Siapapun pasti akan menyukai makanan khas Indonesia. Ternyata ada beberapa makanan terenak Indonesia yang mampu terbang hingga ke mancanegara lho!

Kali ini, Finansialku akan membahas mengenai makanan terenak apa saja yang ada di Indonesia. Simak ulasannya berikut itu.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengapa Makanan Indonesia Diminati Turis dan Traveler?

Rasanya kurang lengkap jika membicarakan Indonesia tanpa menyinggung kulinernya. Makanan Indonesia yang terkenal dengan keasliannya dan kekhasannya dari setiap daerah yang ada di Indonesia.

Makanan Terenak di Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara 02 Makanan Indonesia 2 - Finansialku

[Baca Juga: Gimana Cara Mengatur Keuangan Orang yang Hobi Kuliner Supaya Keuangan Sehat?]

 

Indonesia merupakan salah satu Negara yang sering dikunjungi oleh turis-turis mancanegara. Selain mereka berburu tempat wisata dan kebudayaan Indonesia, mereka pun sangat ingin mengetahui makanan khas Indonesia.

Tapi mungkin dari sekian banyak traveler yang sering jalan ke beberapa tempat, masih ada yang belum tahu ataupun mencoba makanan khas dari tempat yang telah dikunjunginya.

Tak heran jika banyak warga Negara asing yang menyukai makanan khas Indonesia. Selain turis, masyarakat Indonesia pun tentu sangat menyukai makanan Indonesia.

 

Daftar Makanan Terenak Indonesia

Inilah makanan terenak Indonesia yang paling banyak diminati baik oleh masyarakat dalam negeri maupun mancanegara:

 

#1 Nasi Goreng

Bagi masyarakat Indonesia yang dominan membutuhkan nasi sebagai makanan pokoknya nama nasi goreng sudah tidak asing didengar. Makanan ini dikenal murah dan dapat kamu temui dimana pun dan kapanpun.

Makanan Terenak di Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara 04 Nasi Goreng - Finansialku

Nasi Goreng

 

Nasi goreng khas Indonesia sangat kuat pada bumbu dan rasanya karena memakai bumbu lengkap. Bahkan sekelas presiden Amerika Serikat ke-44 Barrack Obama pun sangat menyukai nasi goreng khas Indonesia.

Disajikan dengan irisan sayuran, telur dan suwiran ayam akan menambah cita rasa dari nasi goreng itu sendiri. Tak heran jika makanan ini masuk kedalam list makanan terenak Indonesia.

 

#2 Gado-Gado

Gado-gado ini bisa disebut dengan ‘salad-nya’ orang Indonesia. Makanan khas Jawa ini cukup terkenal di luar negeri, terutama Napoli, dan Italia.

Makanan Terenak di Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara 03 Gado gado - Finansialku

Gado-Gado

 

Hal ini dikarenakan gado-gado pernah mengikuti kompetisi yang bersaing dengan hidangan dari Negara lainnya dan meraih juara pertama. Terhitung dari nilai estetika yang dimiliki, keunikan bahan yang digunakan dan rasa.

Selain enak makanan ini pun sangat menyehatkan karena lebih didominasi dengan sayuran, telur, dan tahu.

 

#3 Rendang

Siapa yang tidak mengenal makanan satu ini. yang bisa dibilang makanan surga dunia. Rendang adalah makanan khas Padang Sumatera Barat yang tidak diragukan lagi kelezatannya.

Makanan Terenak di Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara 05 Rendang - Finansialku

Rendang

 

Selain disukai oleh masyarakat Indonesia, makanan ini pun tersohor hingga seluruh penjuru dunia. Bahkan rendang pernah ada di posisi pertama dalam jajaran 50 makanan terenak versi CNN yang diadakan di Jerman.

