Guys, pernah nggak kamu mengalami kondisi kulit kering yang bikin nggak nyaman sampe kepercayaan diri berkurang? Coba produk ini ga cocok, produk itu sama aja. Duuhhhh pussiinnggg…..

So, daripada bingung memikirkan produk perawatan apa yang tepat mengatasi kulit kering, lebih baik cari tahu dulu penyebabnya yuk! Ada info untuk mengatasinya juga lho… let’s go!!!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Punya Masalah Kulit Kering? Ketahui dulu Penyebabnya!

Memiliki kulit yang sehat pasti idaman setiap orang, terlebih untuk perempuan yang cenderung teliti dengan kesehatan dan penampilan.

Tapi faktanya, banyak juga yang mengeluhkan kondisi kulit kering, entah karena memang jenis kulitnya ataupun faktor cuaca tak menentu seperti sekarang ini. Apakah kamu salah satunya?

Oia, jadi cerita sedikit nih kalo saya bisa dibilang punya jenis kulit yang kering. Waktu masih cuek dan belum terlalu perduli akan kesehatan dan penampilan, it’s oke, gak pernah diambil pusing.

Tapi kalo dibiarkan gitu aja, kok mulai gak nyaman ya apalagi di area wajah yang sangat sulit disembunyikan, make up sekalipun terkadang tidak membantu tapi memperburuk keadaan.

Yuk Ketahui Cara Mengatasi Kulit Kering dan Penyebabnya Biar Kulit Sehat! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Dijamin Ampuh! Ini Dia Cara Memutihkan Wajah Anda Agar Berseri-Seri Alami]

 

Nah, dari situlah saya mulai mencari cara untuk mengatasi kulit kering ini. Sebelum memutuskan memilih produk perawatan yang dianggap tepat, saya memilih untuk mencari tahu penyebabnya dulu.

Dengan harapan bisa mempermudah mengatasi kulit kering ketika saya menghindari beberapa penyebabnya.

So, kali ini saya ingin membagikan informasi tentang beberapa penyebab tersebut.

Eittssss, bukan hanya penting diketahui seseorang dengan jenis kulit kering aja lho, karena apapun jenis kulit semua orang sangat memungkinkan mengalami fase kulit kering di sepanjang hidupnya.

Seperti dilansir Alodokter.com (8/5/2019), kulit kering adalah kondisi yang umum terjadi karena kekurangan cairan pada lapisan paling luar kulit.

Beberapa bagian tubuh yang terbuka, seperti lengan, tangan, dan kaki adalah area yang paling rentan mengalami gangguan ini.

Siapapun baik perempuan atau laki-laki bisa mengalami kondisi ini dengan tingkatan berbeda pada tiap orang, dipengaruhi kondisi kesehatan, tempat tinggal, lama waktu di ruangan terbuka, serta faktor usia.

Biasanya orang-orang lanjut usia lebih rentan mengalami kulit kering.

 

Gejala Kulit Kering

Sebelum memasuki tahap kondisi kulit yang kering, biasanya tubuh kita akan memberikan tanda-tandanya yang terkadang sering diabaikan. Meski kondisi ini bisa jadi dialami sepanjang hidup, tapi kebanyakan berlangsung sementara saja.

Umumnya, kulit kering ditandai dengan beberapa gejala, seperti permukaan kulit yang terasa dan terlihat kasar.

Yuk Ketahui Cara Mengatasi Kulit Kering dan Penyebabnya Biar Kulit Sehat! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan untuk Pecinta Skin Care]

 

Selain itu, pemilik kulit kering akan mendapati kulitnya terasa kencang atau kaku saat mandi, setelah mandi, atau saat berenang. Kemerahan dan rasa gatal juga biasa muncul.

Adapun gejala lainnya yang sering muncul adalah retakan atau garis-garis halus pada kulit. Kulit juga kemungkinan akan memiliki sisik dan mengelupas.

Dalam kondisi yang lebih parah, terdapat retakan yang dalam dan mungkin mengeluarkan darah.

 

8 Penyebab Kulit Kering

Kemunculan gejala tersebut tidak akan tiba-tiba, tetapi ada faktor pemicu yang menyebabkan gejala itu muncul:

 

#1 Iritasi

Iritasi bisa terjadi karena berbagai hal, biasanya dari produk yang kita gunakan, mulai dari sabun hingga parfum. Iritasi yang terjadi di kulit bisa juga disebabkan oleh kain atau bahan pakaian, serta bahan yang digunakan untuk mencuci baju, seperti deterjen atau pelembut kain.

 

#2 Menggosok Kulit

Kita seringkali menggosok kulit dengan tujuan untuk membersihkan diri, tapi ternyata kebiasaan ini menjadi penyebab kulit kering terlebih jika dilakukan dengan menggunakan alat gosok.

