Alat penting saat new normal yakni masker dan face shield, mana ya yang lebih efektif mencegah masuknya virus-19?

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Masker atau Face Shield Keduanya Sama Penting, Tetapi…

Di era normal yang baru ini, langkah preventif mesti tetap diterapkan, demi memutus rantai penularan. Seperti memakai masker jika keluar rumah, dan memasang face shield apabila memang dibutuhkan.

Memasang face shield dapat melindungi mata dari intuisi gerakan tangan. Sedangkan memakai masker, sebagaimana yang kita ketahui, adalah salah satu upaya untuk menahan droplet.

Menurut editorial baru dalam Journal of the American Medical Association, face shield atau pelindung wajah menunjukkan dapat mengurangi paparan virus hingga 96 persen ketika dipakai dalam 18 inci dari batuk, dan 92 persen pada jarak 2 meter yang direkomendasikan.

“Face shield pada akhirnya bisa menggantikan masker. Saya rasa ada banyak bukti lagi yang mendukung penggunaannya,” ujar Dr. Amesh Adalja dari John Hopkins Center for Health Security seperti dikutip dari Viva, Kamis (25/06).

Senada dengan itu, Eli Perencevich, MD dari Universitas Iowa dalam tulisannya dipublikasikan di jurnal JAMA menunjukkan face shield mungkin dapat dipilih sebagai alternatif yang layak.

“Masker medis memiliki daya tahan terbatas dan sedikit potensi untuk digunakan kembali. Sementara pelindung wajah dapat digunakan kembali tanpa batas waktu dan mudah dibersihkan dengan sabun dan air, atau desinfektan rumah tangga biasa,” ujarnya, dikutip Medpagetoday dari Tirto.id.

Mana yang Lebih Efektif, Masker Atau Face Shield_ 02

[Baca Juga: Hai! Sudah Tahu 5 Tips Sehat Sederhana Saat New Normal Ini?]

 

Ia juga menuliskan, face shield nyaman dipakai, serta melindungi portal masuknya virus, dan mengurangi potensi autoinokulasi dengan mencegah pemakainya menyentuh wajah mereka.

Akan tetapi, penelitian lebih lanjut untuk meneliti manfaat pelindung wajah harus segera dilakukan untuk menilai keefektifannya.

Pada umumnya, face shield atau pelindung wajar digunakan oleh orang yang banyak melakukan kontak dengan orang lain setiap hari termasuk kasir, teller bank, dan sebagainya.

Karena bentuknya yang memanjang dari dahi ke bawah, face shield juga melindungi mata, hidung, begitu juga mulut.

Selain itu juga, interaksi antara sesama juga lebih baik dengan face shield. Orang masih bisa melihat seluruh wajah di balik face shield, membuatnya lebih mudah untuk berkomunikasi.

Ahli Biomedik dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata Semarang, Sugeng Ibrahmin menilai melepas masker lebih berbahaya daripada melepas face shield.

Mengingat, face shield punya peran melindungi mata dari gerakan instingtif tangan, namun, masker punya peranan jauh lebih besar sebagai pintu masuk utama virus.

“Kalau pakai masker dan face shield, tingkat penularan bisa turun sampai 85 persen. Tapi, kalau memang harus bergantian, jangan masker yang dilepas tapi face shield tetap dipakai, ini justru lebih berisiko. Jadi, kalau mau salah satu dilepas ya, face shield saja,” jelasnya sebagaimana dikutip dari bisnis.com.

Per hari Kamis (25/06) Indonesia mencatat 1.178 kasus baru positif Covid-19 dalam sehari. Sekarang ada total 50.187 kasus di seluruh Indonesia. 2.620 orang meninggal dunia, 20.449 pasien dinyatakan sembuh.

Covid-19 sudah menyebar di 34 provinsi dan 446 kabupaten/kota. Ada 37.294 orang dalam pemantauan (ODP) dan 13.323 pasien dalam pengawasan (PDP).

 

Sobat Finansialku, belum ada kata terlambat bagi kita untuk membantu saudara-saudara kita yang tengah berperang dengan virus corona.

Sobat Finansialku bisa mendonasikan sebagian harta untuk membantu meringankan beban mereka bersama Finansialku, dengan menekan tombol di bawah ini.

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi 02

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Berapa jumlahnya, kami sangat berterima kasih atas kebaikan dan kepedulian Anda. Semoga, donasi ini akan memberikan senyuman mereka kembali dalam menjalankan hidup!

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Yulaika Ramadhani. 25 Juni 2020. Face Shield Atau Masker, Mana yang Lebih Efektif untuk Cegah Corona. Tirto.id – https://bit.ly/2YtfDFI
  • Aziz Rahardyan. 25 Juni 2020. Lebih Penting Mana, Masker atau Face Shield? Ini Penjelasan Ahli. Bisnis.com – https://bit.ly/3exUNKY
  • Adinda Permatasari. 24 Juni 2020. Masker dan Face Shield, Mana Lebih Efektif Cegah COVID-19? Viva.co.id – https://bit.ly/31dXrl7

 

Sumber Gambar:

  • Mask or Face Shield 01 – https://bit.ly/31da9AI
  • Mask or Face Shield 02 – https://bit.ly/2A07JtU