Menikah adalah agenda sekali seumur hidup bagi tiap orang. Untuk itu, acara pernikahan juga harus disiapkan dengan matang. Bagaimana cara melakukan perencanaan dana pernikahan yang tepat?

Agar acara pernikahan tidak membawa masalah ke dalam rumah tangga, simak yuk artikel Finansialku tentang perencanaan dana pernikahan di bawah ini!

 

Rubrik FinansialkuRubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Komunikasikan Tentang Dana Pernikahan dengan Pasangan dan Keluarga

Pernikahan merupakan salah satu tujuan dalam hidup banyak orang. Rata-rata pernikahan dilakukan atas pertimbangan yang matang dan persiapan yang tak sebentar.

Bukan hanya konsep pernikahan, dana pernikahan juga harus disiapkan dengan matang.

Apakah Anda berencana untuk menikah dalam waktu dekat, tapi belum membuat perencanaan dana pernikahan?

Meskipun tak memiliki banyak waktu tersisa untuk membuat perencanaan dana pernikahan yang terperinci, Anda tetap harus melakukan perencanaan ini sehingga ketika mengkomunikasikannya dengan pasangan maupun keluarga kedua belah pihak tidak terjadi masalah atau malah miskomunikasi.

 

Prioritas Dana Pernikahan: Jangan Semuanya Jadi Penting!

Pada era digital ini, banyak orang yang menginginkan pernikahan serba “wah”. Semuanya jadi terasa penting, padahal sebagian daftar yang harus dibeli ternyata hanya karena keinginan semata supaya dinilai terhormat dan tidak kalah gengsi.

Hal ini tentu tidak benar, karena dalam perencanaan dana pernikahan, Anda harus memiliki prioritas yang paling mendasar terlebih dahulu untuk mengoptimalkan alokasi dana secara jelas.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

8 Hal Utama yang Harus Masuk Daftar Perencanaan Dana Pernikahan

Karena kebutuhan setelah menikah tidak kalah rumitnya, maka perencanaan dana pernikahan harus diutamakan pada alokasi yang strategis, mana kebutuhan yang harus dibeli, dipinjam, dan mana yang bisa disisihkan dari daftar kebutuhan.

Pasalnya, jika ingin pernikahan serba sempurna tentu anggarannya tinggi dan hal tersebut berpotensi menimbulkan masalah di kemudian hari atas kedua keluarga.

Untuk itu, berikut ini kami paparkan 8 elemen dasar dari pernikahan yang harus diutamakan alokasinya jika ingin semuanya lancar.

 

#1 Di Mana dan Kapan Akan Menikah

Selagi membuat rencana, tentu ada pandangan tentang di mana dan kapan Anda akan menikah.

Dari tanggal yang sudah pasti atau diperkirakan itu maka bisa muncul lokasi tempat paling memungkinkan. Dari rencana tersebut akan terbayang nominal yang jelas untuk menyewa tempat atau segala keperluan lainnya.

Soal kapan akan menikah, sejak memulai hubungan langsung pikirkan tentang hal ini. Apalagi bila usia Anda sudah mencapai kepala tiga.

Mengapa harus secepat itu? Meskipun dipikirkan sambil santai, tetapi tidak ada salahnya membuat konsep pernikahan dari jauh-jauh hari ketika hubungan sudah berlangsung sehingga perencanaannya lebih matang.

Persiapan Pernikahan 15 Checklist untuk Memeriksa Kesiapan Anda Berdua 02 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Intip 10 Hotel di Bali yang Dipakai Sebagai Tempat Resepsi Pernikahan Pasangan Artis Indonesia]

 

Dalam perencanaan, Anda juga harus mengetahui estimasi anggaran yang dibutuhkan.

Estimasi anggaran itu tentu akan berubah seiring berlalunya waktu. Mungkin tahun 2018 biaya sewa gedung impian Anda hanya Rp40 juta, namun 5 tahun lagi apa mungkin harganya masih sama? Tidak, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi perubahan biaya tersebut, salah satunya inflasi.

Nah, di Aplikasi Finansialku, Anda bisa mengetahui berapa estimasi anggaran pernikahan Anda + INFLASI sesuai target waktu Anda.

Tentu saja perhitungan ini lebih akurat ketimbang Anda menghitung manual tanpa memikirkan faktor inflasi.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#2 Cincin Pernikahan

Cincin pernikahan adalah lambang ikatan yang sakral, jadi meskipun sederhana sebaiknya tetap dianggarkan.

Tidak harus dibuat dari emas, cincin pernikahan zaman now ada macam-macam bentuk dan bahannya sehingga bisa menyesuaikan budget.

Supaya tetap unik, desain sendiri bentuk cincin pernikahan karena akan dipakai seumur hidup.

 

#3 Tema dan Undangan Pernikahan

Saat ini sedang banyak tren membuat tema undangan pernikahan yang anti mainstream. Sebenarnya hal ini tidak jadi masalah, namun pertimbangan budget dan pemantapan konsepnya harus maksimal. Karena jika tidak, maka tema dan undangan pernikahannya akan terkesan kurang bermakna atau setengah-setengah.

