Apakah itu KUR BRI? Bagaimana syarat, cara, dan keuntungannya? Temukan jawabannya di artikel berikut ini!

 

Summary

  • KUR BRI adalah program pembiayaan berupa kredit bersubsidi dari pemerintah dengan bunga rendah.
  • Terdapat beberapa syarat yang harus terpenuhi oleh UMKM di Indonesia
  • Terdapat beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dari program ini, salah satunya adalah bunga yang rendah, yaitu mulai dari 3%.

 

KUR BRI

KUR BRI atau singkatan dari Kredit Usaha Rakyat Bank Republik Indonesia, merupakan program yang menjadi bagian dari langkah memajukan UMKM di Indonesia.

Kredit Usaha Rakyat secara garis besar adalah program yang ada untuk pembiayaan berupa kredit bersubsidi dari pemerintah. 

Perbedaan KUR dengan pinjaman yang lain terletak pada bunganya, KUR mematok bunga yang rendah. Kredit Usaha Rakyat ini sendiri 100% menggunakan dana dari Bank atau Lembaga Keuangan Bukan Bank alias LKBB. 

Dana ini nantinya akan tersalurkan untuk menunjang berbagai macam keperluan modal kerja sampai investasi.

Sasaran kredit tersebut biasanya adalah pelaku UMKM individu atau perseorangan, badan usaha atau kelompok usaha dengan pergerakan atau hasil yang produktif. 

Dengan syarat, pelaku usaha tersebut layak namun tidak memiliki agunan tambahan dalam usahanya tersebut.

 

Syarat Mengajukan KUR BRI

Untuk Anda pengusaha UMKM yang ingin mengajukan pinjaman atau kredit usaha rakyat dari bank, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi, di antaranya adalah:

 

#1 Memiliki Usaha Perorangan

Usaha perseorangan maksudnya adalah usaha yang kepemilikannya oleh perseorangan. Usaha ini juga merupakan usaha di UMKM yang paling sederhana, seperti pengusaha kecil atau pengusaha menengah.

 

#2 Mempunyai Usaha Minimal 6 Bulan

Waktu setengah tahun tersebut adalah jangka waktu operasi usaha, apabila kurang dari 6 bulan maka Anda belum bisa mengajukan kredit atau pinjaman ini.

[Baca Juga: 7 Tantangan Harus Dihadapi UMKM yang Merambah ke E-Commerce]

 

#3 Merupakan Bisnis E-commerce

Syarat ketiga dari Kredit Usaha Rakyat ini adalah menjalankan bisnis di e-commerce, Contohnya adalah platform belanja online seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan lainnya

Adapun yang boleh mendaftar adalah orang yang mendaftar di usaha layanan transportasi online, misalnya Gojek atau Grab.

 

#4 Tidak Dalam Keadaan Berutang pada Bank Lain

Anda tidak bisa meminjam KUR BRI apabila sedang berada dalam proses menerima kredit dari bank lain, kecuali kredit konsumtif dari KPR, KKB, dan Kartu Kredit.

 

#5 Adanya Persyaratan Administrasi Lengkap

Keberadaan persyaratan administrasi yang lengkap sangat penting untuk kelancaran pengajuan KUR ini. Contohnya adalah surat Identitas berupa KTP, KK, dan Surat Izin Usaha.

Sedangkan untuk pelaku usaha e-commerce, Anda bisa mencantumkan surat keterangan berupa ride hailing yang terbit dari platform terkait. 

 

Cara Mengajukan KUR BRI

Setelah semua persyaratan lengkap, Anda bisa langsung menuju ke laman kur.bri.co.id.

Untuk Anda yang ingin mengajukan pinjaman atau kredit untuk usaha, Anda bisa melakukan cara yang lebih mudah melalui HP atau secara online, berikut adalah langkah-langkahnya!

  • Kunjungi laman kur.bri.co.id
  • Tekan tombol “Ajukan Pinjaman”. Laman website akan menuntun Anda otomatis untuk login
  • Masukkan alamat email atau akun google dan kata sandi, jika belum punya akun, Anda bisa terlebih dahulu membuatnya dengan menekan tombol ‘Buat Akun’
  • Setelah login, Anda sudah bisa mengajukan pinjaman. Syarat lain dalam pengajuan lain ini adalah menyetujui ketentuan “Saya adalah nasabah BRI” dengan “Setuju dan Ajukan Pinjaman”.
  • Lakukan verifikasi dengan menekan I’m not a Robot, lalu Anda sudah bisa mengisi informasi pribadi seperti nama, alamat, nama ibu kandung, jenis usaha, dan lainnya. Data usaha pun harus terisi dengan detail, seperti apa jenis usaha Anda, berapa penghasilan rata-rata, biaya yang Anda perlukan, nomor rekening BRI, dan detail lainnya.
  • Unggah beberapa dokumen dalam persyaratan dan ajukan pinjaman dengan nominal serta tenor, hitung angsuran untuk mendapatkan rincian pembayaran nantinya. 
  • Pilih pinjaman yang sesuai, kemudian akan muncul halaman berisi informasi terkait disetujui atau tidaknya pinjaman yang Anda ajukan.

