Lockdown adalah..? Ketahui arti dari istilah yang muncul setelah wabah pandemi virus corona menyebar di dunia!

Informasi lengkapnya dapat dibaca di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Sebetulnya Apa Sih Itu Lockdown?

Seiring melesatnya angka pasien positif virus corona di Indonesia, wacana tentang lockdown menjadi hangat diperdebatkan para pemangku kebijakan.

Memang, lockdown sendiri butuh persiapan yang betul-betul masak, sebab ini akan berdampak secara luas.

Ariel Heryanto selaku Herb Feith Professor for The Study of Indonesia di Monash University, Australia mencuit dalam laman twitternya, Minggu (15/03) perihal lockdown.

“Lockdown bukan cuma gak enak. Tapi juga sangat mahal. Tak semua siap.” Cuit Ariel.

“Tanpa lockdown pun, ekonomi AUS sudah lesu. Pemerintah AUS mencurahkan bantuan dana besar-besaran untuk mereka yang rentan secara ekonomi gara-gara Covid-19, selain tambahan dana untuk bidang pelayanan kesehatan.” Lanjutnya.

Sobat Finansialku, kita bisa menyimpulkan secara sederhana bahwa lockdown ini bisa memancing krisis ekonomi.

Senada dengan itu, Juru bicara pemerintah untuk penanganan corona, Achmad Yurianto, mengatakan keputusan untuk menutup akses atau lockdown membutuhkan pertimbangan yang tepat dan hati-hati.

“Kita harus hati-hati betul dengan ini. Tidak latah-latahan. Punya kehormatan menentukan negara kita sendiri. Jadi enggak kemudian, kenapa enggak ngikut seperti itu. Ya karena kita negara merdeka, enggak harus mengikuti mereka,” Kata Yuri sebagaimana melansir dari CNN Indonesia, Senin (16/03).

Sementara itu, sewaktu artikel ini dimuat, Presiden Joko Widodo sendiri belum menyatakan bahwa lockdown sebagai opsi di Indonesia.

 

Lockdown Adalah..

Lockdown menjadi sebuah protokol darurat, yang biasanya hanya dapat diputuskan oleh otoritas.

Istilah lockdown sendiri juga dapat digunakan dalam arti melindungi orang di dalam fasilitas.

Lebih lanjut untuk kata ‘full lockdown’ atau penguncian secara penuh memiliki arti bahwa setiap orang harus tinggal di tempat mereka berada dan tidak boleh masuk atau keluar dari sana, kecuali hanya untuk beberapa hal yang diizinkan.

Bisa Minimalkan Penyebaran Corona, Lockdown Adalah.._ 02

[Baca Juga: Sudut Pandang Lain dan Kabar Baik Dari Virus Corona]

 

Sejumlah negara telah menerapkan lockdown untuk mengendalikan penyebaran pandemi virus corona, yang diharapkan menekan jumlah kasus infeksi secara signifikan.

Mari ambil contoh Italia, negara ini melakukan pendekatan lockdown dengan cara menutup segala fasilitas publik. Seperti sekolah, universitas, bioskop, museum, klub malam, dan restoran ditutup.

Seluruh acara olahraga ditunda terlebih dahulu, termasuk liga sepak bola Seri A.

Di sana, transportasi umum seperti kereta api dan pesawat masih beroperasi, tetapi bagi yang bepergian tanpa alasan jelas dapat dikenakan hukuman denda. 

Namun toko kelontong dan apotek tetap diizinkan untuk dibuka.

Orang-orang yang menentang aturan selama lockdown di Italia bisa menghadapi hukuman tiga bulan penjara atau denda sekitar US$230.

 

Sejauh Mana Lockdown itu Perlu?

Perihal pertanyaan itu kita hanya bisa menyerahkan pada pemangku kebijakan. Tak perlu mengerahkan pikiran untuk hal yang sulit untuk kita jangkau.

Namun yang perlu diingat adalah kesehatan sendiri dan tetap lindungi orang-orang yang Sobat Finansialku sayangi.

Satu lagi, ada cara sederhana untuk memerangi penyebaran pandemi virus corona ini, yakni dengan mengisolasi diri semampu mungkin.

 

Sobat Finansialku, masa pandemi belum terlihat akan segera berakhir, tapi makin banyak saudara-saudara kita yang terseok-seok memenuhi kebutuhan sehari-hari karena PHK dampak COVID-19. Tidak ada yang bisa membantu mereka, selain kita.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Jika kita tidak mau membantu mereka, apa jadinya dengan keluarga yang harus diberi makan? Bagaimana dengan nasib anak-anak mereka yang kelaparan?

Belum terlambat untuk membantu mereka! Segera klik tombol di bawah ini sekarang untuk memberi Donasi bersama Finansialku, terima kasih…

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi 02

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Perlu diingat bahwa virus corona tak akan menyerang tubuh dengan imunitas yang kuat. Untuk itu, jaga pola makan dan kesehatan, ya, Sobat Finansialku.

Bagaimana menurut Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kalian bisa lho tuangkan pendapat di kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini kepada kawan dan sanak-saudara. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 16 Maret 2020. Lockdown Dianggap Tak Tuntaskan Masalah, Pemerintah Tak Mau Latah. Detik.com – https://bit.ly/2wVlDMf
  • Admin. 15 Maret 2020. Pemerintah Hati-Hati dan Tak Mau Latah soal ‘Lockdown’. CNN Indonesia – https://bit.ly/2w9nJbb
  • Herdi Alif Al Hikam. 16 Maret 2020. Ngeri! Ini Sederet Dampak Ekonomi Jika Jakarta Lockdown. Detik.com – https://bit.ly/3d14Tn3
  • Puti Almas. 15 Maret 2020. Apa Itu Lockdown? Ini yang Dilakukan oleh Sejumlah Negara. Republika.co.id – https://bit.ly/2TRBlAK

 

Sumber Gambar:

  • Lockdown Adalah 01 – http://bit.ly/3d0WGPZ
  • Lockdown Adalah 02 – http://bit.ly/2QjN9cT