 

#3 Biaya Administrasi

Apabila secara umum penyedia kredit kendaraan bermotor lainnya dapat menentukan atau mematok besarnya biaya administrasi mulai dari Rp3 juta, maka dengan KKB BCA ini biaya administrasi hanya dikenakan sebesar Rp1,5 juta saja.

 

#4 Asuransi

Pastikan kendaraan idaman Anda terlindungi oleh Asuransi yang tepat. Dengan BCA, Anda tak perlu khawatir lagi. Untuk memastikan keamanan perlindungan terhadap kendaraan yang anda miliki.

KKB BCA telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan asuransi ternama, salah satunya BCA Insurance.  KKB BCA pun mematok tarif asuransi terendah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh OJK.

 

#5 Credit Protection

Credit protection terbukti memberikan perlindungan bagi nasabah. Apabila nasabah meninggal, kendaraan idaman tetap akan menjadi milik keluarga dan hutang akan dianggap lunas.

BCA 3

[Baca Juga: Produk Pembiayaan Keren BCA Finance: Pembiayaan Mobil]

 

Perhitungan Credit Protection dihitung berdasarkan atas kredit pokok hutang sesuai dengan standar DP yang ditetapkan OJK, yakni sebesar 30%. Untuk itu KKB BCA juga telah mengikuti rate terendah dan nasabah hanya perlu membayar sekali saja selama tenor kredit.

 

Jadilah Kreditur Yang Cerdas

Dengan KKB BCA, sudah saatnya bagi Anda untuk memilih yang pasti. Kendaraan impian dapat dengan mudah Anda miliki dengan KKB BCA.

Namun, jangan terlalu mengikuti hawa nafsu. Pertimbangkan apakah Anda dapat membayar kredit tepat waktu tiap bulannya dan juga biaya perawatan rutin kendaraan.

 

Itu dia syarat dan proses untuk mengajukan kredit kendaraan BCA. Berminat untuk mengajukan KKB? Atau, Anda sudah mengajukannya? Yuk, share di kolom komentar. Informasi Anda akan sangat membantu.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 22 Agustus 2016. KKB BCA Tawarkan Promo Bunga Rendah untuk Pembelian Mobil Baru. Detik.news.com – https://bit.ly/2v8sJMS

 

Sumber Gambar:

  • BCA 1 – https://bit.ly/2w5g5yh
  • BCA 2 – https://bit.ly/37WLIaf
  • BCA 3 – https://bit.ly/2Tjzqnn