Ragam penginapan bisa kita temui sekarang. Dari yang sederhana hingga bertabur bintang. Tapi, tahukah Anda apa perbedaan Losmen, Hostel, Motel, dan Hotel?

Untuk menjawab kebingungan itu, Finansialku memberikan rangkumannya untuk Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Staycation Sesuai Budget

Akhir tahun adalah waktu yang pas untuk rehat sejenak dari tuntutan dunia kerja. Anda bisa bermalas-malasan di kasur sambil streaming film atau mencari suasana baru di luar kota.

Ketika memutuskan berlibur di tempat yang agak jauh, Anda harus mempertimbangkan akomodasi. Aturlah biayanya sesuai kemampuan agar rencana liburan sesuai dengan ekspektasi.

Perbedaan Losmen, Hostel, Motel, Hotel yang Sering Ditanyakan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Aplikasi Pesan Hotel Terbaik yang Murah dan Mudah, Cek Promonya!]

 

Beragam penginapan tersedia di Indonesia. Mulai dari hotel, hostel, motel, hingga losmen bisa dipilih sesuai kemampuan. Dengan harga yang variatif dan banyak promo, Anda bisa memilih jenis penginapan yang Anda idamkan.

Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, justru sebagian orang kadang bingung mau menginap di mana, apa saja fasilitasnya, dan beberapa pertanyaan lain. Akhirnya, mereka menginap di bilik yang tidak tahu harus disebut apa.

 

Beragam Penginapan yang Ada di Indonesia (Losmen, Hostel, Motel, dan Hotel)

Losmen, hostel, motel, dan hotel adalah layanan penginapan yang banyak tersedia di Indonesia. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Umumnya, kategorisasi penginapan dibedakan berdasarkan fasilitasnya. Kendati begitu, ternyata masih cukup banyak yang belum bisa membedakan beberapa diantaranya.

Berikut perbedaan antara losmen, hostel, motel, dan hotel:

 

#1 Losmen

Losmen dan hotel melati sering dianggap sama. Walau sebetulnya masih memiliki perbedaan. Losmen adalah penginapan low budget yang terdiri dari ruangan yang tak begitu luas dengan satu tempat tidur.

Sementara hotel melati masih memiliki fitur dasar hotel, seperti TV dan AC.

Kelebihan penginapan ini adalah harga sewa yang murah. Dengan Rp100.000 bahkan kurang, Anda bisa tidur nyenyak.

Jenis penginapan ini umumnya dipakai backpacker yang enggan mencari hotel. Boleh dibilang, losmen terlihat seperti kos-kosan yang disewakan harian.

 

#2 Hostel

Hostel adalah penginapan sederhana yang umumnya terdiri dari ranjang susun seperti di asrama. Di hostel, para tamu tidak menyewa kamar, melainkan tempat tidur.

Hostel bisa jadi pilihan yang pas jika Anda pergi beramai-ramai dengan teman lama dan tidak ingin terpisah kamar. Sisi positifnya, Anda bisa hemat uang sekaligus mengobrol lebih lama.

Sebetulnya bentuk hostel nggak kayak asrama-asrama amat. Satu ruangan diisi dengan beberapa ranjang susun, ditunjang dengan pendingin ruangan dan lain sebagainya.

Fasilitas pribadi di hostel biasanya tidak banyak, tetapi memiliki fasilitas sosial yang lebih banyak dibanding hotel. Hostel bisa ditemui di kota maupun dekat destinasi wisata outdoor.

 

#3 Motel

Motel adalah lakuran dari motor hotel. Penyebutan ini mengikuti lokasi motel yang umumnya berada di tepi jalan raya.

Biasanya motel terdiri dari satu lantai dengan akses parkir yang cepat. Maka, tidak mengherankan jika motel sering dijadikan tempat singgah sopir atau orang yang tengah bepergian karena kemudahan aksesnya.

Motel sendiri cukup jarang ditemui. Kendati begitu, dengan tawaran harga yang cukup murah, motel adalah tempat menginap yang cukup nyaman.

 

#4 Hotel

Hotel adalah jenis penginapan yang paling umum di masyarakat. Hotel dikenal dengan fasilitas yang agak mewah hingga sangat mewah. Meski begitu, tetap saja jualan utama hotel adalah penginapan.

Umumnya hotel berbentuk bangunan besar dengan banyak kamar. Jenis-jenis kamar pun dikategorikan berdasarkan pelayanan dan standar tertentu. Jika Anda sangat mementingkan privasi dan kenyamanan pribadi, Anda cocok menginap di sini.

