Puasa saat PSBB bikin kantong jebol? Ikuti tips and trick lebaran asik di tengah PSBB dengan perencanaan keuangan yang tepat berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Lebaran Asik Di Tengah PSBB dan Pandemi

Umat muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini pasti sudah menanti-nanti kedatangan Hari Raya Idul Fitri 1441 H yang jatuh tepat pada tanggal 24 Mei 2020.

Sayangnya, momen lebaran tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada beberapa dari kamu yang tidak bisa berjumpa dengan keluarga bahkan ada yang tidak bisa bertemu dengan keluarga besar.

Selain itu juga, pelaksanaan Shalat Sunnah Idul Fitri pun tidak bisa dilaksanakan secara berjamaah, karena adanya PSBB yang mengharuskan kita untuk menjaga jarak dan juga menjaga diri kita.

Tata Cara Sholat Idul Fitri Di Rumah Aja Bersama Keluarga 02

[Baca Juga: Tata Cara Sholat Idul Fitri Di Rumah Aja Bersama Keluarga]

 

Tidak hanya itu saja, acara sungkeman atau bahkan berkunjung ke tetangga bahkan keluarga yang masih berada di satu kota pun dibatasi, karena tidak boleh dilakukan acara berkumpul.

Meskipun Idul Fitri tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tetapi makna dari Idul Fitri itu pun tetap melekat di hati kita. Bahwa, akhirnya kita memenangi bulan Ramadan dari hawa nafsu.

Kita pun berharap, bahwa ketika Idul Fitri datang, kita pun kembali suci, kembali di hadapan Allah SWT.

Meskipun perayaan Idul Fitri berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya, tetapi ada saja pengeluaran yang tetap kamu keluarkan ketika menjelang Idul Fitri.

Jika kamu tidak bijak dalam pengaturan keuangan kamu, bisa-bisa THR kamu habis sebelum Idul Fitri datang.

Lalu, bagaimana sih caranya supaya kamu tetap bisa mengatur keuangan kamu dan THR kamu tidak habis begitu saja menjelang Idul Fitri? Apa saja sih yang harus kamu lakukan?

Sebelum kamu mengetahui apa saja yang harus kamu lakukan, kamu bisa download Aplikasi Finansialku terlebih dahulu yang bisa membantu kamu mewujudkan tips and trick berikut.

Kamu bisa download Aplikasi Finansialku di bawah ini.

playstore icon
appstore icon

 

Tips Atur Keuangan yang Tepat Saat Menyambut Idul Fitri saat PSBB

Ada sebagian dari kamu yang tidak bisa mudik, ada juga sebagian dari kamu yang berada di rumah saja.

Mau keadaan bagaimanapun, kita tetap harus mempersiapkan diri kita untuk menjelang hari kemenangan.

Meskipun sedang PSBB, tetap saja semangat untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H tidak hilang, tetapi tetap menerapkan sosial distancing.

Tetapi, ada banyak sekali pertanyaan yang masuk ke tiket tanya jawab yang ada di Aplikasi Finansialku, yang menanyakan tentang pengaturan keuangan ketika menjelang Idul Fitri.

Kenapa?

Games 7 Tipe Pemberi THR Saat Lebaran, Kamu yang Mana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan Saat Tidak Dapat THR Dengan Bijak]

 

Karena meskipun PSBB, tetap saja pengeluaran-pengeluaran tersebut tetap ada. Bahkan ada beberapa teman-teman yang tidak mendapatkan THR atau bahkan THRnya di pending terlebih dahulu, tetapi pengeluaran menjelang Idul Fitri tidak bisa dihindari.

Tidak jarang juga, yang sudah memiliki THR, uangnya hilang begitu saja tanpa bisa ditabungkan atau diinvestasikan. Sedangkan, yang tidak dapat THR pusing bagaimana pemenuhan kebutuhan saat idul Fitri 1441 H.

