Berinvestasi sering disalahartikan sebagai hal yang jelimet. Padahal kalau mengenal produk investasi, banyak manfaatnya, lho!

Selengkapnya, bisa diketahui di artikel Finansialku satu ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Manfaat dan Pentingnya Mengenal Produk Investasi

Di luar sana terdapat pandangan umum yang menyatakan bahwa investasi merupakan hal yang jelimet dan ribet.

Padahal investasi merupakan cara preventif untuk menjaga keuangan dalam jangka panjang.

Produk investasi yang cocok dan menguntungkan bagi fresh graduate menurut Saya adalah produk investasi yang modalnya tidak terlalu besar namun return-nya masih oke.

Jika kalian penasaran bisa memulai dengan yang namanya Saving Bond Ritel atau Sukuk Tabungan atau Obligasi Ritel Indonesia.

Selain itu juga bisa Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan tetap, Saham.

mengenal produk investasi bagi pemula 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia 8 Keuntungan Sukuk Ritel Plus Cara Belinya!]

 

Tetapi yang terpenting sebelum melakukan investasi adalah pelajari seluruhnya terlebih dahulu, memahami risiko-risikonya, memahami tujuan keuangannya, demi mengurangi kesalahan dalam memilih produknya.

Manfaat dan pentingnya mengenal produk investasi sejak usia muda adalah kita menjadi lebih paham dan efisien dalam memilih investasi yang tepat.

Selain itu juga dari sisi hasil atau return berpotensi untuk lebih baik karena mulai dari awal hasilnya lebih baik dan uang yang disisihkan menjadi lebih sedikit. Hal ini tentu saja akan berbeda dibandingkan mulai pada umur 30-an.

Secara garis besar sekarang ini banyak produk investasi yang bisa dijadikan sumber mendapat keuntungan seperti saham, reksadana, obligasi, deposito.

 

Cara Menyisihkan Anggaran Untuk Membeli Produk Investasi

Cara untuk menyisihkan anggaran untuk membeli produk investasi adalah dengan sisihkan terlebih dulu baru dihabiskan.

Sebagai contoh; mahasiswa yang baru lulus dan mendapatkan mendapatkan penghasilan bisa sisihkan minimal 10% untuk diinvestasikan kemudian baru dihabiskan.

Jika ingin mengatur dan menyisihkan keuangan dengan efisien tergantung kepentingan tertentu Kamu bisa gunakan aplikasi Finansialku yang sudah tersedia di Apps Store dan Google Play Store.

Untuk kamu yang pertama kali instal, kamu bisa nikmati free trial premium selama 30 hari.

Selain itu juga kamu bisa bergabung di dalam grup investasi Finansialku. Nantinya kalian bisa berdiskusi tentang hal-hal yang berkaitan dengan berinvestasi itu sendiri.

 

Gabung Sekarang! Komunitas BELAJAR SAHAM Finansialku

komunitas saham

SAYA MAU JOIN

 

Apakah Sobat Finansialku punya pertanyaan untuk artikel di atas ini? Kamu bisa tuliskan di kolom komentar.

Sobat Finansialku juga bisa membagikan artikel ini kepada kerabat atau pun saudara melalui pilihan platform yang tersedia di bawah ini. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Sumber Gambar:

  • Gambar 01 – https://bit.ly/35BvXGO