Supaya Gak Salah, Pelajari Dulu Perbedaan Hotel dan Hostel Sebelum Booking! 05 Hotel Vs Hostel 5 - Finansialku

[Baca Juga: Simak 10 Cara Booking Hotel Murah Ala Finansialku Ini]

 

Hotel dikelola dalam standar tertentu untuk tujuan komersial. Dengan begitu, hotel berstandar tinggi akan memperoleh kelas sebagai hotel bintang 1 hingga 5.

Jika Anda memesan kamar hotel, Anda tidak hanya menyewa kamar. Tetapi termasuk pula di dalamnya fasilitas, pelayanan, serta makanan. Dengan begitu, harga sewa hotel terlihat agak mahal.

 

#5 Jenis Penginapan Lain

Selain empat jenis di atas, masih ada jenis penginapan lain yang tersedia di Indonesia. Berikut beberapa diantaranya:

  • Homestay: Homestay biasanya diperuntukkan bagi wisatawan dalam rombongan yang tidak terlalu besar, misalnya keluarga atau kelompok mahasiswa. Homestay menawarkan fasilitas seperti rumah pribadi pada umumnya. Termasuk, jika ada, tempat gym, kolam renang, area bermain anak, dan sebagainya.
  • Resort: Resort adalah bentuk pengembangan dari hotel. Resort menawarkan fasilitas pendukung yang lebih lengkap, seperti ruang terbuka dengan nuansa rekreatif, pantai pribadi, serta tempat santai.
  • Guest House: Hampir serupa dengan homestay, guest house adalah rumah pribadi yang disewakan. Bedanya, pemilik guest house menyewakan beberapa ruangan saja dan mereka tinggal di rumah tersebut untuk melayani tamu. Kamar di guest house biasanya didesain seperti hotel, meski ada beberapa yang mirip dengan hostel. Harga sewa guest house relatif murah dibanding hotel.
  • Villa: Villa adalah bangunan rumah besar hingga sangat besar yang disewakan. Umumnya lokasi villa berada di tempat yang tenang. Villa dibangun di dekat wisata alam, seperti pantai, pegunungan, atau air terjun. Jika Anda menyukai ketenangan dan suasana intimate, tempat ini cocok.
  • Suites: Salah satu bentuk pengembangan hotel yang lain. Suites memiliki beberapa ruangan mewah yang disewakan bersama kamar. Sesuai dengan fasilitasnya, sudah pasti harga sewa suites tidak main-main.
  • Inn: Keberadaan inn cukup jarang di Indonesia. Inn adalah bentuk peralihan losmen dan hotel. Maksudnya, biasanya inn memiliki fasilitas seperti hotel, tetapi memiliki ukuran bangunan seperti losmen. Dengan kata lain inn adalah hotel mini.

 

Menginap Nyaman dengan Pilihan Aman

Begitu banyak jenis penginapan yang tersedia di Indonesia, dari yang sederhana hingga sangat mewah.

Mahalnya harga sewa sebanding dengan fasilitas yang diterima oleh para tamu. Di banyak penginapan berstandar, jumlah pegawai dan biaya perawatan juga mempengaruhi harga kamar.

Yang perlu digarisbawahi, Anda tidak lagi bingung membedakan jenis-jenis penginapan sehingga tidak lagi salah pilih saat berlibur.

Kemudian, jangan lupa perhatikan kondisi keuangan Anda agar tidak mengganggu tujuan keuanga Anda yang lainnya.

Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar kondisi keuangan Anda tetap terjaga dan tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini!

 

Sumber Referensi:

  • Pandu. 12 Juli 2017. Bingung dengan Istilah “Hotel”, “Resort”, “Hostel”, dan Semacamnya? Ini Perbedaannya! Hayuklah.com – https://bit.ly/2Mcy76Q
  • Rizky Budiman. 10 Maret 2016. Mengenal Perbedaan Hotel, Hostel, Motel, dan Sebagainya Agar Kamu Tidak Salah Kaprah. Panduwisata.id – https://bit.ly/36VoYHw
  • Admin. 28 Mei 2018. Perbedaan Resort, Villa, Hotel, Losmen, Motel, dan Sebagainya. Arafuru.com – https://bit.ly/2EyHqty
  • Yatin Suleha, Raka Lestari. 11 Juni 2019. Ini Perbedaan Hotel, Motel, Sampai Resor dan Losmen. Medcom.id – https://bit.ly/38Yp82Y

 

Sumber Gambar:

  • Penginapan 1 – http://bit.ly/2rBjMtD
  • Penginapan 2 – http://bit.ly/351kYE9