Yuk, simak tips berikut bagaimana caranya pengaturan keuangan yang tepat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, meskipun dalam keadaan PSBB.

 

#1 Jangan Lupakan Pengeluaran yang Wajib

Ketika mendapatkan THR, banyak sekali dari kita yang sudah merencanakan ingin membeli barang ini itu. Bahkan ketika melihat e-commerce untuk membunuh kebosanan pun, tidak bisa menahan godaan untuk berbelanja.

Padahal, meskipun kita tidak bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri seperti biasa, tetap saja ada pengeluaran yang wajib yang harus kamu penuhi, seperti:

  1. Zakat Fitrah
  2. Sedekah, Zakat Maal
  3. Memberi THR ke Orangtua atau Saudara
  4. Memenuhi kebutuhan dapur untuk masak menjelang Hari Raya Idul Fitri

 

Jadi, ketika kamu mendapatkan THR, alangkah baiknya kamu sudah menganggarkan pengeluaran tersebut. Ingat, bulan Ramadan adalah bulan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Maka, kamu bisa mengalokasikan untuk zakat, sedekah dan infaq yang tentu porsinya lebih banyak. Apalagi, tahun ini anggaran mudik kamu bisa kamu alokasikan beberapa untuk menambah zakat, infaq dan sedekah.

Jangan lupa juga, kamu tetap harus memberi orang tua kamu atau saudara kamu THR. Meskipun kamu tidak bisa berjumpa dengan mereka, hal ini sudah menjadi kewajiban kamu untuk membantu mereka.

Terlebih lagi, orangtua kamu pasti akan masak untuk Hari Raya Idul Fitri atau bahkan kamu akan masak juga. Maka, kamu bisa menganggarkan untuk memberi ke orang tua, saudara dan juga untuk kebutuhan masak di Hari Raya Idul Fitri.

 

#2 Selanjutnya, Cek Kebutuhan Keuangan Kamu

Setelah kamu mengetahui berapa sih besaran kebutuhan kamu yang wajib harus dikeluarkan saat Idul Fitri ini, kamu jadi tahu dong berapa sih sisa dari pengeluaran kamu yang wajib tersebut.

Untuk pengeluaran konsumsi ini lebih baik kamu list di paling akhir ya. Selanjutnya, mulai anggarkan untuk menabung dan investasi baik dari THR atau dari THR digabungkan dengan gaji pokok, sebesar MINIMAL 20% saja.

Jika sudah, kamu bisa menganggarkan untuk kebutuhan konsumsi kamu, seperti membeli baju baru, celana baru bahkan sepatu baru. Tetapi ingat, jangan lebih dari 20% ya, kalau bisa di 10% saja.

Tetapi, jika kamu tidak ingin belanja, maka kamu bisa langsung mengalokasikan sisa dari uang THR kamu untuk ditabungkan atau diinvestasikan, jika kamu memang tidak punya utang.

8-Poin-yang-Wajib-Kamu-Ketahui-Sebelum-Menerima-THR-2-Finansialku

[Baca Juga: VIDEO: Kelola THR dan Gaji agar Keuangan Tetap Sehat usai Lebaran]

 

Jika kamu punya cicilan dan utang, alangkah baiknya kamu bisa menyelesaikan cicilan dan utang kamu terlebih dahulu sebelum kamu menabung dan berinvestasi.

Lalu, bagaimana kamu mengetahui, sebenarnya kebutuhan keuangan kamu seperti apa? Kamu bisa mengetahui kebutuhan keuangan kamu dengan cara cek kesehatan keuangan kamu terlebih dahulu.

Fungsi Cek Kesehatan keuangan ini adalah untuk mengetahui posisi keuangan kamu saat ini ada dimana dan apa yang harus kamu lakukan terlebih dahulu.

Kamu bisa cek Kesehatan keuangan kamu melalui Aplikasi Finansialku. Kamu tinggal mencari menu Financial Check Up seperti gambar di bawah ini.

