Bagaimana asuransi perjalanan untuk Visa Schengen? Apa saja kemudahan yang bisa Anda peroleh dalam asuransi Visa Schengen? Kali ini Finansialku akan membahas tentang asuransi perjalanan untuk Visa Schengen.

 

Pengertian Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan merupakan sebuah program yang befungsi untuk memberikan perlindungan jangka pendek. Jangka pendek di sini yaitu rentangan beberapa hari hingga maksimal 6 bulan saja. Tujuan asuransi perjalanan adalah untuk menjamin keselamatan seseorang selama dalam perjalanan baik darat, laut, dan udara.

Untuk keberangkatan luar negeri, asuransi perjalanan sangat Anda perlukan dan memiliki berbagai fungsi. Setidaknya, ada beberapa penjaminan yang perlu Anda perhatikan sebagai calon traveller seperti jaminan kecelakaan diri, biaya pengobatan, pengembalian jenazah jika yang bersangkutan meninggal dunia, serta bagasi.

Selain itu, jika terjadi bencana alam atau kecelakaan, asuransi perjalanan juga bisa meng-cover evakuasi medis dan repatriasi, pertanggungjawaban jika bagasi terlambat, jika ada dokumen yang hilang, hukum individu, perjalanan yang tertunda, pengurangan perjalanan, hingga delay penerbangan lanjutan.

Mau Keliling Eropa? Ketahui Dahulu Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Anggap Remeh 6 Kesalahan saat Memilih Asuransi Perjalanan]

 

Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen

Salah satu keunikan Benua Eropa adalah kekompakannya menggunakan suatu sistem. Seperti saat menggunakan mata uang Euro, sistem Visa Schengen juga Anda gunakan atas dasar perjanjian Schengen.

Perjanjian Schengen adalah perjanjian yang merangkum beberapa kebijakan pariwisata. 10 negara pertama yang menandatangani perjanjian ini adalah Belgia, Perancis, Monako, Jerman, Luksemburg, Belanda, Portugal, Spanyol, Italia dan Austria.

Kemudian, negara lainnya juga bergabung sebagai langkah meningkatkan jumlah wisatawan dengan kemudahan akses melintasi perbatasan. Ke-10 negara berikutnya yaitu Yunani, Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia, Swedia, Polandia, Ceko, Slovakia, dan Slovenia. Setelah itu, semakin lengkap pula anggota Perjanjian Schengen dengan bergabungnya Latvia, Lituania, Estonia, Hungaria, Malta, dan Swiss.

Jadi, jika Anda mengantongi asuransi perjalanan untuk Visa Schengen, maka akan semakin banyak kelebihan dan manfaat yang Anda peroleh.

Takut Barang Rusak di Bagasi? Pertimbangkan Asuransi Perjalanan - Finansialku

[Baca Juga: Takut Barang Rusak di Bagasi? Pertimbangkan Asuransi Perjalanan]

 

Kelebihan Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen

Seperti yang telah tertera di atas, banyak kelebihan asuransi perjalanan untuk Visa Schengen daripada dengan asuransi perjalanan lainnya. Sesuai dengan manfaat asuransi perjalanan di atas, asuransi perjalanan untuk Visa Schengen akan membantu mengurus segala hal terkait bagasi, kecelakaan, musibah dan kehilangan dokumen di negara-negara Eropa yang mengikuti Perjanjian Schengen dan area perbatasannya.

 

Prosedur Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen

Ada beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan untuk mengurus Visa Schengen. Tahapan berikut harus Anda lakukan secara berurutan karena menyangkut dokumen dan kelengkapan legalitas. Lalu, apa saja prosedur tersebut? Berikut ulasannya:

 

Prosedur 1: Menghubungi Kedutaan Besar

Ada beberapa kantor kedutaan besar yang bisa Anda datangi. Kedubes Belanda, Hungaria, Swiss dan Yunani berlokasi di Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta. Jika Anda memilih untuk mengunjungi Kedubes Italia, Jalan Diponegoro menjadi titik dimana Anda bisa menghubunginya. Berbeda lagi untuk Kedubes Perancis serta Jerman, Anda dapat menuju langsung ke Jalan M.H. Thamrin.

Yang perlu Anda perhatikan adalah di negara apa Anda akan memulai perjalanan. Ada dua dasar menuju ke salah satu kedutaan besar di atas, yakni negara tujuan awal atau negara yang paling lama akan Anda kunjungi.