Bumbunya yang khas penuh dengan rempah-rempah dan kelembutan dagingnya menjadi faktor utama. Rendang ini berbahan dasar daging, santan dan kelapa.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#4 Bakso

Bakso khas Indonesia ini belakangan sangat meraja lela disetiap penjuru daerah Indonesia pasti ada yang menjual Bakso. Hal ini karena banyak masyarakat Indonesia yang menyukai makanan yang terbuat dari daging olahan ini.

Makanan Terenak di Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara 06 Bakso - Finansialku

Bakso

 

Ternyata bakso menjadi salah satu makanan favorit bagi warga Tiongkok. Karena Bakso yang terbuat dari daging sapi ini sangat menggugah selera apalagi jika ditambah mie dan pangsit untuk melengkapinya.

Dan makanan ini pula yang menjadi salah satu menu favorit Barrack Obama.

 

#5 Sop Buntut

Sop buntut sapi, selain digemari masyarakat Indonesia, ternyata juga disukai penduduk Spanyol. Berbahan dasar daging buntut yang disiram dengan kuah kaldu yang gurih.

Makanan Terenak di Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara 07 Sop Buntut - Finansialku

Sop Buntut

 

Mereka menyukai makanan ini sejak pertama kali kedutaan Indonesia di Italia mengenalkan keanekaragaman makanan khas kita. Kesukaan rakyat Spanyol akan hidangan sapi pun terpuaskan dengan adanya sop buntut ini.

 

#6 Sate

Sate sendiri menjadi makanan terenak Indonesia. Sate Padang dan sate Madura menjadi varian yang paling dikenal sekaligus favorit banyak orang.

Makanan Terenak di Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara 08 Sate - Finansialku

Sate

 

Tidak hanya wisatawan asing yang mencari dan ingin mencoba sate, tetapi sejumlah restoran internasional pun telah memasukkan sate dalam menunya.

Di New York, terdapat sebuah restoran bernama Satay Junction yang menyediakan sate ayam sebagai hidangan andalannya. Sate sendiri ada yang berbahan dasar ayam, sapi, dan kambing.

 

#7 Ayam Betutu

Masakan yang satu ini menjadi primadonanya masyarakat Bali. Ayam betutu ini banyak diproduksi di daerah Gianyar Bali. Makanan yang berbahan dasar daging ayam utuh kemudian dibubuhi bumbu yang diletakkan di bagian tengah ayamnya.

Makanan Terenak di Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara 09 Ayam Betutu - Finansialku

Ayam Betutu

 

Setelah itu, ayam akan dipanggang dengan api kecil. Daging yang telah matang pun sangat lembut dan bumbunya sangat meresap. Tak heran jika banyak orang yang menyukai ayam betutu termasuk para turis.

 

#8 Mie Kocok Bandung

Mie kocok berbeda dengan mie bakso, baik dari segi kuah maupun isian andalannya. Kuah mie bakso cenderung lebih encer, sedangkan kuah mie kocok lebih kental.

Makanan Terenak di Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara 10 Mie Kocok - Finansialku

Mie Kocok

 

Komponen mie bakso terdiri atas mie bulat, bihun, tauge, sawi hijau, dan bakso. Sementara itu, komponen mie kocok terdiri atas mie gepeng, tauge, dan kikil.

Mie Kocok Bandung ini memiliki rasa yang gurih dan sedikit asam karena ada perasan jeruk nipis. Tapi ini yang membuat masyarakat Indonesia ketagihan karena rasanya.

 

#9 Gudeg

Gudeg merupakan maskotnya Yogyakarta dalam segi kuliner. Makanan ini telah banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia terutama yang datang berkunjung ke Yogyakarta.

Makanan Terenak di Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara 11 Gudeg - Finansialku

Gudeg

 

Tidak hanya masyarakat Indonesia, bahkan kalangan internasional pun menyukainya. Bahkan banyak Negara yang ingin mengimpornya dalam bentuk kalengan.

Menariknya lagi di Melbourne, Australia terdapat satu restoran yang telah menyajikan gudeg asli dari Indonesia, tepatnya di Clayton Road.

