Lunasi Utang Kartu Kredit dan Siapkan Dana Darurat. Perencana Keuangan Independen Finansialku akan membahas sebuah topik yang umum kita temui di masyarakat Indonesia.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Bulanan dari Kartu Kredit. Bagaimana cara lepas dari utang kartu kredit? Lunasi Utang Kartu Kredit dan Siapkan Dana Darurat! Berikut penjelasannya:

 

English:

Your goal should be to pay off your credit card bills in full at the end of each month and set aside money toward your emergency savings.

Suze Orman

 

Lunasi Utang Kartu Kredit dan Siapkan Dana Darurat (Web)

 

Indonesia: 

Tujuan Anda adalah lunasi utang kartu kredit dan siapkan dana darurat.

Suze Orman

 

Lunasi Utang Kartu Kredit  dan Siapkan Dana Darurat

Sebuah quote dari seorang perencana keuangan terkenal Suze Orman. Dalam quotenya, beliau tegas memberi solusi agar kita dapat bebas dari jeratan utang kartu kredit: Lunasi Utang Kartu Kredit dan Siapkan Dana Darurat. Cara melunasinya?

Finansialku memiliki cara yang dapat membantu Anda melunasi utang-utang kartu kredit, yaitu:

  1. Selama proses melunasi utang kartu kredit, usahakan tidak menggunakan kartu kredit dulu. Kalau Anda tetap menggunakan kartu kredit, beban Anda untuk melunasi utang kartu kredit semakin bertambah.
  2. Buat list kartu kredit yang dimiliki dan utang dari masing-masing kartu kredit.
  3. Urutkan dari jumlah utang terkecil hingga terbesar.
  4. Fokus lunasi utang kartu kredit dengan jumlah utang terkecil. Sisanya bayar sedikit di atas pembayaran minimum. Misal pembayaran minimum kartu kredit A adalah Rp 300.000, Anda disarankan bayar di atas Rp 300.000.
  5. Lakukan langkah 3 dan 4 sampai utang kartu kredit dengan jumlah terkecil lunas. Lanjutkan langkah 2 hingga 4 untuk melunasi utang kartu kredit lainnya.
  6. Jika Anda sudah dapat bayar lunas utang kartu kredit, mulai persiapkan dana darurat. Jangan gunakan kartu kredit untuk utang membeli barang atau kebutuhan yang konsumtif.

 

Jika Anda telah berhasil melunasi utang – utang kartu kredit kemudian? Seperti kata Suze Orman tujuan kita adalah lunasi utang kartu kredit dan siapkan dana darurat. Kita harus memiliki dana cadangan sebesar 6 – 12 kali pengeluaran bulanan, sebagai dana darurat.

 

Kesimpulan

Segera bayar atau lunasi utang kartu kredit dan siapkan dana darurat. Penggunaan kartu kredit yang salah dapat merusak kondisi keuangan keluarga. Gunakan kartu kredit dengan bijak (baca: kartu kredit bukan untuk utang).

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

Subscribe Finansialku

dan dapatkan update Perencanaan Keuangan dan Promo Finansialku!

[formcraft id=’4′] 

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Maret 2015

Baca E Magazine Sekarang!