Bagian kapal KRI nanggala 402 ditemukan terbelah tiga di perairan utara Bali pada kedalaman 838 meter. Semua awak dinyatakan gugur.

Simak selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut.

 

4 Fakta Dari Tenggelamnya KRI Nanggala 402

On eternal patrol atau dapat diartikan berpatroli untuk selamanya. Ucapan duka terus berseliweran di sosial media pasca kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam.

Bagian kapal KRI Nanggala 402 ditemukan terbelah tiga di perairan utara Bali pada kedalaman 838 meter. Semua awak dinyatakan gugur.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, mengumumkan bahwa semua awak KRI Nanggala-402 yang berjumlah 53 orang dipastikan gugur.

Yudo menjelaskan analisis awal tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 lebih pada faktor alam.

Lebih lanjut, Yudo mengatakan dari sejumlah laporan awal penyebab tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 buatan Jerman ini juga bukan karena kesalahan manusia mau pun black out atau mati listrik.

“Sudah kita evaluasi dari awal saya berkeyakinan ini bukan human error dan lebih kepada faktor alam,” kata Yudo, sebagaimana mengutip dari kontan.co.id, Senin (26/04).

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut fakta-fakta tentang pencarian KRI Nanggala-402, bersumber dari berbagai laman;

 

#1 KRI Nanggala-402 Dalam Kondisi Baik Saat Beroperasi

TNI menyebut, kondisi KRI Nanggala-402 dalam kondisi baik sebelum diterjunkan untuk latihan. Adapun dugaan retrofit KRI Nanggala-402 di Korea Selatan Gagal.

“Kapal ini sebelum berangkat sudah latihan tangal 12 April, melaksanakan latihan penambakan,” ucap Laksamana Yudo Margono.

Yudo menyebut, seperti yang dia pernah nyatakan sebelumnya, KRI Naggala tidak ada masalah sebelum akhirnya gugur di perairan Bali.

Kemudian, soal awal di dalam kapal yang melebihi kapasitas, Yudo menyebut 53 orang di dalam KRI Nanggala masih sesuai aturan. Kapasitas Nanggala adalah 57 orang.

KRI Nanggala 402 Dinyatakan Karam, Berikut Fakta-fakta Tentangnya 02

[Baca Juga: Jembatan Bintan – Batam Bakal Jadi Jembatan Terpanjang di Indonesia]

 

#2 Awak Kapal Diduga Keluarkan Escape Suit Tapi Tak Sempat Pakai

Escape suit MK11 menjadi salah satu barang milik KRI Nanggala-402 yang ditemukan oleh ROV (remote operation vehicle) MV Swift Rescue dari Singapura. Escape suit itu diduga dikeluarkan dari kotak lantaran adanya keadaan darurat.

“Ini adalah baju escape suit MK11. Yang biasanya ini ditaruh di kotak. Tapi ini bisa lepas, berarti ada kedaruratan sehingga diambil dari kotak untuk dipakai,” kata Laksamana Yudo, mengutip dari Detikcom.

 

#3 Putra-Putri Prajurit KRI Nanggala-402 Dijamin Sekolah Sampai S1

Seluruh awak kapal KRI Nanggala-402 yang gugur nantinya akan diberi kenaikan pangkat secara berjenjang.

Selain itu, Presiden Jokowi menjamin pembiayaan pendidikan bagi anak-anak prajurit KRI Nanggala 402 hingga jenjang S1.

Jokowi menyampaikan pemerintah akan membiayai sekolah para anak-anak prajurit itu. Dia menyebut langkah ini sebagai bagian apresiasi pemerintah terhadap jasa para prajurit.

 

#4 Makna Dibalik Nama KRI Nanggala-402

Tahukah Sobat Finansialku, nama Nanggala memiliki makna yang mendalam. Kata ‘Nanggala’ diambil dari nama senjata tokoh pewayangan Baladewa.

Baladewa ini adalah raja yang dikenal jujur, tulus, adil, serta tak sungkan untuk mengucapkan maaf jika melakukan kesalahan.

Senjata Nanggala yang dimiliki oleh Baladewa ini konon sangat kuat dan memiliki kemampuan yang super sakti. Menurut cerita, Nanggala mampu untuk membelah gunung serta mencairkan besi baja.

Nanggala mempunyai kekuatan ilahi yang berasal dari kesaktian Baladewa.  Konon pula Nanggala juga mampu untuk mengeluarkan kekuatan alam yang super besar yang bersumber dari Petir.

Oleh sebab maknanya yang dalam dan kuat tersebut, TNI AL pun menyematkan nama Nanggala untuk kapal selam mereka, yaitu KRI Nanggala 402. Nama tersebut resmi diberikan pada tanggal 28 Agustus 1981.

 

Finansialku ikut berduka atas kejadian yang menimpa seluruh awak kapal KRI Nanggala 402.

Bagikan informasi ini lewat berbagai platform yang tersedia, kepada kawan atau sanak-saudara mu, agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

 

banner -Bagaimana Membantuk Money Habit yang Sehat (1)

 

Sumber Referensi:

  • Imam Rosidin. 26 April 2021. Bukan human error, ini dugaan penyebab kapal selam KRI Nanggala-402 menurut TNI AL. Kontan.co.id – https://bit.ly/3gDFAfl
  • Tim detikcom. 25 April 2021. 7 Fakta KRI Nanggala-402 Terbelah 3 di Dasar Laut Pulau Dewata. News.detik.com – https://bit.ly/3njyNZx
  • Dany Garjito. 25 April 2021. Asal Nama Nanggala di KRI Nanggala 402. Suara.com – https://bit.ly/3nmqT1n
  • Redaksi. 26 April 2021. Jokowi Jamin Sekolah Anak Prajurit KRI Nanggala-402 sampai S1. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3tSf05D

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/2S57SFe
  • 02 – https://bit.ly/3nj8Fhm