Sudah ada rencana mau liburan kemana? Mau liburan kemana pun monggo, yang penting tidak memaksakan diri dan liburan pakai utang ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bimbang Itu Kalo Liburan Harus Ngutang

Halo sobat Finansialku, tak terasa nih sebentar lagi masa sekolah dan kuliah berakhir, itu artinya liburan di depan mata guys. Secara liburan sekolah ini lumayan lama lho.

Dengan libur selama ini kamu bisa kemana pun semau kamu guys, pulang kampung, cari tempat wisata yang belum pernah didatengin, wisata kuliner dan masih banyak hal seru lainnya yang bisa kamu lakuin.

Oh ya, by the way sebelum masa libur panjang ini tiba, kamu udah siapin budget liburannya kan? Jangan sampai maksain liburan tapi uangnya dapet ngutang, yang ada liburan malah gak tenang, iya gak sih?

Perlu kalian tahu guys, tingkat stress masyarakat kota semakin tahun semakin meningkat apalagi kondisi mobilitas di kota semakin hectic, ini menyebabkan banyak masyarakat merasa kurang piknik.

Liburan Pakai Utang 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pertimbangkan Asuransi Sebelum Liburan, Ini Tips Beli Asuransi Perjalanan]

 

Momen liburan sekolah ini sejatinya sangat cocok dimanfaatkan untuk liburan dengan sebaik mungkin. Oh ya, berutang untuk liburan memang dari segi perencana keuangan sih memang dianggap kurang bijak, tapi semakin banyaknya kebutuhan akan liburan, semakin banyak juga e-commerce yang atau aplikator perjalanan yang menyediakan paket cicilan.

Bahkan banyak produk perbankan maupun non-perbankan yang menawarkan kredit tanpa agunan (KTA) yang bisa jadi modal liburan. Semuanya sama aja sih. Sama-sama liburan dulu, keluar duit kemudian.

Tapi bijak gak sih liburan dengan cara seperti ini? Yuk kita bahas biar gak ada rasa menyesal di kemudian hari.

 

Liburan Tapi Ngutang?

Sebelum lebih jauh saya ingin mengulas sedikit masalah utang, jadi utang bisa dibagi menjadi dua kategori, utang baik dan utang buruk.

Menurut Robert T. Kiyosaki, utang buruk adalah utang yang digunakan untuk barang atau hal yang nilainya semakin lama semakin kecil atau bahkan habis. Umumnya digunakan untuk keperluan konsumtif.

Sementara pada utang baik berlaku sebaliknya. Nilai barang semakin lama semakin bertambah. Jadi, utang ini justru dapat membuat uang masuk ke kantong.

Tips Melunasi Hutang 01 - Finansialku

[Baca Juga: Rencanakan Liburanmu! Ini 10 Destinasi Wisata Ramadhan Terbaik]

 

Lalu masuk ke dalam kategori manakah jika kita berutang untuk berlibur? Jawabannya tergantung, jika liburan tidak berdampak pada peningkatan kinerja setelah liburan, so pasti itu jadi utang buruk.

Jika kamu bisa mendatangkan pemasukan lebih dari dana liburan yang dikeluarkan karena kerja lebih semangat dan memenuhi target setelah liburan, atau berlibur sambil bekerja, misal sambil liburan kamu hunting foto atau take video destinasi liburan kamu yang nantinya bisa kamu jual itu bisa jadi masuk kategori utang baik.

Walaupun begitu banyak pihak yang menyarankan untuk tidak nekat berutang hanya untuk liburan.

Makanya ada beberapa hal yang wajib kamu pikirin mateng-mateng sebelum memutuskan liburan, mulai dari tujuan wisata, mau ngapain aja di tempat wisata dan juga biayanya.

Agar tidak buang buang waktu dan buang-buang uang ya guys, apalagi kalo tujuan liburan kalian lokasinya jauh.

 

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Libur Lebaran Berjalan Aman

Perhatikan 10 hal ini, agar kamu bisa mempersiapkan libur lebaran dengan matang.

 

#1 Destinasi Wisata, Transportasi & Rencana Perjalanan

Hal pertama yang harus kamu siapkan tentunya adalah menentukan destinasi wisata tujuanmu.

Kemana kamu akan berlibur? Apakah kamu akan mengunjungi wisata alam, taman bermain atau berjalan-jalan di kawasan perkotaan.

Kalau kamu masih bingung ke mana destinasi wisata di Indonesia yang ciamik, kamu bisa nonton video di bawah ini yaa…

 

Persiapkan dengan baik segala sesuatu yang berkaitan dengan destinasi tujuanmu, seperti tiket perjalanan, akomodasi, beserta segala rencana-nya.

Kamu bisa memanfaatkan fitur rencana keuangan, mempersiapkan dana liburan di aplikasi Finansialku agar kamu punya gambaran berapa uang yang harus dipersiapkan.

Kenapa ini sangat penting? Karena ini akan berpengaruh terhadap budgeting liburan kamu guys.

 

#2 Dompet Khusus Dokumen Perjalanan

Dokumen perjalanan disini bisa diartikan seperti tiket pesawat, tiket bus, atau surat-surat kendaraan jika kamu membawa kendaraan pribadi.