Gesekan yang terjadi antara alat gosok dan kulit inilah yang berpotensi merusak lapisan kelembapan di permukaan kulit, sehingga menyebabkan kekeringan pada kulit.

 

#3 Bertambahnya Usia

Time flies, sudah pasti setiap tahunnya kita akan bertambah usia secara angka. Biasanya hal ini semakin mempengaruhi kondisi kesehatan kulit kita, karena semakin menua maka semakin tipis dan kering kondisi kulit seseorang.

Perubahan ini wajar terjadi, mengingat makin tua maka semakin berkurang hormon yang diproduksi tubuh. Penurunan hormon itu meliputi hormon-hormon yang berhubungan dengan kesehatan kulit.

Yuk Ketahui Cara Mengatasi Kulit Kering dan Penyebabnya Biar Kulit Sehat! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Cara Pengobatan Penyakit Kulit dan Jenis-jenisnya! Awas BAHAYA!]

 

#4 Menggosok Badan dengan Handuk Setelah Mandi

Solusi tercepat membuat badan kembali lembap adalah mandi. Tapi, jika kamu langsung menggosok badan dengan handuk sampai kering segera sesudah mandi, kelembapan tersebut dapat hilang dan akhirnya menyebabkan kulit kering.

 

#5 Pemakaian Sabun yang Salah

Jangan sembarangan memakai sabun ya guys, meski tujuannya sama yaitu untuk membersihkan tapi sabun yang tidak diperuntukkan untuk kulit saat mandi, akan membahayakan.

Hal ini karena pelembap alami pada kulit terkikis, sehingga membuat kulit kering. Sabun dengan formulasi kuat seperti antiseptik juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kulit kering.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#6 Perubahan Cuaca

Ngerasa nggak sih kalo akhir-akhir ini cuaca semakin nggak menentu? Kadang siangnya panas terik, sore nya malah hujan. Nah, hati-hati guys karena perubahan cuaca juga berpengaruh terhadap tingkat kelembapan udara.

Kelembapan udara yang terlalu rendah akan menyebabkan kekeringan kulit. Makin rendah kelembapan udara, biasanya terjadi jika suhu dingin, maka kulit makin terasa kering.

 

#7 Mandi Uap

Sering mandi uap? Sebaiknya ketahui hal ini, mandi uap panas memang menimbulkan kenikmatan lebih bagi seseorang saat mandi.

Sayangnya, aktivitas ini menyebabkan kulit kering karena suhu panas membuat minyak alami kulit makin cepat kering.

 

#8 Kondisi Kesehatan Tertentu

Ketika seseorang memunculkan gejala di kulitnya seperti bersisik dan kemerahan, bisa jadi dia mengalami penyakit tertentu, misalnya dermatitis atopik atau psoriasis.

Kulit bersisik dan kemerahan mungkin juga terkait kondisi medis berupa diabetes atau kurang aktifnya kelenjar tiroid.

Nah, kalo sudah tahu penyebabnya sebisa mungkin yang bisa dihindari maka kamu hindari ya..

Selain menghindari penyebabnya, kita juga nggak bisa berdiam diri kalo kondisi kulit kering tengah dialami. So, waktunya kamu untuk cari jalan keluarnya dan memperbaiki lagi kondisi kulit.

 

Solusi Alami Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering sebenarnya bisa diatasi dengan cara sederhana, namun membutuhkan konsistensi.

Melalui perawatan alami, bisa jadi pilihan kamu untuk mengatasi keluhan kulit kering dan kamu bisa lakukannya di rumah lho. Berikut informasinya:

 

#1 Gunakan Sabun yang Tepat

Seperti dilansir dari Hellosehat.com (8/5/2019), sabun mandi ataupun sabun untuk wajah harus disesuaikan dengan jenis kulit.

Apalagi area wajah identik dengan kulit yang sensitif. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kesalahan penggunaan sabun bisa jadi penyebab kulit kering.

Yuk Ketahui Cara Mengatasi Kulit Kering dan Penyebabnya Biar Kulit Sehat! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Keliru, Ini Cara Memilih Skin Care yang Aman]

 

Maka dari itu, kamu bisa memilih produk yang tidak mengandung sodium lauryl sulfate, yang menguras kelembapan dari kulit. Sebaliknya, pilih produk yang bebas dari pewangi dan pewarna dan diberi label Moisturizing.

 

#2 Keringkan Tubuh dengan Baik

Jangan dianggap sepele, ketika kamu berpikir untuk membiarkan kulit tetap lembap setelah mandi akan membantu meningkatkan kelembapan kulit. Salah besar.

Setelah air benar-benar menguap dari permukaan kulit, kulit kamu justru akan lebih kering dari sebelumnya.

Pastikan untuk mengeringkan kulit dengan baik setelah mandi. Jangan juga menggunakan handuk kasar karena gesekan antar kulit dengan tekstur kasar handuk dapat merusak lapisan terluar kulit.