 

Jika persyaratan Anda sudah diterima dan Anda mendapat bantuan dari program KUR BRI, maka jangan lupa untuk merencanakan keuangan usaha Anda dengan baik. Anda bisa lakukan perencanaan yang matang untuk menjadi seorang pebisnis yang andal. 

Gimana caranya?

Yuk, ketahui dan pahami lewat ebook gratis “Perencanaan Keuangan Untuk Entrepreneur & Freelancer” berikut ini.

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

3 Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur dan Freelancer

 

Keuntungan KUR BRI untuk UMKM

KUR menjadi program UMKM dalam segi pembiayaan yang banyak orang pilih, khususnya belakangan ini di mana UMKM lebih digiatkan untuk perekonomian negara. 

Dengan catatan pengajuan sebanyak 6,5 juta debitur yang totalnya mencapai Rp 194,9 triliun pada 2021, bukan mustahil jika KUR sangat membantu masyarakat.

Subsidi bunga pun mulai digiatkan kembali sebanyak 3% yang pemerintah janjikan mulai pertengahan 2022.

Usaha perseorangan menjadi prioritas utama yang menjadi target KUR ini, khususnya untuk membantu perekonomian negara yang semakin merosot karena pandemi.

Belum lagi dengan banyaknya kekurangan di perekonomian negara belakangan ini.

Pemerintah bermaksud memajukan sektor ini dengan meningkatkan potensi UMKM yang masih masuk pada tahap berkembang. 

 

Pemerintah pun telah meningkatkan plafon KUR sampai Rp 373,17 triliun yang membuat nasabah BRI pengguna KUR hanya terkena bunga sebesar 3% serendah-rendahnya. 

Bunga ini sudah lebih murah ketimbang beberapa waktu sebelumnya yang mematok bunga sebesar 6% pada setiap pinjaman dengan jangka waktu tertentu.

Adapun tambahan dari plafon KUR tahun ini, khusus untuk mikro tanpa pinjaman tambahan, menjadi Rp 50 juta dari Rp10 juta lebih, bahkan sampai Rp 100 juta.

KUR Bank BRI pun memiliki masa tenor, dengan fasilitas agunan mencapai jangka waktu yang fleksibel. 

Jangka waktu fleksibel maksudnya tentu menyesuaikan dengan status dan informasi usaha, dengan waktu antara 12 bulan, 18 bulan, sampai 24 bulan.

Suku bunga bank atau tarif yang dikenakan dalam setiap pinjaman dalam kredit usaha rakyat sama, baik antara status mikro, kecil, penempatan, dan khusus. Nilai yang menjadi patokan adalah 7% setiap tahunnya.

[Baca Juga: Catat! Ini Contoh Strategi Pemasaran untuk Mengembangkan Bisnis!]

 

Kesimpulan

KUR BRI ada untuk melancarkan program UMKM yang sedang digiatkan kembali, untuk mendorong semangat wirausaha dalam negeri. 

Pemerintah sudah memberi banyak kemudahan dalam menjalankan usaha baru, terlebih untuk anak bangsa yang produktif, Andakah salah satu di antaranya?

Selain dapat dana dari KUR BRI, pebisnis UMKM juga bisa mendapatkan modal usaha dari tempat lain, lho. Ketahui lengkapnya dengan menonton video ini.

 

Tertarik untuk mengajukan KUR BRI? Yuk bagikan artikel ini pada teman-teman Anda, terima kasih. 

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi: 

  • Nur Jamal Shaid. 20 Februari 2022. Ini Syarat dan Cara Ajukan Pinjaman KUR BRI Online lewat kur.bri.co.id. Money.kompas.com – https://bit.ly/3zjBOkq
  • Virdita Ratriani. 19 Februari 2022. Buka Kur.bri.co.id, Begini Cara Ajukan KUR BRI Online Bunga 3% Hingga Juni 2022. Keuangan.kontan.co.id – https://bit.ly/3GLrgw5