5+ Cara Berhemat Dalam Mempersiapkan Pernikahan Mewah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Budget Pernikahan Terbatas? Ketahui 14 Cara Menghemat Biaya Pernikahan]

 

Supaya bisa punya undangan unik yang kekinian, maka gunakan jasa editor undangan yang khusus menangani permintaan unik.

Jika mungkin, undangan dan souvenir-nya harus berhubungan dalam satu konsep supaya lebih mengena bagi para tamu undangan dan mempelai sendiri.

 

#4 Musik, Fotografer, dan Video Pernikahan

Jika ingin menghemat anggaran pernikahan dari hiburan berupa musik, fotografer, serta video pernikahan, maka mintalah bantuan teman yang mempunyai kemampuan di bidang itu.

Jadi, tentunya harga yang ditawarkan masih bisa nego. Namun jika tidak memungkinkan pilihlah salah satu penyedia jasa tersebut yang kualitasnya baik meskipun harga agak mahal, karena momen ini hanya seumur hidup sekali.

 

#5 Katering Pernikahan

Katering pernikahan berhubungan langsung dengan lokasi pelaksanaan acara.

Ada beberapa jenis tempat seperti gedung, rumah, halaman, kebun, dan sebagainya. Jika memungkinkan, pilih katering yang murah meriah atau libatkan tetangga dan teman.

Pahami Cara Perhitungan Biaya Katering untuk Pesta Pernikahan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Harga Dekorasi Pernikahan atau Dekorasi Pelaminan yang Murah dan Minimalis]

 

Meskipun konsep standing party cukup banyak dilakukan, tetapi hal ini juga memiliki kekurangan di sana sini, lho! Karena tidak semua undangan adalah anak muda yang bisa makan dengan berdiri sambil santai.

Ingat, dalam acara pernikahan yang formal tentunya ada juga orang lanjut usia baik dari pihak keluarga maupun rekan, sehingga sangat penting untuk tetap menyediakan kursi serta menu sehat.

 

#6 Kostum Mempelai dan Keluarga

Kostum mempelai juga berhubungan dengan lokasi resepsi dan waktu pelaksanaannya.

Ada kostum yang cocok digunakan untuk semua waktu karena lebih ringan dan santai, namun ada juga jenis pakaian khusus untuk dipakai ketika waktu tertentu karena memiliki filosofi budaya.

Keluarga dan para undangan pun bisa menggunakan kostum khusus yang unik selama tidak memberatkan.

 

#7 Jangan Lupakan Mahar dan Bulan Madu

Mahar adalah salah satu cara yang dilakukan untuk menghargai pasangan, baik mempelai pria maupun wanita.

Karena filosofinya yang penting, maka pilih mahar yang sesuai dengan karakter, tetapi jangan terlalu murah dan mahal.

Pasangan Biasanya Melakukan Perencanaan Dana Pernikahan Dulu Finansialku 1

[Baca Juga: Pernikahan Unik, Gunakan Saham Sebagai Mahar]

 

Semua pasti setuju bahwa bulan madu merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu pasca pernikahan.

Untuk itu, jangan lupakan juga anggaran bulan madu meskipun cuma punya waktu cuti sebentar dan budget terbatas, yang penting bisa refreshing sesaat pasca menikah.

Aplikasi Finansialku juga bisa Anda gunakan untuk membuat perencanaan dana bulan madu, lho! Gunakan fitur “Dana Rencana Perjalanan” untuk melakukan perhitungan, berapa dana yang Anda harus alokasikan tiap bulan untuk berbulan madu bersama pasangan.

 

#8 Transportasi: Pengeluaran Sepele yang Penting

Ketika kedua mempelai pergi dari tempat upacara menuju ke resepsi, tentu dibutuhkan pengeluaran berupa sarana transportasi.

Untuk meminimalisasi biaya ini, gunakan kenalan yang memiliki kendaraan pribadi agar bisa membantu memaksimalkan penghematan. Atau bisa juga memilih tempat upacara dan resepsi yang tidak terlalu jauh sehingga biaya transportasi dapat ditekan.

 

Rencanakan Step By Step Dana Pernikahan dengan Pasangan

Karena berkaitan dengan seluruh rangkaian acara, maka pastikan untuk mengeksekusi setiap rencana secara bertahap.

Jangan terburu-buru dan gunakan otak dingin, jika membutuhkan bantuan dari wedding organizer maka pastikan memilih mereka yang profesional di bidangnya.

Lakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala agar eksekusi bisa dilakukan sesuai rencana.

Dan yang utama, jangan sampai Anda, pasangan, dan keluarga masih belum satu pendapat ketika waktu eksekusinya tiba. Karena itulah salah satu kunci untuk dapat menggelar acara dengan maksimal.

 

Jika ingin menikah dalam waktu dekat, maka pastikan 8 elemen daftar perencanaan dana di atas sudah tercapai semua. Jangan lupa bagikan informasi penting ini pada rekan atau keluarga yang punya rencana menikah terutama dalam waktu dekat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Plan Your Wedding at a Glance. I.pinimg.com – https://goo.gl/NKb9hR

 

Sumber Gambar:

  • Resepsi Pernikahan – https://goo.gl/N1St3V
  • Mahar – https://goo.gl/eug17Q