Kunci Sukses SIDO: Apa strategi bisnis yang dilakukan SIDO? Inilah rahasia SIDO sudah bertahan hampir 80 tahun di Indonesia.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Logo Rivan Kurniawan

 

Sekilas Profil SIDO

Perjalanan panjang SIDO berawal dari industri rumahan di Jogja pada tahun 1930an dan dikelola langsung oleh Ny. Rahkmat Sulistio.

Tahun 1940 adalah tahun pertama kali Ny. Rahkmat Sulistio meracik ramuan jamu godogan untuk masuk angin yakni “Tolak Angin”.

Kunci Sukses SIDO 02 - Finansialku

Ny. Rahkmat Sulistio

 

Akhirnya di tahun 1951, industri rumahan itu mengalami perkembangan menjadi perusahaan besar dan terkenal dengan berdirinya sebuah pabrik jamu sederhana di Mlaten Trenggulung – Semarang dengan nama “Sido Muncul” yang bernama “impian yang terwujud”.

Tahun 1970 mulai dibentuk CV Industri Jamu & Farmasi Sido Muncul, dan di tahun 1975 berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul.

Seiring dengan perkembangan usaha, karena kapasitas pabrik semakin besar akhirnya pada tahun 1984 lokasi pabrik pindah ke Lingkungan Industri Kecil di Kaligawe – Semarang, dengan penggunaan mesin-mesin modern dan kapasitas produksi yang terus bertambah.

Selanjutnya di tahun 1992 Tolak Angin mulai diproduksi dalam bentuk cair yang lebih praktis, sejak saat itu permintaan pasar mengalami lonjakan. Dan akhirnya di tahun 1997 SIDO membangun pabrik yang lebih besar di lahan seluas 30 hektar di Ungaran – Jawa Tengah.

Pada tahun 2013, akhirnya SIDO melakukan IPO untuk pertama kalinya dengan melepas 1,5 miliar lembar saham dengan nilai IPO sebesar Rp870 miliar, dan resmi mendapatkan kode saham SIDO.

Sejak menjadi perusahaan terbuka, SIDO membuka peluang merger yang akhirnya kesempatan itu di ambil oleh PT Berlico Mulia Farma yang memutuskan untuk bergabung. Mergernya kedua perusahaan itu menandakan pengembangan bisnis SIDO ke industri farmasi.

Kunci Sukses SIDO 03 - Finansialku

PT Berlico Mulia Farma

 

Dalam operasionalnya, SIDO menjalani bidang usaha yang terdiri dari:

  1. Perindustrian obat-obatan (farmasi): alkohol (Etanol & Bio Etanol), jamu, bahan jamu, kosmetik, minuman dan makanan untuk kesehatan, serta alat-alat elektronik kesehatan.
  2. Perdagangan baik impor atau ekspor, keagenan, grosir, supplier, dan distributor.
  3. Pengangkutan darat meliputi ekspedisi dan pergudangan, hingga transportasi pengangkutan.
  4. Jasa pelayanan kebugaran memakai alat-alat elektronik kesehatan.
  5. Pertanian untuk konservasi tanaman obat dan satwa yang juga digunakan sebagai obyek penelitian.

 

Sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya, apakah Anda sudah memahami investasi saham? Karena pembahasan selanjutnya akan lebih banyak membahas saham dan emiten SIDO.

Jika Anda ingin mengenal investasi saham, Anda bisa download dan membaca ebookPanduan Investasi Saham untuk Pemula” milik Finansialku.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Kunci Sukses SIDO Mempertahankan Bisnis di Tengah Persaingan

Hingga saat ini, SIDO sudah hampir berdiri selama 80 tahun. Namun SIDO tetap mampu eksis di tengah persaingan yang ketat di Industri Farmasi.

Kunci sukses SIDO dalam mempertahankan eksistensinya:

 

#1 Manajemen yang Berusia Muda

Selama beberapa dekade terakhir Irwan Hidayat, yang merupakan cucu dari Ny Rakhmat Sulistio, memimpin SIDO selama beberapa dekade (termasuk saat IPO di 2013).

Beberapa tahun terakhir pucuk pimpinan diambil alih oleh darah yang lebih muda, yaitu Jonatha Sofjan Hidayat di tahun 2016, dan kemudian berganti kembali ke David Hidayat di tahun 2018. Irwan Hidayat sendiri saat ini masih memegang posisi Direktur Marketing dan Jonatha Sofyan Hidayat masih menduduki posisi Komisaris Utama.

Posisi Direktur lainnya diisi Gerry Mustika (eks Direktur Pemasaran dan Penjualan Divisi Kesehatan Konsumen PT Boehringer Ingelheim Indonesia) dan Leonard merupakan Chief Financial Officer PT Great Giant Pineapple (Gunung Sewu Group). Dengan demikian jajaran direksi saat ini diisi oleh energi darah muda berusia 40 – 50 tahun.

 

#2 Inovasi Produk Jamu Tradisional

Dalam kegiatan bisnisnya, perusahaan produsen jamu herbal ini ternyata juga sudah dilengkapi dengan platform belanja online yakni www.sidomunculstore.com.

Tujuannya adalah untuk mempermudah konsumen/pelanggan mendapatkan produk-produk SIDO dan juga untuk beberapa produk dari perusahaan yang sudah berafiliasi dengan SIDO.

Bahkan, layanan belanja online milik SIDO kini berkembang menjadi layanan aktif untuk para konsumennya yang menginginkan permintaan informasi produk yang terdiri dari Jamu Herbal, Makanan & Minuman, serta Farmasi.

Kunci Sukses SIDO 04 - Finansialku

Produk Sido Muncul

 

#3 Aktif Berekspansi

Di tahun ini nampaknya SIDO siap untuk mengembangkan kembali sayap bisnisnya, salah satunya melalui cara akuisisi dan melakukan pengembangan melalui produk baru, yakni produk herbal dalam bentuk soft gel yang ditargetkan akan launching di Kuartal IV-2019 ini.

Di sisi lain, tahun ini SIDO sudah didukung oleh peningkatan kapasitas produksi salah satu pabriknya, karena SIDO baru saja merampungkan pembangunan pabrik fasilitas produksi Cairan Obat Dalam 2 (COD 2) yang modern dengan kapasitas 100 juta sachet per bulan.

Di sisi lain, SIDO pun saat ini tengah menjajaki peluang ekspor baru salah satunya pasar ASEAN dan Afrika. Padahal di saat yang hampir bersamaan, SIDO juga tengah mempersiapkan penetrasi ke pasar Nigeria.

Karena ke depannya SIDO akan melakukan ekspor secara langsung melalui anak usaha Muncul Nigeria Limited yang baru didirikan di Nigeria pada tahun 2018 kemarin.

Pengembangan tersebut dirasa perlu, lantaran hingga saat ini produk SIDO sudah dipasarkan ke lebih dari 16 negara di dunia. Sayangnya, kontribusi ekspor masih relatif kecil di kisaran 2% dari total penjualan sehingga SIDO menargetkan peningkatan kontribusi ekspor tumbuh hingga kisaran 5%.

 

Menurut Anda, apa kunci sukses SIDO terbesar yang bisa membawanya berdiri kokoh hampir 80 tahun? Share artikel ini kepada rekan terdekat Anda! Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar:

  • Kunci Sukses SIDO – https://bit.ly/33ysmpH, https://bit.ly/2OTsye3, https://bit.ly/2Ow2mY3 dan https://bit.ly/34u46X7