 5 Manfaat Asuransi Perjalanan dan Cara Mengurus Klaimnya - Finansialku

[Baca Juga: 5 Manfaat Asuransi Perjalanan dan Cara Mengurus Klaimnya]

 

Prosedur 2: Membuka Situs Kedutaan Besar

Untuk negara tujuan awal Belanda, Luksemburg, atau Belgia, Anda bisa membuka situs kedutaan besar di www.indonesia-in.nlembassy.org. Berbeda dengan alamat situs Kedubes Jerman yang dapat Anda lihat pada halaman di www.jakarta.diplo.de. Jika Perancis yang menjadi tujuan Anda, maka bukalah www.ambafrance-id.org. Swiss juga memberikan pelayanan via online dalam website www.eda.admin.ch.

Saat membuka informasi secara online, akan Anda akan menemukan beberapa persyaratan umum dan khusus yang diminta setiap negara. Dengan demikian, persiapan yang Anda lakukan untuk mengakses asuransi perjalanan untuk Visa Schengen akan semakin mudah.

 

Prosedur 3: Melengkapi Dokumen Persyaratan

Ada beberapa kebijakan yang menjadi otonomi tiap negara. Contohnya, jika Anda akan bepergian ke Jerman, harus ada jumlah minimum dana yang harus Anda penuhi sebagai jaminan bekal di tempat tujuan. Tidak hanya itu, Anda juga harus membuktikan jumlah tabungan cukup bagi perjalanan ke negara di sekitarnya.

Selain itu, jumlah tabungan yang Anda miliki sebaiknya benar-benar cukup. Pasalnya, biaya hidup di Eropa tidaklah murah. Anda harus memiliki simpanan yang bisa mengakomodir keberangkatan, transit, hotel, akomodasi, hingga kepulangan.

Beli Asuransi Perjalanan untuk Jaga-Jaga Jika Sakit Saat Liburan ke Luar Negeri - Finansialku

[Baca Juga: Beli Asuransi Perjalanan untuk Jaga-Jaga Jika Sakit Saat Liburan ke Luar Negeri]

 

Prosedur 4: Mengumpulkan Berkas Dokumen

Dokumen yang diperlukan untuk pemberkasan Visa Schengen adalah identitas penting seperti KTP, akte kelahiran, surat nikah, kartu keluarga, foto berukuran standar 3,5 x 4,5 berlatar belakang putih, paspor, dan uang senilai 60 Euro yang setara Rp760.000.

Seluruh berkas dikumpulkan dengan dilengkapi buku tabungan yang menunjukkan saldo bergerak dalam jangka waktu kurang lebih 3 bulan. Akan lebih baik jika Anda melampirkan slip gaji, kartu kredit serta dokumen penting terkait kemampuan finansial. Intinya, jangan sampai terlihat bahwa biaya yang Anda miliki belum cukup untuk meng-cover semua kebutuhan akomodasi di negara tujuan.

 

Kesimpulan

Mempersiapkan dokumen tidaklah semudah yang Anda bayangkan, Anda perlu teliti dalam mengumpulkan data-data dan berkas-berkas yang Anda butuhkan. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan sekecil apapun. Kesalahan itu akan mempengaruhi proses pembuatan Visa Schengen. Ketika Anda mempersiapkan diri sebaik mungkin maka kemudahan akan ada di depan mata Anda.

Masih ada masalah keuangan yang belum bisa diatasi? Perencana Keuangan Finansialku siap membantu! Langsung konsultasikan keuangan Anda dengan Perencana Keuangan Finansialku yang sudah bersertifikat.

Hubungi kami melalui Menu Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku atau melalui link berikut ini Konsultasi Keuangan.

Anda juga dapat menjadwalkan konsultasi melalui WhatsApp.

Bagaimana asuransi perjalanan untuk Visa Schengen menurut Anda? Mengapa demikian? Uraikan opini Anda jika suatu saat akan berjalan-jalan ke Eropa dan tentu berurusan dengan asuransi yang satu ini. Bagikan juga informasi berharga di atas sebagai referensi tambahan dalam bepergian.

 

Sumber Referensi:

  • Malacca Care Center. Asuransi Perjalanan. Mtwi.co.id – https://goo.gl/YV1NN4
  • Afif Farhan. 04 April 2013. Sebelum ke Eropa, Kenali Dulu Visa Schengen. Detik.com – https://goo.gl/IB7LNc

 

Sumber Gambar:

  • Visa Schengen – https://goo.gl/6fzL0r
  • Europe Map – https://goo.gl/iDvrIQ

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang