Mau beli mobil murah berkualitas, via lelang mobil saja! Dengan cara seperti itu, jamin kamu bisa beli mobil murah yang berkualitas.

Yuk kita simak ulasannya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Beli Mobil Lelang

Banyak orang mengatasi keterbatasan biaya dengan cara membeli mobil bekas. Namun tahukah kamu, ada cara lain agar kamu bisa dapat mobil murah yang berkualitas.

Cara tersebut adalah dengan membeli mobil lelang. Sayangnya, selama ini lelang identik dengan pembelian mobil dalam jumlah yang banyak.

Sehingga, secara perorangan mengikuti proses pembelian mobil lelang yaitu dengan cara menawar dengan harga tertinggi.

Padahal tidak selalu begitu loh, peserta dari perorangan pun bisa mendapatkan mobil dengan banderol di bawah harga pasaran selama mengikuti syarat yang berlaku.

 

 

Untung Rugi Beli Mobil Lelang

Nah, bagi kamu yang tertarik membeli mobil lelang, yuk cari tahu dulu apa saja untung ruginya.

Pertama-tama dari segi keuntungan, tentunya mobil lelang ini bisa kamu peroleh dengan harga murah (terjangkau).

Mobil lelang memang akan dijual lebih murah daripada harga mobil bekas yang biasa kamu beli di showroom.

Namun harga murah ini sepadan dengan yang kamu dapatkan, di mana pada sistem lelang kamu akan mendapatkan kendaraan dalam kondisi apa adanya.

Bayar DP Mobil Pakai Kartu Kredit. Memang Bisa 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja yang Harus Kamu Tahu Mengenai Kredit Mobil Bekas?]

 

Sementara mobil bekas di showroom umumnya sudah mengalami proses perbaikan terlebih dahulu.

Daddy Doxa Manurung, Presiden Direktur Ibid-Balai Lelang Serasi menjelaskan,

“Unit yang kami lelang ini memang kondisinya apa adanya, kalau yang dijual di showroom biasanya sudah diperbaiki dulu baru dijual.”

Kekurangannya yaitu proses pembelian membutuhkan pemahaman lebih dalam, di mana mobil yang dilelang memiliki grade tertentu yang menunjukkan kualitasnya.

Harga Mobil Diobral Besar-besaran! Inikah Saat Tepat Beli Mobil 01

[Baca Juga: Deretan Mobil Mewah Di Indonesia, Kamu Suka yang Mana?]

 

“Semuanya ada grade-nya, misalkan grade A itu yang paling bagus, kemudian grade B itu berkurang sedikit, grade C juga berkurang lagi,” ucap Daddy.

Tidak hanya kondisinya, lanjut Daddy, tetapi persoalan dokumen atau surat kelengkapan dari kendaraan juga sudah dijelaskan semuanya.

“Seperti STNK habis kapan, BPKB keluar kapan, ada penjelasannya semuanya. Yang ingin lelang sudah pasti paham semuanya,” ujarnya.

Namun demikian, Daddy menjelaskan bahwa semua penjelasan sudah tercantum di website resmi balai lelang.

Dengan begitu, calon peserta lelang juga bisa memastikan dan memperkirakan sendiri kondisi mobil yang akan dibelinya.

 

Cara Beli Mobil Lelang

Tertarik membeli mobil secara lelang? Seperti telah dijelaskan sebelumnya, kamu perlu pemahaman lebih dalam untuk bisa beli mobil lelang.

Dengan demikian kamu tidak akan merasa dirugikan. Namun sebelum melihat cara beli mobil lelang murah berkualitas, Finansialku ingin mengajak Anda merencanakan dan menghitung seluruh dana yang diperlukan.

Aplikasi Finansialku hadir untuk menolong Anda dalam perencanaan keuangan. Download sekarang juga aplikasinya dengan klik tautan berikut ya!

 

playstore icon
appstore icon

 

Anda bisa memanfaatkan fitur “Kalkulator Dana Membeli Kendaraan” di Aplikasi Finansialku untuk menghitung berapa biaya yang perlu dikumpulkan setiap periodenya untuk membeli mobil bekas maupun baru.

Caranya, Anda harus mengunduh aplikasi Finansialku di Google Playstore maupun AppStore atau dengan klik tautan tadi. Kemudian ikuti panduannya berikut ini:

  1. Buka menu aplikasi Finansialku kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”.
  2. Klik tanda + pada bagian kanan bawah kemudian pilih Dana Membeli Barang.
  3. Masukkan nama barang yang akan Anda beli
  4. Masukkan harga barang saat ini.
  5. Masukkan berapa lama lagi Anda akan membeli barang tersebut, contoh 1 tahun lagi, 2 tahun lagi dan seterusnya.
  6. Masukkan dana atau uang yang sudah Anda miliki saat ini.
  7. Masukkan data inflasi atau kenaikan harga barang tersebut (satuan persen % per tahun).
  8. Masukkan estimasi hasil investasi: perkiraan hasil investasi setiap tahunnya (dalam satuan persen % per tahun).