Jika kamu berlibur ke luar negeri, dokumen ini juga berarti paspor, visa dan sebagainya. Pastikan dokumen-dokumen ini disimpan pada suatu dompet khusus (travel wallet) yang mudah diambil kapan pun kamu memerlukannya ketika di perjalanan.

Namun, sesuai peribahasa ‘jangan menyimpan telur dalam satu wadah’, sebaiknya dokumen yang disimpan di dompet khusus adalah dokumen yang dibutuhkan untuk perjalanan pada satu hari itu saja.

Kamu bisa memperbaruinya setiap hari sesuai dengan kebutuhan perjalanan kamu. Mudah, kan? Dijamin kamu akan terbebas dari kerepotan mencari dokumen penting selama perjalanan.

 

#3 P3K Dan Obat-Obatan Pribadi

Sedia payung sebelum hujan, se sehat apapun kondisi badan kamu ketika akan pergi liburan, kamu tetap harus menyediakan obat-obatan pribadi kamu untuk jaga-jaga.

Jenis Obat-obatan yang Terdapat di Kotak P3K 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Destinasi Wisata Brunei Darussalam Terfavorit, Rencanain Yuk Liburanmu!]

 

Karena tidak ada jaminan, sangat mungkin kamu sakit selama kamu liburan. Jadi, selalu siapkan obat-obatan pribadi agar sakitmu tidak mengganggu aktivitas liburan ya!

Biasanya, obat yang penting itu adalah obat diare, demam, sakit kepala dan juga alergi.

 

#4 Uang Tunai

Buat kamu yang terbiasa cashless, saya sarankan selama liburan, ada bagusnya tidak terlalu terpaku dengan penggunaan kartu debit atau kredit untuk melakukan transaksi, seperti ketika berbelanja oleh-oleh di pasar ataupun wisata kuliner.

Oleh karena itu, selalu sediakan uang tunai secukupnya sesuai kebutuhan per harinya.

Apabila tempat wisata yang kamu tuju tidak memiliki banyak Anjungan Tunai Mandiri (ATM) untuk menarik uang tunai, maka sebaiknya sediakan uang tunai untuk kebutuhan beberapa hari ke depan.

Jika destinasi libur sekolah kamu ke luar negeri, jangan lupa untuk menukar mata uang rupiah sebelum keberangkatan.

Mata Uang Dunia Daftar Mata Uang Tertinggi dan Terendah di Dunia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ketagihan Liburan? Saatnya Liburan ke 15 Tempat Wisata Jawa Timur]

 

Kurs tukar rupiah ketika di luar negeri bisa jadi lebih mahal jika dibandingkan dengan di dalam negeri lho!

Hindari menggunakan kartu kredit maupun debit yang diterbitkan bank lokal Indonesia di luar negeri, sebaiknya gunakan multi-currency card.

 

#5 Surat Cuti

Memang sih libur sekolah tahun ini cukup lama, tapi tidak menutup kemungkinan juga waktu tersebut tidak mencukupi.

Belum lagi jika kamu adalah tipe orang yang tidak ingin berdesak-desakkan atau macet-macetan di jalan, sudah pasti kamu harus melakukan perjalanan pulang ketika semua orang sudah kembali beraktivitas seperti biasanya.

Sebagai antisipasi suasana liburan yang tidak nyaman, cobalah untuk liburan di luar waktu-waktu tersebut jika memungkinkan.

Untuk kamu yang bekerja secara formal di kantor, jangan lupa untuk memberikan notifikasi jauh hari dan menyelesaikan tanggung jawabmu sepenuhnya. Kamu tidak mau kan liburanmu jadi terganggu karena tugas kantor yang belum terselesaikan?

Kamu harus memperhatikan berbagai kemungkinan yang terjadi, macet total ketika arus balik, kelelahan ketika pulang liburan, dan kemungkinan-kemungkinan lainnya, kamu harus menyiapkan surat cuti.

 

Saatnya Liburan dengan Tenang

Salah satu tujuan liburan adalah mencari kesenangan.

So, rencanakan sebaik mungkin agar liburanmu tetap happy dan tenang karena tidak ada beban yang dipikirkan atau harus dibayarkan.

Selamat berlibur…

 

Sekian sharing saya tentang liburan yang gak perlu pakai utang hehe…

Jika artikel ini kamu rasa bermanfaat, jangan lupa share sebanyak-banyaknya yaaa. Sampai ketemu di artikel selanjutnya….

 

Sumber Referensi:

  • Ulfa Sekar. 22 Juli 2018. Ngutang Buat Liburan Bisa Aja, tapi Yakin Gak Nyesel? Moneysmart.id – http://bit.ly/2Wzjfpl
  • Hanif K. 13 Juni 2018. 10 Keperluan yang Penting Untuk Dipersiapkan Sebelum Liburan. Tripzilla.id – http://bit.ly/2wCr3rL

 

Sumber Gambar:

  • Liburan Pakai Utang 01 – https://bit.ly/2KRz0Se
  • Liburan Pakai Utang 02 – https://bit.ly/2ICwMnm