Selalu gunakan kain lembut dan bersih, dan ingat untuk menepuk-nepuk wajah bukan menggosoknya lalu keringkan kulit selama kurang dari 20 detik.

 

#3 Kompres Air Hangat

Jika kulit kering hanya terjadi di beberapa bagian misalnya area wajah, kamu bisa atasi dengan kompres air hangat. Ingat ya, air hangat bukan air panas.

Kamu bisa gunakan waslap bayi dan celupkan di air hangat, lalu gosok lembut dengan gerakan melingkar kecil untuk mengangkat sisa kulit mati.

Ulangi beberapa kali sehari, jika perlu. Pastikan untuk menggunakan waslap baru setiap kali akan mengompres. Setelah itu, jangan lupa untuk keringkan kulitnya.

 

#4 Gunakan Pelembap yang Tepat

Oleskan pelembap untuk menjaga asupan kelembapan kulit dalam beberapa menit setelah mandi, setidaknya dua kali sehari (pagi dan malam) sebelum tidur. Pilih pelembap ringan yang non komedogenik.

Produk yang dimaksud mengandung shea butter, ceramides, asam stearat, atau gliserin. Namun jika kulit masih kering, maka kamu harus mengulangi mengoleskan pelembap itu selama beberapa kali dalam sehari.

 

#5 Oleskan Petroleum Jelly

Petroleum jelly bekerja untuk mengunci kelembapan dan membantu meringankan kekeringan di kulit. Petroleum jelly sebagai humektan dapat menarik dan menyegel kelembapan ke dalam kulit.

Walaupun teksturnya mungkin tampak kental dan lengket bisa menutupi pori, sebenarnya molekul jeli ini terlalu besar untuk masuk ke dalam kulit.

Selain petroleum jelly, alternatifnya kamu bisa gunakan minyak organik, seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak kelapa yang cenderung lebih baik untuk memerangkap kelembapan ke dalam kulit.

 

#6 Gunakan Tabir Surya

Penyebab kulit kering juga bisa terjadi karena paparan matahari sehingga membuat kulit kering bersisik, kasar keriput yang paling umum.

Solusinya, mengoleskan tabir surya broad spectrum ber-SPF 30 setiap kali akan keluar rumah dan berpakaian dengan tepat.

 

#7 Menyesuaikan Pakaian

Pakaian juga harus diperhatikan, jika cuaca panas gunakan pakaian tangan panjang yang tipis dan longgar, baju lengan panjang, dan topi bertepi lebar untuk menaungi leher, telinga, dan mata.

Untuk mencegah, bibir kering di cuaca dingin, gunakan lip balm yang mengandung tabir surya SPF 15, dan tutupi bibir dengan masker.

 

#8 Masker Buatan Sendiri

Jangan menggunakan peeling wajah yang bertekstur kasar, dan masker wajah tanah liat untuk sementara waktu. Semua ini dapat menarik keluar kelembapan kulit.

Kamu bisa membuat masker wajah alami untuk mengatasi masalah kulit kering bersisik.

Misalnya, masker alpukat madu. Kombinasi alpukat dan madu merupakan sumber yang baik dari sterolin dan humektan yang mampu mengobati kekeringan kulit.

Tumbuk halus alpukat dan aduk rata bersama sesendok madu hingga menjadi pasta lembut. Balurkan masker di area kulit kering, diamkan selama 15 menit, dan bilas bersih.

Atau, kamu bisa oleskan gel lidah buaya tebal-tebal pada area kulit kering, tunggu selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Setelah maskeran, jangan lupa untuk keringkan kulit dan oleskan pelembap kulit, ya!

 

Saatnya Menjaga dan Merawat Kesehatan Kulit

Kondisi kulit kering sangat mungkin terjadi pada siapapun, karenanya berhenti untuk tidak perduli dengan diri sendiri. Mulailah dari hal-hal sederhana, kamu lakukan perawatan dini untuk menjaga kesehatan kulit.

Setelah diketahui penyebab kulit kering, coba kamu hindari ya.. Tidak ada kata terlambat kok. Selamat mencoba!

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu terinspirasi untuk mempraktikkan semua solusi alami mengatasi kulit kering? Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu ya.. terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 23 April 2018. Ada Delapan Penyebab Kulit Kering. Alodokter.com- http://bit.ly/2WwbIEx
  • Ajeng Quamila. 21 November 2018. 8 Perawatan Alami Mengatasi Kulit Kering Bersisik. Hellosehat.com- http://bit.ly/2vNKbmq

 

Sumber Gambar:

  • Kulit Kering 1 – http://bit.ly/2JBttiU
  • Kulit Kering 2 – http://bit.ly/2JyHZIj
  • Kulit Kering 3 – http://bit.ly/2X1Gnd6
  • Kulit Kering 4 – http://bit.ly/2YNzqNx
  • Kulit Kering 5 – http://bit.ly/2X0AE7r