Gudeg asli Yogyakarta memiliki rasa yang sangat manis dan terbuat dari sayur nangka muda bersantan dengan tambahan ayam kampung, nasi, dan telur kecap.

 

#10 Pempek Palembang

Empek-empek atau sering dinamakan dengan sebutan pempek merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Palembang, Sumatera Selatan. Makanan ini umumnya terbuat dari ikan dan sagu.

Makanan Terenak di Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara 12 Pempek - Finansialku

Pempek Palembang

 

Namun makanan ini tidak hanya terdapat di daerah Palembang saja akan tetapi sudah banyak masyarakat Indonesia yang memproduksinya.

Hal ini dikarenakan banyak masyarakat diluar pulau Sumatera yang menyukai pempek.

 

Makanan Indonesia Tak Tertandingi

Gimana? Sudah pada ngiler belum? :D

Sudah tidak diragukan lagi, makanan asli Indonesia memang memiliki keunikan dan kelezatan yang tak tertandingi. Mungkin bagi para anak rantau yang pergi jauh dari Indonesia akan sangat merindukan masakan Indonesia.

Mengingat masakan-masakan khas Indonesia seperti membawa kita kembali ke rumah dan merasakan kehangatannya. Meski banyak makanan di dunia ini, tapi masakan Indonesia tak kalah lezat dengan masakan luar.

Yang menjadi alasan mengapa makanan Indonesia tak tertandingi karena makanan Indonesia kaya akan rempah. Rempah khas Indonesia memang sangat penting untuk membuat makanan menjadi lebih lezat.

Dengan rempah ini akan membuat makanan lebih harum dan menggoda kepada siapa saja yang mencium makanan khas Indonesia. Selain itu, makanan Indonesia tidak terlalu menonjolkan dalam hal tampilan.

Masakan Indonesia lebih mengutamakan rasa terutama dalam rempahnya tadi. Penyajian yang sederhana dan simple malah membuat setiap orang penasaran dan ingin mencicipinya.

Dan yang berbeda, di Indonesia tidak ada makanan pembuka atau penutup seperti di Eropa, kuliner Indonesia membuat semua itu justru bercampur dalam satu piring.

Berbicara mengenai makanan khas dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, Apakah kamu mempunyai rencana liburan keliling Indonesia? Atau kamu ingin liburan tapi bingung merencanakan keuangannya?

Tenang, kamu bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuanganmu terutama untuk Dana Liburan.

Aplikasi ini bisa kamu download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kamu juga bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS lho!

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Bagaimana tanggapan Anda setelah membaca artikel mengenai makanan terenak Indonesia? Berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Birgitta Angie. 28 November 2018. 10 Makanan Khas Indonesia Yang Paling Disukai Negara Lain, Enak Banget. Idntimes.com – https://goo.gl/RL9AD1
  • Halomuda. 9 Juni 2016. 21 Makanan Khas Indonesia Paling Enak dan Populer. Foodcentrum.com – https://goo.gl/rRU2xa
  • Admin. 30 Januari.Ternyata Ini 7 Alasan Yang Bikin Kuliner Indonesia Tak Tertandingi. Baca.co.id – https://goo.gl/iPvPqK

 

Sumber Gambar:

  • Makanan Indonesia 1 – https://goo.gl/TkpEqp
  • Makanan Indonesia 2 – https://goo.gl/cyXxCH
  • Nasi Goreng – https://goo.gl/cGpMQ1
  • Gado-gado – https://goo.gl/DfsN9z
  • Rendang – https://goo.gl/Q4tHKv
  • Bakso – https://goo.gl/iQVzx2
  • Sop Buntut – https://goo.gl/N8hWob
  • Sate – https://goo.gl/sHGVWp
  • Ayam Betutu – https://goo.gl/uhFGoK
  • Mie Kocok – https://goo.gl/MWvFqP
  • Gudeg – https://goo.gl/WcB9pi
  • Pempek – https://goo.gl/5bLxqs