 

Sederhana bukan? Jangan ragu dan gunakan “Kalkulator Dana Membeli Kendaraan” Finansialku untuk membantu Anda dalam mengatur keuangan

Dengan adanya fitur menghitung dana membeli barang, Anda pun dapat menghitung dana yang dibutuhkan untuk membeli mobil idaman Anda.

Yuk mulai hitung dari sekarang! Ayo rencanakan keuangan menggunakan Aplikasi Finansialku.  Nah, setelah mempersiapkan uangnya, langsung saja lihat cara beli mobil lelang murah berkualitas.

Harga Mobil Diobral Besar-besaran! Inikah Saat Tepat Beli Mobil 02

[Baca Juga: Kiat Sederhana Beli Motor Murah Berkualitas Tinggi Supaya Tidak Ditipu]

 

#1 Cek Keberadaan Kendaraan

Untuk membeli mobil lelang, pertama-tama kamu harus mengecek pilihan mobil yang diinginkan, jadwal yang sesuai, serta keberadaannya.

Hal ini dikarenakan ada cukup banyak balai lelang mobil yang tersedia.

Setelah memilih balai lelang, kamu bisa mengikuti proses lelang dengan 2 cara yaitu dengan mendatangi balai lelang ataupun secara online.

 

 

#2 Mengecek Kondisi Kendaraan

Tahap kedua yaitu dengan melakukan pengecekan mobil yang kamu pilih pada saat open house.

Kondisi mobil bekas pun bisa dilihat dari penilaian balai lelang. Ada beberapa tempat lelang kendaraan yang menyediakan informasi tersebut di situs mereka.

 

#3 Membayar Uang Jaminan

Setelah cocok dengan kendaraan yang dipilih, kamu bisa segera membayar uang jaminan atau deposit sebagai tanda partisipasi dalam lelang tersebut.

Jumlahnya sendiri berbeda-beda, tergantung ketetapan dari balai lelang yang kamu pilih. Perlu kamu ketahui, uang jaminan ini akan dipotongkan jika kamu memenangkan lelang.

Bila kalah, maka uang tersebut pun akan dikembalikan pada peserta. Jadi tidak perlu takut jika balai lelang meminta uang ini padamu.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#4 Mengikuti Lelang

Untuk dapat mengikuti lelang, jangan lupa mendaftarkan keikutsertaan terlebih dulu. Pendaftaran tersebut dilakukan dengan melampirkan identitas diri serta bukti telah menyetorkan uang jaminan.

Setelah itu, kamu pun bisa ikut proses lelang sesuai jadwal yang dipilih. Setelah itu kamu bisa mengikuti proses lelang yang akan dipandu oleh juru lelang.

Umumnya harga lelang yang ditetapkan adalah mulai dari 500 ribu rupiah sekali angkat tangan/papan. Juru lelang kemudian akan menentukan siapa pemenang lelang tersebut.

 

#5 Melunasi Kendaraan (Jika Menang Lelang)

Jika kamu berhasil memenangkan lelang tersebut, maka langkah terakhir yakni melunasi kendaraan tersebut.

Balai lelang umumnya menetapkan rentang pelunasan mobil. Kamu dapat membayar mobil tersebut baik secara tunai maupun transfer sesuai ketentuan balai lelang.

 


 

Lelang Mobil Online

Selain prosedur lelang offline di atas, kamu juga bisa mengikuti lelang secara online. Tentunya cara ini sesuai dengan keadaan pandemi saat ini, di mana social distancing menjadi yang utama.

Bagi kamu yang ingin mengikuti lelang secara online, kamu bisa mengikuti prosedur berikut:

  1. Membuka situs balai lelang pilihan;
  2. Melakukan registrasi dengan melampirkan data diri lengkap yang asli;
  3. Membeli nomor peserta lelang (NPL)/memasukkan deposit;
  4. Mengikuti lelang online sesuai jadwal yang ditentukan dan menawar sesuai budget;
  5. Melunasi mobil yang telah dimenangkan sesuai ketentuan.

 

Semoga Bermanfaat

Bagaimana, apakah artikel ini sudah memberi gambaran tentang cara beli mobil murah berkualitas via lelang? Tentunya sarana berjual beli kendaraan ini dapat menjadi alternatif yang menarik.

Jika artikel ini memberikan manfaat bagimu, maka sayang sekali jika teman-temanmu tidak mengetahui informasi ini,padahal mereka juga berminat berjual beli mobil secara lelang. 

Jadi alangkah baiknya Anda berbagi artikel ini kepada mereka. Apabila membagikan artikel ini, tentunya Anda juga membantu mereka memperoleh informasi yang sesuai.

 

 

Sebelum Anda benar-benar bertransaksi untuk membeli mobil via lelangan, ada baiknya nih Anda untuk menonton video di atas untuk tahu bagaimana keuangan pribadi Anda.

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara beli mobil lelang murah berkualitas lainnya? Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini.

Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ari Purnomo. 28 April 2020. Untung Rugi Beli Mobil Bekas dengan Cara Lelang. Kompas.com – https://bit.ly/3j5ZXAE
  • Jandika. 8 Oktober 2018. Beli Mobil Bekas Lelang Lebih Murah! Begini Caranya. Otospector.co.id – https://bit.ly/3j6ERly