Fitur Financial Health Check Up Aplikasi Finansialku

Fitur Financial Health Check Up Aplikasi Finansialku

 

Setelah itu, kamu akan diarahkan ke pengisian form, kamu tinggal mengisi data pendapatan dan pengeluaran per bulan kamu. Setelah itu, kamu akan diberikan hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Hasil Financial Check Up Aplikasi Finansialku

Hasil Financial Check Up Aplikasi Finansialku

 

Enaknya dari aplikasi ini, kamu bisa lho tanya langsung hasil cek kesehatan keuangan kamu dengan perencana keuangan di Finansialku.

Setelah itu, perencana keuangan akan menganalisis keuangan kamu, apa yang harus kamu lakukan pertama kali.

Jangan sampai kamu hanya menduga-duga apa penyakit keuangan kamu dan memberikan obat yang tidak tepat untuk keuangan kamu ya.

Jangan sampai kamu sakit Flu tetapi kamu malah mengkonsumsi obat diare. Kapan kamu mau sembuh?

 

#3 Simpan Anggaran Mudik Kamu

Bagi kamu yang merantau, kamu pasti ingin sekali mudik, bahkan kamu sudah mempersiapkan uang untuk mudik kamu.

Namun, ternyata tahun ini, kamu tidak bisa mudik, lalu bagaimana uang yang sudah kamu anggarkan?

Mengingat libur lebaran ini akan digeser hingga akhir tahun, maka kamu bisa menyimpan uang yang sudah kamu alokasikan untuk mudik ke deposito, reksa dana pasar uang atau ke logam mulia.

Fungsinya adalah, supaya menjaga uang kamu dari inflasi dan akhir tahun kamu bisa langsung mudik tanpa harus menunggu uangnya terkumpul atau menabung.

Maka, tidak ada salahnya kamu mengalokasikan uang untuk mudik dari sekarang bukan?

Jangan lupa untuk sering membuka aplikasi traveling, supaya kamu bisa mendapatkan tiket perjalanan yang murah ketika promo datang. Selamat hunting tiket mudik!

 

Atur Keuanganmu Secara Tepat Untuk Lebaran Asik Di Tengah Sedang PSBB

Meskipun sedang PSBB, pengeluaran wajib menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H ini tidak bisa dihindarkan. Jika kamu ingin uang THR kamu tidak habis begitu saja, maka kamu perlu pengaturan keuangan yang tepat.

Dengan pengaturan keuangan yang tepat pun kamu bisa meraih kesejahteraan dan Allah SWT pun memberi suruhan untuk umatnya supaya hidup sejahtera, maka tidak ada salahnya kamu mengatur keuangan kamu supaya kamu hidup lebih sejahtera.

Kamu juga tidak perlu resah, karena keuangan kamu masih bisa loh kamu perbaiki. Kalau kamu masih ingin bertanya soal keuangan, kamu bisa menanyakan langsung ke perencana keuangan loh.

Caranya:

  1. Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store maupun Apple Apps Store
  2. Gunakan menu Konsultasi Keuangan
Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

Belum ada kata terlambat bagi kita untuk membantu saudara-saudara kita yang tengah berperang dengan virus corona.

Sobat Finansialku bisa mendonasikan sebagian harta untuk membantu meringankan beban mereka melalui Finansialku, dengan menekan tombol di bawah ini.

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi 02

DONASI

 

Berapa jumlahnya, kami sangat berterima kasih atas kebaikan dan kepedulian Anda. Semoga, donasi ini akan memberikan senyuman mereka kembali dalam menjalankan hidup!

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui bagaimana cara pengaturan keuangan yang tepat Menjelang Idul Fitri 1441 H Meskipun sedang PSBB.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara kamu yang belum mengetahui tentang bagaimana cara pengaturan keuangan yang tepat Menjelang Idul Fitri 1441 H Meskipun sedang PSBB. Semoga bermanfaat!